Home » Online Communities

Survei Blogger Indonesia 2009

21 May 2009 9,998 views 18 komentar

Salah satu hal menarik dari perhelatan FreSh Mei’09 kemarin adalah rilis resmi Survei Blogger Indonesia, riset tentang karakteristik blogger Indonesia, yang dibuat oleh IndoPacific Edelman dibantu oleh komunitas Blogfam. Penelitian ini dilakukan secara daring dan diikuti oleh 219 blogger yang berusia 26-30 tahun (30%), 36-40 tahun (23%), 31-35 tahun (20%), lebih dari 41 tahun (15%) dan 21-25 tahun (11%). Lebih lengkap tentang hasil risetnya bisa dilihat di salindia berikut ini.

Silakan unduh salindianya di tautan ini. Hasil survei ini diikuti pula dengan video wawancara dengan beberapa blogger.

Lalu hal menarik apa yang bisa kita lihat dari penelitian ini?

  • Ternyata tidak banyak blogger yang memikirkan sisi bisnis dari blognya. Mereka benar-benar memanfaatkan blog sebagai media berbagi pengetahuan, pengalaman, pemikiran, dan sedikit sekali yang memikirkan untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Fakta ini menarik karena blog masih dimanfaatkan sebagai media sesungguhnya, dan bukan untuk mencari pendapatan belaka.
  • Blogger laki-laki (seperti diduga) banyak membahas topik teknologi di blognya, sementara blogger perempuan lebih banyak membahas topik-topik ringan, seperti hiburan, jalan-jalan, dan keseharian. Blogger laki-laki juga cenderung mengamati traffic kunjungan ke blognya, sementara perempuan tak terlalu peduli dengan traffic.
  • Intensitas menulis blog ternyata menurun setelah 2 tahun. Sesuatu yang wajar terjadi karena kejenuhan atau semakin kehabisan bahan menulis. Bisa jadi ini terjadi pula pada blogger yang tidak merasa mendapatkan manfaat, seperti: sedikitnya traffic dan komentar, atau tidak ada dampak positif dari upayanya menulis blog (seperti penghasilan tambahan, misalnya). Atau hal ini bisa saja terjadi seiring dengan semakin dewasanya blogger. Saat dulu pertama kali ia menulis, ia belum disibukkan oleh karir dan keluarga. Di tahun-tahun berikutnya saat karir dan keluarga menjadi prioritas, menulis blog lalu tidak lagi bisa seintensif dulu.
  • Media daring cukup dianggap sebagai sumber informasi terpercaya. Koran menduduki peringkat tertinggi, diikuti portal berita, televisi, lalu blog dan forum. Blog menduduki peringkat kedua sumber berita terpercaya di ranah daring. Hal ini bisa jadi karena blog ditulis secara subjektif oleh individu. Faktor subjektivitas ini yang membuatnya lebih dipercaya karena blog bebas dari pengaruh apapun.

Ini memang masih penelitian awal. Respondennya pun hanya sekitar 200 orang, jauh dari populasi blogger Indonesia. Masih mungkin terjadi margin galat. Namun setidaknya ini bisa memberikan gambaran awal karakteristik blogger Indonesia saat ini. Studi lebih lanjut memang masih perlu dilakukan untuk memperdalam penelitian ini lebih dalam.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

18 komentar »

  • adis :

    Karir dan keluarga…hehe…bener itu yang membuat saya hiatus beberapa bulan…

  • Anggun Prasetya :

    Satu lagi yang menarik, banyaknya blogger yang menggunakan social network atau microblog untuk mengkomunikasikan update terbaru blognya kepada blogger2 lain. Saya juga gitu soalnya πŸ˜€

  • Kemas Fadhli :

    … Blog menduduki peringkat kedua sumber berita terpercaya di ranah daring …

    setuju… ada temen saya yang sampai bilang salut dengan blog, benar-benar membantu kalau lagi mencari solusi.

  • Ben :

    surveinya kapan ya? baru tahu kalo ada survei πŸ™‚

  • Pitra :

    @Benny:
    sekitar Desember – Februari. Detil ada di: http://www.indopacedelman.com/survey/

  • niken :

    setuju sama hasil penelitiannya, walopun sample nya baru 200 orang tapi cukup mewakilkan juga ya..:d

  • Dimas :

    Karir… Bener banget tuh! Huhu…

  • kamal :

    kmarin waktu denger presentasinya. mikir terus: “ah masa iya…”, “ngaco nih surveinya”

    abis banyak yg diluar dugaan. salah satunya ttg blogger yg tujuannya cari uang. perasaan lebih banyak blogger yg tujuannya cari uang deh daripada yg murni berbagi

  • Freedom Writer :

    Serveinya memang me-ragu-kan πŸ˜€ seharusnya surveyor aktif menjelajah blog2 indonesia dan menanyakan langsung. Kalo hanya sekedar pilah-pilih ini dan itu saja, gak netral. Jangan2 “ada udang dibalik survey”. Boohoo..!

  • Wiko Rahardjo :

    iya..banyak yang meragukan surveynya tuh…

  • Arham :

    Direct advertise, Adsense, personal branding dan money making online lainnya. bisa menjadi tujuan setelah masa 2 tahun itu… masalahnya tinggal kapan Indonesia mampu melihat kearah sana, sementara Facebook aja dibilang haram

  • Dian :

    mengenai blog gw amat interest bgt…..apalagi dpt ngehasilin uang,,,apalagi gw jg mahasiswa yang pengen banget kuliah sambil cari duittttttttttttttttttttttttttttttttttttts……

  • terapi anak :

    Blog ku termasuk yang disurvey tidak ya ? Entar kalau menang uangnya untuk apa ya … andai a a a a ku jadi pemenang …

  • Riswandi :

    Buat saya ngeblog adalah pelepas rasa jenuh saja

  • mithya :

    Blog-blog yang tidak memikirkan traffic dan hanya bercerita menurut gue jauh lebih menarik. Bisa melihat pribadi penulisnya.

  • Hermanus :

    menarik sekali hasil surveinya, memang yang belum banyak terpikirkan adalah sisi bisnis blog, karena memang belum banyak yang bisa memanfaatkan kesempatan ini

  • dessy pratiwi :

    Wah setuju, pemanfaatan Blogger yang belum banyak di gunakan dan dimengerti oleh masyarakat awam membuat Penelitian ini sangat istimewan mungkintidak hanya penelitiannya saja tapi trik dan tips.

  • hots selebritis :

    wah ternyata gua termasuk blogger pemuda nih gan, makasih buat infonya gan…

    info seleb terkini hots selebritis

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge