Home » Online Branding

Bermanfaatkah Facebook Username?

16 June 2009 18,443 views 15 komentar

Tepat hari Sabtu kemarin, situs Facebook diserbu lebih banyak orang pada saat bersamaan. Mereka dulu-duluan memilih username sesuai nama favorit mereka masing-masing. Katanya dalam 60 jam sejak proses registrasi username dilakukan, terjadi pembuatan 100.000 username per jamnya. Sejumlah 500.000 registrasi username terjadi dalam masa 15 menit, dan 3 juta registrasi username dalam 14 jam pertama.

Jadi, untuk Anda yang punya nama “generik” seperti David, Linda, Ahmad, Bambang, Yogi, dll sepertinya akan susah untuk mendapatkan nama sesuai keinginan. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan nama panjang Anda. Facebook membebaskan pemilihan username, asalkan minimal 5 karakter. Tidak harus menggunakan nama yang dekat dengan nama sendiri. Nama apapun boleh, asalkan belum ada yang meregistrasinya duluan. Akibatnya ada username lucu-lucu seperti: error404, error403, cutegirl, bikinigirl, atau theusername.

Lalu, apa sih manfaatnya username sampai ratusan ribu orang berlomba-lomba duluan registrasi? Kalau cuma untuk memilih username asal seperti di atas, memang kecil manfaatnya. Namun, kalau Anda peduli dengan personal branding, pemilihan username akan menjadi sangat penting. Betapa menyenangkannya kalau Anda adalah seorang Bambang, atau seorang Chika, atau seorang Satya, yang pertama berhasil mendapatkan username dengan nama panggilan pendek. Ini akan memudahkan Anda mengenalkan profil Facebook Anda ke rekan-rekan Anda. Untuk yang keduluan, ya Anda terpaksa menggunakan nama panjang Anda atau alias Anda.

Selain itu, semua laman Facebook yang terbuka untuk publik sangat ramah bagi mesin pencari Google. Saat ada yang mencari nama Anda di Google, URL tautan profil Facebook Anda akan langsung terlihat di halaman pertama. Laman profil Anda di Facebook bisa menjadi gerbang utama Anda dikenal di ranah maya.

Selain username profil, Facebook juga telah membuka kesempatan untuk pemilik Facebook Page (atau Facebook Public Profile) yang telah memiliki 1.000 fans untuk memilih alamat URL yang mudah diingat (vanity URL). Sayangnya Facebook Page Media Ide baru mempunyai 260 fans, jadi belum dianggap layak untuk memilikinya. Namun katanya, kesempatan ini akan dibuka untuk Facebook Page apapun (tanpa minimal jumlah fans) pada tanggal 28 Juni 2009 nanti.

Nah, sudahkah Anda menentukan pilihan username untuk profil dan Facebook Page Anda?

Kredit foto: _Max-B

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

15 komentar »

  • Kemas Fadhli :

    aku salah satu korban akibat kesiangannnn… jadinya page-nya di kasih nama agak sedikit maksa :D:D
    http://www.facebook.com/simPATI.Tsel :D:D

    *rejeki di patok ayam*

  • Dita Firdiana :

    punya ku dita.gigi

    sekalian branding dokter gigi nya, hahahahahaha

  • budirs86 :

    wah kalo akhu BudiRasuli, cuma ada 3 di google, tapi yang di FB gak muncul di gugle, tapi lumayanlah, termasuk nickname misterius ( beda lagi klo budi..wah bejibun..), nice artikel, trims salam sukses selalu…

  • ierone :

    tapi kok gak jadi ya URL-nya kalau gak log in facebook

    http://Facebook.com/ierone

  • Lukman Nulhakim :

    dan saya tetap : lukmandisini, alhamdulillah 😀

  • mawi wijna :

    beruntunglah orangtua ngasih namaku unik,

    tentu aja http://www.facebook.com/wijna belum ada yang pakai, hehehehe

  • Widianto Mukhodim :

    gara2 minimal 5 karakter, jadinya ngk bisa pake nama panggilan yang cuma 4 karakter…

  • Blog Ijo :

    wah soal facebook username saya sudah punya..

  • Investasi :

    namaku sangat pasaran anda boleh coba di search FB ketik teguh wicaksono yang nama itu berjibun he pasaran tapi suka aku

  • kamal :

    yap setuju, kasian ya orang2 yg namanya pasaran, termasuk gw T_T (mustafa kamal). Namanya udah diembat duluan ama orang india/pakistan dan skitarnya

  • Arham | Blogpreneur :

    Setuju mas Pit, penting facebook username yang ngak asal buat personal branding.. mau nanya pendapat

    http://www.facebook.com/Arhamharyadi.blogpreneur gimana menurutnya ?

  • sewa mobil :

    tambah sip kan pak kalo ad username…..:)

  • nonadita :

    aku sudah ambil nama “nonadita”, yay!! 😀

  • Anggun Prasetya :

    Untung merk dagang goenrock belum ada yang make 😆

  • Lex dePraxis :

    Hmmm tanggal 28 Juni dibuka username utk Facebook page yah, thanks for the info.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge