Home » Creative Works

Film Pendek Pantene Chrysalis

6 August 2009 11,217 views 14 komentar

Baru hari ini melihat film iklan Pantene Chrysalis Shampoo produksi Thailand ini, meski film iklan ini sudah muncul di Thailand bulan September 2008. Menurut tulisan di blog ini, awalnya film berdurasi 4 menit ini ditayangkan di bioskop, namun akhirnya melebar ke televisi dan media daring.

Film ini bercerita tentang seorang perempuan bisu dan tuli yang terinspirasi dari seorang musisi jalanan. Ia dengan giat berlatih biola, instrumen musik yang sangat sulit dilakukan, apalagi oleh mereka yang tidak bisa mendengar. Lagu klasik “Canon in D Major” dari Johann Pachelbel yang menjadi pengiring film ini turut membangun emosional cerita.

Berbeda dengan standar iklan shampoo yang umumnya menggunakan selebriti sebagai endorser-nya, di film ini tidak ada selebriti sama sekali. Melalui cerita yang emosional, Pantene berusaha membangun kedekatan dengan audiensnya. Logo Pantene sendiri hanya muncul di akhir film, dan kekhasan kibasan rambut (seperti iklan shampoo pada umumnya) muncul saat si anak perempuan bisu dan tuli ini dengan ekspresif membawakan biolanya di konser. Tema “You Can Shine” terasa kena sekali dengan cerita ini, dimana semua orang, dengan keterbatasannya masing-masing tetap bisa bersinar asalkan punya niatan kuat.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

14 komentar »

  • Chic :

    iyah, tadi pagi liyat di blognya Paman Tyo…
    keren, bikin mata berkaca-kaca…

  • Lex dePraxis :

    Bagus film-nya, pengarahannya mampu nyalurin emosi ke penonton.

  • dita.gigi :

    keren pelemnya pit,,, pesannya nyampe banget… :’-(

  • Toko Kaos Online :

    Sekarang ini uda byk brand yang menampilkan iklan dgn cerita yg emosional. Bgs nih. Iklan kaya gini kl dr pengamatan saya lbh mendapat perhatian dr masyarakat. Bnr ga tuh kang pitra?

  • ihsan :

    sumpah keren iklannya.. harusnya iklan kayak gini. aku paling suka film yang inspiratif kayak gini yang tidak asal menampilkan bintang berbody dan berface aduhai..

  • arham blogpreneur :

    Kalau ngeliat bahasan ini dan 2 singer social media @ youtube yang pitra bahas, jadi membayangkan apakah nantinya pemain iklan tidaklah harus ber-fisik artist ….?

  • Funkshit :

    langsung ingat sancai begitu liat pemainnya,,

  • arifin :

    sayang, iklan ini dikotori dengan kekerasan. kenapa untuk menunjukkan sebuah kebaikan harus menonjolkan keburukan?

  • mastongki :

    saya malah sangsi kalau artis yang digunakan sebagai penyalur di iklan ini, apakah feelnya akan seperti ini…

  • Agus Suhanto :

    salam, posting yang bermanfaat, sorry ngikut thread komentar ini sebagai salam kenal… sy Agus Suhanto

  • Media Ide » Blog Archive » Marshanda di YouTube? :

    […] Kakak beradik Audrey dan Gamaliel bisa menunjukkan kelihaian mereka bernyanyi di YouTube. Sebuah cerita iklan yang membuat terharu pun bisa beredar dengan cepat, karena meskipun berformat iklan, konten ceritanya sangat menggugah […]

  • Clara :

    Gw udah liat keren banget terharu gw nontonnya

  • syukr :

    keren nih… kebetulan lagi nyari materi iklan utk tugas kuliah, ijin nyimak cara bikin review :))
    syukr baru saja menulis..Kualitas Kayu Bekas

  • billy :

    terharu melihatnya…

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge