Home » Experiential

Indonesia International Motor Show 2009

27 July 2009 9,080 views 15 komentar

Beberapa hari ini belum sempat membuat tulisan baru, terkait dengan kesibukan diri dan kantor dalam menyiapkan aplikasi multimedia untuk booth Toyota di ajang tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS). Acara yang berlangsung dari tanggal 25 Juli – 2 Agustus 2009 ini kini pindah lokasi, ke Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, setelah sebelumnya selama bertahun-tahun di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Acara IIMS seperti biasa penuh dengan lautan manusia, bahkan mencapai puncaknya di hari Minggu ini. Meski tidak semua industri otomotif ikut berpartisipasi dalam eksibisi ini, karena dipotongnya bujet, event ini tetap terasa besar. Kalau tahun sebelumnya terasa sekali Honda dan Toyota yang terlihat bersaing besar melalui desain booth dan penyajian atraksi, kali ini agak berbeda. Kali ini Toyota dan Honda ditemani oleh Proton dan Hyundai, yang bertempat di dalam Hall D. Acara dalam Hall D ini diatur sedemikian rupa sehingga masing-masing brand otomotif ternama itu punya kesempatan atraksi pertunjukan sama selama sehari penuh.

Setiap booth berlomba menyajikan atraksi dari artis-artis ternama, dari Dewi Sandra dan Endah N Rhesa di booth Toyota, Romy Rafael di booth Honda, hingga 4 pemain biola wanita (nggak tahu namanya) yang keren membawakan lagu-lagu Vanessa Mae dan The Corrs di booth Proton. Bahkan percaya atau nggak, hingga sekedar pergantian shift para SPG-pun disertai dengan atraksi dansa. Ini bisa dilihat di booth Toyota dan Proton.

Booth Toyota yang terlihat menyajikan atraksi multimedia paling banyak. Saat memasuki area Toyota, Anda akan melewai lantai interaktif yang menampilkan kupu-kupu. Saat Anda berjalan mendekati kupu-kupu itu, jejak rumput akan mengikuti Anda, dan kupu-kupu itu akan terbang menghindari Anda. Di sebelahnya lantai interaktif ini, Anda bisa melihat holographic video yang menyajikan informasi tentang Toyota. Video ini ditampilkan melalui media semi transparan sehingga Anda bisa tetap melihat desain booth di belakangnya.

Di dekat mobil inovasi Toyota yang diberi nama iQ (mobil ini sudah dikomersialkan di Inggris), terdapat pula layar multitouch. Dengan layar ini, Anda bisa berinteraksi dengan video dan gambar bak Anda berinteraksi dengan iPhone Anda. Di dekat area aksesoris, Anda bisa memanfaatkan informasi aksesoris mobil Toyota yang ditampilkan melalui aplikasi touch screen. Di sini, Anda bisa mensimulasikan pemasangan elemen-elemen aksesoris pada mobil Toyota Anda.

Daripada panjang bercerita, nikmati saja beberapa foto jepretan beberapa hari ini. Maaf, kebanyakan foto ceweknya daripada foto mobilnya. 😀 Galeri lainnya bisa dilihat pula di laman ini.

Kredit foto: Pitra dan Tulus

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

15 komentar »

  • Adham Somantrie :

    itu layar multitouchnya gede banget….

    boleh dicoba ga? (mbaknya)…

  • widi :

    Iya.. malah banyak foto ceweknya…:)

  • dita.gigi :

    mau mobil yang 2 pintu itu… *merajuk*

    btw, login fb koneknya di tempatku kok eror ya pit?

  • -GoenRock- :

    Nama 4 pemain biola itu The Magenta Chamber Girls Pit 😛 *kalau ndak salah sih*

  • -GoenRock- :

    Aku suka yang aplikasi ngecat mobil itu, tapi kok cuman dibagian pintu sih Pit? 😛

  • adis :

    Anak kecil boleh masuk ya? hihi… :p

  • Lex dePraxis :

    Pitra, we’re still waiting for that ‘project’ I mentioned in the e-mail. See you soon.

  • Pitra :

    @adis:
    anak kecil boleh lah, itu ada fotonya. Cuma jangan disuruh ke booth Top 1 😀

    @goenrock:
    Itu bukan Magenta Chamber Girls, Gun. Beda dengan yang di Politikana (setidaknya lihat di fotonya sih beda). Untuk mobilnya, mudah-mudahan tahun depan bisa ke seluruh body, Gun. 😀

    @dita:
    Ndak tau, kayaknya plugin FB Connect ini harus segera dimutakhirkan, tapi belum sempat.

    @widi:
    bagus kan itu artinya? 😀

    @adham:
    mau nyoba beneran?

  • Rusa Baweanâ„¢ :

    u/ menunjukan kalo mobilnya itu indah
    emang harus disandingkan dengan cewek yg cantik pula
    🙂

  • antown :

    kayaknya kupu2 itu sudah diprogram ya pit. jika ada sesuatu yang mendekat maka dia akan menjauh

  • Arham :

    gw ngak jadi dateng kesana :(.. masih ada ngak yah … ahhh tapi kalo dipikir gpplah… foto spgnya sudah terwakili 😀 btw.. ktmu jodoh tidak 🙂

  • gothic_bless :

    coba mereka ksh kuis bagi yg berunutng dapet mobil geto…hehehe….

  • Media Ide » Blog Archive » Branding Melalui Pengalaman Interaktif :

    […] (pengalaman) melalui beragam aplikasi interaktif biasanya terlihat menonjol pada pekan Indonesia International Motor Show (IIMS) setiap tahunnya. Meskipun tahun 2009 tidak banyak brand otomotif yang melibatkan diri dalam event […]

  • ercil’s corner » Branding Melalui Pengalaman Interaktif :

    […] (pengalaman) melalui beragam aplikasi interaktif biasanya terlihat menonjol pada pekan Indonesia International Motor Show (IIMS) setiap tahunnya. Meskipun tahun 2009 tidak banyak brand otomotif yang melibatkan diri dalam event […]

  • Safety shoes :

    Cewek dan mobil memang itu 1 paket bro….he..he…

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge