Home » Experiential, Info

Perhelatan Skala Internasional di Global Media Forum, Jerman

5 June 2009 11,691 views 18 komentar

Saat ini masih di hari ke-3 acara Global Media Forum yang diselenggarakan dari tanggal 3-5 Juni 2009 di Bonn, Jerman. Perhelatan menarik Global Media Forum ini berskala internasional dan didatangi oleh banyak undangan dari beragam penjuru negara. Topik yang diangkat adalah “Conflict Prevention in the Multimedia Age,” dimana multimedia kini berperan besar memungkinkan setiap individu menjadi seorang jurnalis spontan. Dengan bekal SMS, Twitter, blog, Facebook, dan media-media baru lainnya, setiap orang bisa memberdayakan dirinya sendiri dengan mengirim berita yang diamatinya.

Di Jakarta, seharusnya hari ini sidang Ibu Prita Mulyasari diadakan. Apa yang dilakukan Ibu Prita merupakan salah satu tindakan jurnalisme warga. Ia memanfaatkan forum keluhan warga yang dipublikasi daring dan bisa dibaca jutaan orang. Tulisannya sangat mempengaruhi pemikiran dan persepsi pembacanya. Setiap pendapat yang diungkapkan secara tertulis di manapun (termasuk di ranah daring) mempunyai konsekuensi. Ada yang mendapat pujian, ada yang mendapat celaan. Sayangnya, Ibu Prita malah mendapatkan musibah akibat publikasinya ini.

Seorang rekan blogger perempuan yang datang dari Iran bercerita, kalau blog yang dibangunnya berjuang untuk kesetaraan gender dengan mengumpulkan satu juta tanda tangan. Blog ini diurus oleh 50 orang dan 3 di antaranya kini mendekam di penjara. Ketika acara penyerahan kemarin, blogger Iran tersebut dalam sambutannya menghimbau kepada semua untuk membantu dalam menggalang aksi untuk membebaskan ketiga rekannya. Blogger pemenang kategori Best Weblog The BOBs Award, Yoani Sanchez dari Kuba, dan blogger peraih penghargaan Reporters Without Borders, Zeng Jinyan dari China sampai dicekal tak boleh keluar dari negaranya.

Bukan hal yang mudah memang dalam mengungkapkan pendapat dan opini, apalagi kalau opini itu mengkritisi keras suatu pihak. Mudah-mudahan sidang Ibu Prita akan berjalan adil dan menghasilkan keputusan yang tak akan disesali banyak pihak, khususnya para online citizen Indonesia.

Di hari ke-2 kemarin, setelah mengikuti beragam seminar dan workshop, acara pun ditutup dengan seremoni penyerahan hadiah kepada para pemenang The BOBs Award 2008 yang sempat diumumkan pemenangnya di akhir 2008 kemarin di Berlin, Jerman.

Rencananya, di akhir tahun 2009 ini akan kembali diselenggarakan kompetisi blog The BOBs Award 2009, dengan kategori blog bahasa Indonesia masih menjadi salah satu yang dikompetisikan. Tentunya, akan sangat diharapkan banyak blog Indonesia yang akan ikut dalam kompetisi mendatang. Sedikit tips untuk menyiapkan diri untuk menjadi pemenang utama di kompetisi mendatang:

  • Manfaatkan media-media video dan audio untuk melengkapi blog Anda. Siarkan kegiatan podcast atau vidcast dengan topik-topik yang erat dengan tema-tema sosial, politik, atau humanitarian.
  • Berdayakan pembaca Anda untuk aktif berkontribusi dengan kegiatan blog yang Anda lakukan.
  • Tunjukkan kejujuran Anda dalam menulis, dan ketidaktakutan Anda dalam mengkritisi sesuatu.
  • Tunjukkan bagaimana Anda memperhatikan kondisi sosial sekitar Anda, dan bagaimana Anda bereaksi terhadap kondisi itu.
  • Manfaatkan Facebook, Plurk, atau social media lainnya untuk memperluas cakupan audiens Anda.

Kalau melihat dari contoh para pemenang yang kini ada, sebaiknya situs dan blog seperti Wikimu, Politikana, Wajah Jogja, Coin A Chance, Press Talk segera mempercantik dan memperkaya terus kontennya, lalu bersiap untuk maju ikut dalam kompetisi The BOBs Award di akhir tahun 2009 ini.

Kredit foto: Pitra dan Yuniman

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

18 komentar »

  • didut :

    CONGRATZ pit 😀

  • Obi-Wan :

    Selamat buat Media Ide!

  • mawi wijna :

    kapan yah saya bisa pergi ke Jerman, ngikut acara kayak gituh?

  • dilla :

    waah slamat ya Pit! 😀

  • Ollie :

    Congratulations Pit!

  • Hanny Kusumawati :

    *nongkrongin ceritanya lewat blog inih*

  • Pitra :

    Semuanya:
    Terima kasih. Asyik suasana di sini. Liputan detikinet ada di http://www.detikinet.com/read/2009/06/05/133227/1143288/404/dalam-forum-global-blogger-indonesia-terima-penghargaan

    Untuk cerita lebih lengkapnya, lagi disusun otobiografi perjalanannya nih. *nggaya ya*

  • Q :

    itu di backdrop garuda pancasila abu abu ?

  • tasya :

    selamat ya piiiiiittt…

  • Dita Firdiana :

    pitraaa… selamat ya… jangan lupa oyeh-oyeh dan maem-maem… (hungry)

  • sewa mobil murah :

    nice post
    salam kenal 🙂

  • attayaya :

    selamat atas keberhasilannya ya
    tetaplah menjadi media ide bagi kami2 blogger baru
    supaya bisa mengikut jejaknya

  • Rusa Baweanâ„¢ :

    moga2 blogku tahun depan bisa masuk
    paling gak nominasi
    🙂

    amin

  • weeko :

    Adakah jaminan keselamatan dan perlindungan hukum bagi para blogger di Indonesia. Karena jika belajar dari kasus Prita, Blogger rupanya harus lebih hati-hati posting tulisannya, seperti Kata KaPolda Metro Jaya.

  • moejiono :

    Wacana pendidikan saat ini hendaknya pemerintah bisa mengakses opini masyarakat / aspirasi yang berkembang di setiap daerah kab./kota kena pa demikian ?
    Diantaranya hal yang kami temukan sbb:
    1.Keterlambatan pemberian fungsional guru saat itu program 2007 terealisasi 2009.
    2.Sertifikasi guru periode 2006/2007 masih banyak kerancuan ttg pembayaran gajinmya mohon secara berkala dikontrol
    3.Agenda pemerintah ttg Ujian Nasional di pendidikan Dsar khususnya masalah pendanaan juga tidak jelas dalam arti ada beaya atau tidak 2009.
    4.Gaji PNS guru saat ini juga belum ada kejelasan berdasarkan aturan yang katanya akan diberikan bulan ini namun juga …….kapan ?
    5.Agar aspirasi ini mendapatkan respon positip dari fihak yang berwenang dalam hal ini pemerintah, kenyataan disana demikian….!!!
    6.Makasih ya………smoga aspirasi masayarakat tersalurkan

  • moejiono :

    Ralat poin 4 maksud kami gaji 13 pns guru

  • Media Ide » Blog Archive » Pendaftaran The BOBs Award 2009 Mulai Dibuka :

    […] tak seberapa, tapi penganugerahannya yang luar biasa. Karena acara ini pula, jadi sempat mengikuti Global Media Forum dan kesempatan berjalan-jalan ke Jerman di bulan Juni 2008 […]

  • online :

    membaca seluruh blog, cukup bagus

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge