Home » Online Branding

Mengajak Blogger Berpartisipasi dalam Acara Brand

5 August 2009 13,624 views 52 komentar

Makin lama makin banyak brand dan perusahaan yang diwakilinya mengadakan acara yang khusus untuk para blogger. Rupanya blogger, dengan segala “ketenaran”-nya menjadi lirikan baru para brand untuk melakukan program aktivasinya. Para pemilik brand tentu sudah sangat berpengalaman dalam menghadapi perilaku para media, termasuk dalam menyelenggarakan konferensi pers. Para pemilik brand juga sudah berpengalaman berhadapan langsung dengan para konsumennya langsung melalui beragam program aktivasi brand di beragam event.

Saat ini mereka berhadapan dengan makhluk genre baru, yakni para pelaku social media, dari para blogger, aktivis Facebook, admin forum, hingga admin mailing list. Mereka berhadapan dengan para individu yang mempunyai media pribadinya sendiri dan mempunyai “umat”-nya sendiri. Ada beberapa hal yang perlu menjadi pemikiran para pemilik brand sebelum mereka berhubungan dengan para pelaku social media ini.

Jangan samakan blogger dengan media.

Jangan membuat acara konferensi pers untuk para blogger. Meski mereka punya media pribadi (dan populer dibaca orang), bukan berarti blogger sama dengan jurnalis. Blogger menulis karena keinginan pribadi hatinya, dan bukan karena itu adalah pekerjaan utamanya. Blogger datang ke suatu acara kalau itu menarik minatnya, dan bukan karena tuntutan profesi yang membuatnya harus datang.

Di dalam penyelenggaraan event itu, sebaiknya jangan membuat acara yang berfokus pada promosi brand sendiri. Sekali lagi, blogger bukan media. Saat mereka datang ke suatu acara, mereka berharap mendapatkan pengalaman positif bagi dirinya. Bayangkan, betapa malasnya mereka kalau sudah repot-repot datang ke suatu acara, tiba-tiba isi acara hanya promosi si brand itu sendiri. Sebaiknya, buatlah program acara yang melibatkan aktif para audiens blogger sebagai bagian di dalamnya. Kurangi unsur “jualan” dan manfaatkan acara ini untuk melakukan pendekatan personal terhadap para blogger.

Blogger bukanlah korporasi.

Memang banyak blogger suka berkumpul dan melakukan aktivitas bersama. Namun perkumpulan ini tak berbeda dengan teman-teman sehobi yang berkumpul bersama. Beberapa kegiatan para blogger yang tergabung dalam komunitas memang banyak yang menghasilkan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Namun, komunitas ini bukanlah organisasi yang jelas ketua, wakil, sekretariat, bendahara, hingga sie-sie lainnya. Kalau memang ada brand yang berminat untuk mengajak blogger bekerja sama, dekatilah masing-masing individu. Mendekati mereka pun susah-susah gampang. Lebih mudah memang kalau yang mengajak mereka pun adalah seorang blogger juga. Jadi, pastikan pemilik brand merasakan pernah menulis blog dulu sebelum mengajak mereka kerja sama lebih jauh.

Setiap blogger adalah individu unik.

Kenal dan dalamilah tulisan setiap blogger sebelum memutuskan mengontak mereka. Baca terlebih dahulu kalau karakteristik tulisan mereka serta topik blognya memang relevan dengan pesan komunikasi yang hendak brand sampaikan. Lebih bagus sih kalau para pemilik/perwakilan brand sering berkomentar di blog-blog yang memang relevan dengan brand miliknya. Membangun kedekatan personal terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk bekerja sama lebih lanjut dengan setiap individu blogger.

Bila brand menyelenggarakan sebuah acara yang mengundang para blogger, pastikan bahwa blogger yang diundang adalah blogger yang tepat. Jangan mengundang blogger yang doyan menulis tentang desain grafis ke acara otomotif. Jangan pula mengundang blogger yang banyak membahas tentang dunia perempuan ke acara IT, apalagi kalau sampai membahas hal teknis. Program acara event pun harus disesuaikan dengan audiens blogger yang diundang.

Blogger tidak butuh editorial.

Hal terlucu adalah saat seorang blogger diminta menuliskan sesuatu oleh sebuah brand, lalu memintanya untuk mengirimkan draft-nya terlebih dahulu untuk proses editorial. Sekali lagi, blogger bukanlah media dan apa yang ditulis di blognya bukanlah press release. Jadi bebaskanlah si blogger untuk menuliskan pendapat pribadinya tentang sebuah brand.

Mungkin masih banyak lagi sih, tapi sementara ini, baru ini yang terpikirkan. Semoga para perwakilan brand, yang sudah pernah mengundang para blogger atau meminta blogger untuk membuat ulasan di blognya, bisa melakukan evaluasi diri sebelum melakukan program interaksi dengan blogger kembali di masa datang. Hihi, ini termasuk di antaranya Kaspersky, FGDexpo2009, Nokia, HBO, Pond’s, dll. Kalian banyak-banyak belajarlah dari contoh cukup bagus yang pernah dilakukan oleh Yahoo! Developer Network, Axis Java Jazz, dan Toyota Yaris.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

52 komentar »

  • nengratna :

    widih, berasa udah jadi jurnalis 😀 hehehe

  • Mengajak Blogger Berpartisipasi dalam Acara Brand | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Mengajak Blogger Berpartisipasi dalam Acara Brand VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge