Home » Online Communities

Indonesia Unite – Kami Tidak Takut

17 July 2009 19,752 views 75 komentar

Tadi pagi, berita tentang ledakan di JW Marriott dan Ritz Carlton dengan cepat beredar di ranah social media. Berita liputan langsung dengan foto lebih cepat ditemukan di Twitter daripada di Metro TV sekalipun. Beberapa teman di Twitter kebetulan berada dekat lokasi, dan segera menuliskan reportase dan foto. Metro TV baru menampilkan reportasenya sekitar sejam setelah ledakan.

Perkembangan informasi, serta liputan dari beragam media dirangkum oleh teman-teman di Twitter, Plurk, maupun Facebook. Untuk mereka yang tidak sempat menonton televisi, bisa pula mendapatkan berita terakhirnya dari Detik, Kompas, dan rangkuman teman-teman di ranah social media. Beberapa teman bahkan menyempatkan membuat tulisan di blog. Cek saja ini, ini, dan ini.

Berbagai pendapat dan opini teman-teman terhadap proses evakuasi hingga pidato SBY ramai menjadi bahan pembicaraan. Secara spontan, banyak pengguna Twitter, yang lalu diikuti pengguna Plurk dan Facebook, yang mengganti avatar mereka dengan bendera Merah Putih. Hashtag #indonesiaunite menjadi topik tren di Twitter (bahkan hingga saat ini ditulis).

Pandji dibantu teman-teman @jtug (Jakarta Twitter User Group) mengunggah lagu Pandji ke YouTube berjudul “Kami Tidak Takut.” yang seakan-akan menjadi pernyataan yang pas untuk saat ini, kalau kita sebagai Bangsa Indonesia tidak akan takut akan terorisme. Di Facebook, beberapa teman juga berinisiatif membuat Facebook Page Indonesia Unite sebagai media penyampaian ekspresi pernyataan rasa tidak takut terhadap aksi terorisme. Seluruh aksi ini dilaksanakan spontan oleh berbagai orang.

Lalu apakah pernyataan moral melalui ranah social media ini bermanfaat? Jelas!!

Pertama, kita sebagai warga yang aktif di ranah daring bisa menunjukkan diri di hadapan dunia, kalau kita menolak aksi terorisme. Bahkan kita tidak akan takut terhadap mereka. Upaya para teroris yang (dari namanya saja sudah ketahuan) untuk menanamkan rasa teror di masyarakat sudah tidak mempan. Kita bisa menunjukkan kepada mereka kalau usaha mereka menakut-nakuti kita dan membuat kita lemah di mata dunia tidak mempan.

Kedua, masyarakat dunia tahu akan sikap perlawanan moral kita. Mereka bisa melihatnya melalui tren yang terjadi di Twitter dan Facebook Page. Mudah-mudahan dengan cara ini pula, akan membuat mereka tidak takut untuk datang ke negeri kita. Mereka juga tidak lalu asal mengecap negeri kita sebagai sarang terorisme. Untuk membantu mereka memahami, cobalah sesekali membuat tulisan dalam bahasa Inggris, agar mereka paham perlawanan kita dan sikap kita yang tidak takut akan terorisme.

Mudah-mudahan Indonesia Unite ini bisa benar-benar mempersatukan, setidaknya kalangan masyarakat daring. Mudah-mudahan juga para pemimpin kita tidak lagi berdebat dan beragumen tidak mutu, dan mengambil contoh kita. Kalau kita yang rakyatnya saja bisa bersatu dalam satu suara perlawanan, mengapa pemimpinnya tidak?

Kredit gambar: Nico Wijaya

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

75 komentar »

  • ghaza :

    kami tidak takut…..

    yapz….semboyan ituh pas banget buat kita sekarang….

    karna itu membuat qita sbgai orang indonesia

    g akan pernah takut ma yang namanya terorist….

    hajar terorist….

    usir terorist dari bumi pertiwi…

    beri support ma polisi kita….

    hidup densus 88…

    cepet tangkap nurdi m top…

    gembong terorist yang da di indonesia

  • putu :

    Kita ga usah takut ama teroris mrk cuma berani dibelakang aja cuma bisa merusak n menghancurkan aja mrk tidak suka kedamaian! Lakukan aktivitas sehari2 kita seperti biasa , berdoa dan berpikir yang positif aja demi bangsa indonesia.Takutlah pada TUHAN karena segala sesuatu yang kita lakukan baik buruknya TUHAN yang mengetahui.

  • anny :

    MARILAH KITA SEMUA BERSATU UNTUK MELAWAN TERORIS DIMUKA BUMI INDONESIA INI, SEKARANG BUKAN SAATNYA MENYALAHKAN. SALAHKANLAH DIRI KITA SENDIRI KENAPA KITA TIDAK CEPAT CEPAT BERSATU. MARILAH KITA BERSATU MEMBASMI PENGACAU DI BUMI INDONESIA INI. KAMI TIDAK TAKUT!

  • martin :

    Berantas terorisme ga bs cuma Pemerintah & POLRI, Mari bersama-sama berantas terorisme!!!

    MAJU TERUS INDONESIAKU!!!!

  • Ibnu Rusdi :

    teroris cuma segelintir orang yg putus asa menghadapi masalah hidup dunia…sehingga mereka melakukan tindakan bodoh yg pada dasar nya merugikan diri sendiri..dimana mereka menganggap diri mereka pahlawan.. padahal mereka merugikan diri sendiri.dan mengorbankan orang yg tak bersalah..tapi klau kita ” bersatu ” menghadapi..pasti akan berhasil…
    sementara aparat bekerja….mari kita jalani hidup ini kedepan..jalin persatuan..dan tetap optimis…Vivat Indonesia..Ku…

  • Riri Dhewantie :

    Kita & pemerintah jgn sampe kalah gertak sama teroris!!! kita harus tunjukkin ke mereka kalo kita lebih kuat & bersatu dibanding mereka. Ayo bangsa Indonesia jangan saling sikut, ayo bersatu lawan teroris.

    ———————– KAMI TIDAK TAKUT ———————–

  • ronald :

    knapa harus takut!!!!!! anak indonesia “kami tidak takuuuuuuttt!!!!!!
    mati & hidup ada di dalam tangan ‘NYA” !!! brani berbuat,,brani bertanggung jawab, tp kok malah sembunyi??? teroris cuma berani di belakang,,,lempar booooommm sembunyi muka,,!!!!! jangan lupa “”apa yang kita perbuat di dunia ini,,,kelak harus di pertanggung jawabkan entah itu baik /jahat!!! walaupun kau bisa lepas dari hukum manusia,, tapi yakinn tak akan lepas dari hukum yang maha adil dan penyanyang,,,!!!!!

    so don’t worry be happy””

  • imoet :

    hidup INDONESIA KU
    kita adalah bangsa yang kuat apapun yang akan terjadi nanti kita akan tetap bersatu menghadapinya bersama-bersama.

  • Distro :

    bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh!! maju trus Indonesia!!

  • indonesiaunite :

    IndonesiaUnite ‘s Official Twitter.

    http://twitter.com/indonesiaunite

    indonesiaunite = Indonesia Bersatu.
    KAMI TIDAK TAKUT.
    We Are Not Afraid.
    Indonesia Unite

  • umiee :

    Teroris………
    hemmmmm ,,
    apa sih untungnya loe2 pada ngebom negara sendiri?
    mending sono ancurin org yahudi..
    kalo memang loe jago.
    bwt INDONESIA Yg tercita jgn T A K U T…. ayo bersatu melawan para TERORIS…
    lenyapkan manusia2 keparat itu.. eh kayaknya mereka gak pantas deh disebut manusia pantasnya mereeka disebut B I I NA A TANG.

  • Abusaleh :

    Coba kita pikirkan cara yang praktis untuk melawan teroris secara nyata dan bermanfaat, sebagai kelanjutan pernyataan kami tidak takut.

  • ryan :

    noordin… noordin bikin repot aja ente !!

  • adis :

    Wah blognya diliput di Kompas hari ini mas pitra… sayang url di epapernya salah…

  • domba garut! :

    Sudah saatnya kita terus bersatu menggalang semua sumberdaya untuk membangun bangsa dari segala lini, jangan sampai ada serangan teroris lagi yang mengharuskan kita benar-benar bersatu.. ayo tunjukkan pada dunia luar dan terutama diri kita dan anak cucu kita sendiri bahwa bangsa ini bisa bangkit..

  • eline :

    Buat temen2 semua di Indonesia Unite, mohon maaf sebelumnya kalo saya salah atau sy bukannya sok pinter. tapi sy sungguh bingung apa yg terjadi sm negara kita ini???? Org malaysia datang ngebom di negara kita ngrekrut org2 Ind terus yg jadi martir (bunuh diri) org Ind jg, korbannya ya org Ind jg (sekurity, sopir taxy, karyawan hotel, bulenya malah sedikit. Lha kalo Nurdin tuh benci bule, knp gak ngebom bule di negaranya aja sendiri??? Bukannya lbh banyak bule di Malaysia daripada disini???
    kayaknya sdh jelas tujuan Malaysia mau matiin pariwisata di nagara kita. Bali, asset kebanggaan Ind, devisa pariwisata terbesar, dibom 2x. Tujuannya apa? Jelas biar org asing (gak cuma bule, tp jg turis2 HK, Jepang, dll) pada kapok ke Ind.
    MU main di Malaysia 1 hr. di Ind 3 hr, krn memang fansnya di Ind byk, terbukti merchandisenya laku keras. 1 hari passss seblm MU dateng, ada bom di tpt MU mau nginap. Itu apa motifnya???
    Sdh jelas biar MU memperpanjang kunjungannya ke Malay dan turis2 yg sdh terlanjur dateng ke Ind pada hijrah semua kesana.
    langsung pariwisata turun 50%. Apa gak hancur lama2 negara kita ini??? Sdh jelek bgt di mata dunia citranya.
    Pas semua org fokus ke Ind krn MU mau dateng ke Ind, lgsg BOOOOMMMM!!!! Sontak semua mata dunia memandang kita.
    Sy minta maaf sebelumnya kalau ada salah2 kata atau ada pihak2 yg tdk sependapat. ini hanyalah sekelumit kecil pikiran sy. Tidak ada maksud untuk mendiskreditkan siapapun. I LOVE INDONESIA..

  • ardan_lee :

    SAYA TIDAK TAKUT!!!

    indonesia g bersalah sama sekali pa lagi masyarakatnya yang pingin hidup tentram dan damai.. knapa dirusak oleh sebagian orang yang g punya OTAK dan FiQiran yang jernih. dibilang mau mati syahid tapi mati konyol dibilang mau masuk surga tapi masuk neraka dibilang berjuang dijalan tuhan tapi berjuang dijalan syaiton….. klo thu teroris punya fikiran yang jernih kenapa di INDONESIA slah satu t4 yang mayoritasnya muslim knp g ditempat yg seharusnya lu lakuin banyak orng g bersalah sob!!! mari donk berfikir jernih and cepet ambil wudhu and TOBAT!!!!!!!!!!

  • dimas,... :

    Hmmm,….Gmn yach ngundang Pandji Pragiwaksono k’acara movement dBogor,..
    kira2 mau gak yahh dia!!!!!dia berteriak kpd kaum2 muda dbogor mencanangkan “Kami Tidak TakutNya itu lho”,secara media implementasi pandji adalah musik hiphop,..sedangkan acar yg pengen gw bwt movement hiphop juga,..mau gak yahh,…ada yg bsa bantu gak yak,..

    regards,

  • Pranur Wahyudi :

    Rakyat Indonesia, yang tertipu oleh tipu daya, bujuk rayu, dan hipnotisnya Nurdin M. Top, sadarlah…, kalian hanya digunakan sebagai alat untuk mencapai kekuasaan oleh mereka. Saya yakin, ujung-ujungnya pasti kekuasaan. Jangan mau diperbudak oleh mereka. Rugi sendiri, kasihan keluarga kamu…, kalau kamu seorang teroris maka seumur hidup keluarga kamu akan dikucilkan oleh penduduk Indonesia. Lagian, kamu harusnya mikir gimana kalau seluruh keluarga kamu di bom??? pasti kamu sedih juga kan, kalau gak berarti kamu gk punya hati donk. Kalian harusnya mikir, Nurdin itu hanya membuat bangsa kita terpuruk. Jangan mau diperbudak orang Malaysia, ngapain dia kox gak mau ngebom negaranya sendiri saja. Peace …

  • rico :

    bener juga ya……kenapa ya nurdin m top tidak ngebom dinegaranya sendiri???????kenapa harus di indonesia ya???? saya jadi berpikir yang tidak2,jangan2????????????? ah…yang penting krng indonesia dah bersatu..MERDEKA!!!!!!!

  • ryzard :

    semua rahasia kebodohan para teroris ternyata terungkap setelah adanya interview dengan nurdin di sarangnya sendiri.
    silakan baca interview yang seharusnya bikin sadar banyak orang tentang siapa sebenarnya mereka

  • ryzard :

    jihad yang diusung oleh para pahlawan kesiangan itu hanya jokes yang garing dari orang2 yang hopeless memperjuangkan nasibnya sendiri.

    sebuah interview dengan sang teroris yang saya dapat dari pertemuan dengan nurdin ini membuktikan betapa mereka adalah guyon ngawur

  • Gerard :

    Salah satu karya anak bangsa yang luar biasa di saat yang tepat. Pengeboman di satu pihak membawa kebersamaan dan meningkatkan rasa cinta akan Indonesia. Semoga tidak perlu lagi sebuah bom untuk menunjukkan rasa cinta kita akan Indonesia.
    Long live and Prosper Indonesia; a beautiful country

  • kembo :

    cuih,,,cuma endonesa unite ,,ga mempan hadapi teroris,,,!!!
    tolong donk,,,,endonesa unite itu ga hanya sifatnya insidental!! mbok masalah lain di bangsa ini juga disikapi!!!!!!!!!!!!!!!!!

    TKI kita tertindas,,,!! buruh kita diperlakukan semena2,,,!!! apa yg kalian lakukan?!?!?!?!?! kemarin ngapain aja?!?!?! hura2,,?!?!?!

  • indonesiaunite :

    the world is listening,
    people around the world we know you heard of the earthquake that shake tasikmalaya, west sumatra, maluku, etc
    we know that you are scare and we understand, but we here to tell you that the people of indonesia are not afraid.
    we refuse to answer the earthquake disaster that shake and kill many peoples
    we understand that i know you wanna come here to indonesia.
    we know the issue but, the majority of region of indonesia is safe from earthquake and disaster

    Kami tidak takut, kami tidak takut, kami tidak takut, kami tidak takut, kami tidak takut, kami tidak takut. Disaster BANGSAT

    [pandji speech]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge