Home » Book, Online Living

E-Narcism, Gaul dan Eksis di Internet

20 June 2009 28,605 views 54 komentar

Situs social media yang muncul beberapa tahun lalu kini makin populer. Pengguna Facebook kini telah mencapai lebih dari 3 juta orang. Situs microblog Plurk yang muncul setahun lalu memiliki pengguna terbanyak dari Indonesia. Belakangan ini, situs microblog pendahulunya, Twitter semakin populer dan mengalami pertumbuhan pengguna di Indonesia.

Situs-situs social media lokal tak kalah unjuk gigi. Forum terbesar di Indonesia, Kaskus, masih hidup hingga sekarang. Forum Jual Beli menjadi denyut kehidupan situs itu, meski forum-forum lain di dalamnya pun tak kalah ramainya. Situs Web 2.0 lokal lainnya, seperti Politikana, Lintas Berita, Cerpenista, Fotografer.net, atau Koprol juga semakin aktif digunakan.

Bisa jadi untuk seseorang yang masih tahap awal menelusuri dunia internet, banyaknya situs ini membingungkan. Semua orang tentu ingin gaul dan eksis di ranah digital. Namun tak banyak orang yang tahu kalau mereka pun juga bisa mendapatkan banyak hal positif dari itu semua. Saat kita mulai aktif di ranah digital, rekam jejak kita akan mudah terlihat. Untuk itu, ada baiknya sejak awal kita sudah meninggalkan hal-hal yang bermuatan positif di situs manapun kita mencoba aktif. Ada baiknya juga bila kita tahu situs-situs mana yang pas dengan kompetensi diri, sehingga keaktifan kita di situs itu akan ikut pula membantu pencitraan diri akan kompetensi kita.

Buku “E-Narcism, Gaul dan Eksis di Internet” ini membahas tentang semua hal itu. Buku ini bercerita bagaimana kita bisa memanfaatkan social media untuk membangun eksistensi diri kita di ranah maya. Blog, forum internet, situs-situs Web 2.0 lain, bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin. Buku ini juga membahas batasan antara kejujuran kita saat aktif di internet dan kerahasiaan pribadi yang harus kita jaga. Tidak semua orang punya niat baik saat beraktivitas di ranah maya. Meski kita ingin gaul dan eksis, bukan berarti kita lalu abai akan faktor kehati-hatian.

Buku ini menekankan pula pada pentingnya memberikan kontribusi konten bermuatan positif di ranah maya. Positif dalam artian bermanfaat dan memberikan nilai lebih bagi pembacanya, seperti penulisan pengalaman atau kompetensi diri di blog, menggalang kepedulian sosial yang melibatkan banyak orang melalui blog dan Facebook, serta bagaimana kita mempromosikannya.

Cuplikan awal buku ini bisa dibaca di bawah ini. Silakan unduh PDF-nya di sini, dan segeralah berlari ke toko buku terdekat (sebaiknya sih ke Gramedia) untuk membeli buku ini.

Buku bisa dibeli pula di kutukutubuku.com!

Ikuti pula Kontes E-Narcism berhadiah 6 iPod dan 24 t-shirt keren!

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

54 komentar »

  • Kampus Komputer di Bali :

    Mantap…keep share Gan…

  • produk furniture :

    wah narsis baget,,,, mantap…
    salam kenal,,,

  • lemari kayu :

    yang penting tetap oke…hehe

  • dutasolusipratama :

    Go Go Go Indonesia jangan mau kalah dengan negara tetangga

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge