Home » Creative Works

Packy, Printy, Publy: Para Maskot FGD Expo 2009

15 June 2009 11,030 views 6 komentar

Sudah lama blog ini tidak membahas desain maskot. Maskot bisa dikatakan mirip dengan logo, dan baik maskot ataupun logo harus bisa mewakili esensi brand yang diwakilinya. Kalau diperhatikan, orang pemerintah paling suka buat maskot (dan maaf, dengan desain yang garing pula). Ada maskot dari PLN (bisa terlihat di beberapa bus kota) yang terlalu harfiah menyimbolkan listrik = lampu. Ada pula maskot instansi lainnya yang menganalogikan seekor hewan dengan kegiatan yang dilakukannya, misalnya lebah = rajin.

Namun desain maskot FGD Expo 2009, sungguh berbeda. Desainnya tidak harfiah, dan pastinya terlihat cool. Kegiatan dalam FGD Expo 2009 ini memamerkan 3 pilar industri kreatif (dari 14 pilar industri kreatif yang telah ditetapkan Pemerintah), yakni: packaging, promotion, dan publishing. Nah, ada 3 macam maskot FGD Expo, yang masing-masing mewakili 3 kegiatan utama tersebut.

Karakter bernama Packy berwarna merah, mewakili industri kemasan (packaging). Desain karakternya pun berbentuk kotak dengan tanda mirip tempat gantungan kemasan di atasnya. Visual Packy ini mengingatkan akan bungkus tinta printer, sebetulnya.

Karakter bernama Printy berwarna biru, mewakili industri promotion. Semua kebutuhan promosi, seperti billboard, digital signage, baliho, dll, erat hubungannya dengan tinta cetak. Mungkin itu sebabnya visual Printy ini mengingatkan akan tetesan tinta.

Karakter terakhir bernama Publy berwarna kuning, mewakili industri penerbitan (publishing). Penerbitan buku dan media massa elektronik tak lepas dari orang yang berkontributor menulis di baliknya. Desain kepala karakter Publy yang runcing terbalik ini mengingatkan akan ujung atas pena tulis masa lalu yang masih menggunakan daun.

Ketiga karakter mengenakan motif serupa, warna-warni yang mewakili logo FGD Expo 2009. Karakter yang didesain oleh Mendiola B. Wirawan ini terlihat dinamis. Ada beragam pose yang suka muncul dalam ragam media komunikasinya. Bahkan si desainer karakter sendiri suka membuat versi alternatif lucu dari maskot tersebut. Salah satu karakter, Printy, bahkan sudah dibuat versi maskot hidupnya (maksudnya, ada orang yang mengenakan kostum maskot Printy ini).

Kalau melihat profil FGD Expo di Facebook, foto profilnya diwakili oleh maskot hidup Printy. Maskot Printy ini sering muncul dalam beragam pra event FGD Expo 2009 dan berfoto dengan para pengunjung yang datang. Si pengunjung lalu mengunggah fotonya di Facebook dan men-tag profil FGD Expo. Secara tak langsung, efek viral pun menyebar. Semakin banyak pengguna Facebook yang aware akan profil FGD Expo dan menjadikannya teman.

Desain maskot tidak hanya sekedar datar 2 dimensi yang memenuhi desain materi cetak saja, tapi maskot, dalam bentuk nyatanya, bisa terlihat berinteraksi dengan audiens. Pemanfaatan Facebook semakin banyak mengenalkan FGD Expo 2009 dan maskotnya kepada para audiens baru.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

6 komentar »

  • Obi-Wan :

    keren maskotnya. sebenernya bisa lebih keren siy… πŸ˜€

  • Kemas Fadhli :

    lucu juga maskotnya.

  • Dita Firdiana :

    itu si packy merah ato pink sih pit?

    hehehe…

    kalo dari segi gambar yg paling luchu menurut ku si printy… XD

  • arham blogpreneur :

    jadi inget sama event 2 bola yah.. maskotnya banyak

  • wen :

    mungkin sudut kepalanya si publy itu juga melambangkan bentuk buku atau koran yang dibuka ya? mengingat bahwa yang namanya publishing sangat dekat dengan yang namanya buku, koran, dkk…

    but, most of all… they’re cool!!

  • Kuas Semut :

    Delegasi Kuas Semut Mau Nyumbang berita boleh nggak? Wah rame acaranya…Sayang kalo nggak ikutan…Nanti tanggal 27 Juni 2009 jam 10-14 WIB ada acara di DYANDRA PROMOSINDO namanya The Next KOPDAR 1 “Creativepreuneurship” ….Banyak pakar pakar dan Freak2 Creative Person yang udah banyak prestasi mo bagi bagi buat adik adik kita yang mahasiswa dan mahasiswi khususnya yang merasa dirinya kreatifperson yang mampu membangun usaha kraetif di Indonesai. Saya rasa dunia ini akan booming setelah PILPRES tgl 8 Juli 2009, So Ditunggu kelanjutannya berita ini.
    Salam Desain…Desain NEVER DIES
    http://Kuassemutsatudesain.blogspot.com
    http://Kuassemut.blogspot.com

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge