Home » Online Living

Hari Narablog Nasional – Tanya Jawab di Twitter

27 October 2009 12,758 views 31 komentar

bloggerHari ini Hari Narablog (Blogger) Nasional, sejak dicanangkannya pertama kali oleh Bapak Mohammad Nuh, eks Menkominfo, di Pesta Blogger yang pertama, tahun 2007. Ironisnya, kalau Anda bertanya ke teman-teman blogger di Pesta Blogger ke-3 kemarin, ternyata cukup banyak blogger insyaf (hihi, maksudnya, sudah jarang menulis blog lagi). Mudah-mudahan saja momen hari ini, bisa membangkitkan para blogger pasif untuk mendapatkan semangat menulis blog lagi.

Karena tema hari ini adalah blog, maka sejak jam 10-12 siang tadi, disempatkan melakukan tanya jawab (diskusi) seputar blog di Twitter. Hanya 2 jam saja, pertanyaannya sudah menggila. Alhamdulillah sudah bisa terjawab (dengan bantuan teman-teman Twitter juga). Secara spontan pula Dicky Sukmana menyumbang t-shirt bertulisan “Blogging is not a Crime” untuk 2 orang dengan pertanyaan terbaik.

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban yang terjadi. Beberapa redaksi kalimat diubah supaya lebih mudah dicerna.

@kdri
Apa bedanya blogger dengan blogger.com? Apa blogger itu istilah member dari blogger.com?
Itu masalah nama saja. Blogger tidak harus menjadi anggota blogger.com. Mau menulis di WordPress atau meng-host sendiri juga tidak masalah.

@tey_saja
Sebaiknya dalam satu blog berisikan satu tema atau beda-beda tema? Mana yg lebih yahud dibaca?
Kalau mau fokus, baiknya 1 blog berisi beberapa tema tapi masih dalam 1 benang merah. Namun kalau masih dalam taraf awal pembuatan blog, silakan aja campursari. Namun tetap pikirkan akan dibawa kemana blog ini di masa depan. Enaknya sih bisa fokus ke 1 hal yg memang diminati si blogger itu sendiri.

@gunawanrudy
Bagaimana caranya mendapat duit dari blog?
Kalau saya pribadi tidak berniat mencari duit dari blog. Namun kalau ternyata dari blog bisa mendapatkan rejeki, ya Alhamdulillah. Tujuan saya ngeblog bukanlah untuk mencari duit.

@Rhesya
Kapan gerakan blogger aktif pertama marak di Indonesia?
Berdasarkan masukan dari teman-teman di Twitter, sudah ada yang memulaimenulis blog dari tahun 1999, yakni @turniptopia dengan blog www.avocadolite.com, dan masih aktif hingga sekarang. Enda sendiri baru memulai blog tahun 2001 dan ada pula Avianto yang memulai menulis blog sejak tahun 2000. @indrapr juga menambahkan informasi sejarah blogger di Indonesia di tautan ini.

@snydez
Kalo sudah nggak ngeblog selama 6 bulanan, apakah masih pantas dibilang blogger?
Huahaha, yang nggak ngeblog selama 1 tahun saja masih mengaku blogger kok. Yang penting adalah masih punya niat dan passion. Ayo dimunculin lagi semangatnya!

@andisturbia
Kalau twitter dan microblog lainnya tidak boleh disebut blog, lalu blog itu harus berisi minimal berapa karakter huruf?
Nggak ada yg mensyaratkan blog harus berisikan berapa huruf. Blog kan juga bisa berupa foto, video, dll. Yang lebih penting adalah kontennya yang memang bermanfaat untuk pembaca

@bocahmiring
Apa itu blogger? Apa ada syarat lain jadi blogger selain mempunyai blog?
Blogger = yg menulis blog (apakah itu ditaruh di Tumblr, Blogspot, WordPress, Blogdetik Dagdigdug, atau mungkin host sendiri), dalam format bertanggal dan memiliki kolom komentar. Sepertinya nggak ada syarat lain seseorang untuk menjadi blogger kecuali dia punya alamat blog (yg harapannya tentu di-update selalu)

@salsabeela
Ada nggak orang Indonesia yang sukses kerja ngeblog dari lowongan seperti jobs.problogger.net? Tipsnya bagaimana supaya bisa ikutan?
Untuk hal ini saya belum berkompeten untuk menjawab, karena memang berlum pernah merasakan. Mudah-mudahan @budip (Budiputra) mau membantu menjawabnya.

@mqhidayat
Cara menjaga semangat untuk tetap ngeblog bagaimana?
Dalam menulis blog pasti akan ada masa bosan atau jenuh. Kalo saya pribadi selalu mengamati lingkungan sekitar dan apa yg kini dibicarakan online, untuk kemudian mencoba menuliskan pandangan saya terhadap hal tersebut. Kalau sudah suka akan suatu topik bahasan, semangat itu akan selalu muncul kok, jadi ngebloglah dengan topik yang memang disukai. Jangan memaksakan diri untuk menulis hal-hal yg memang bukan kesukaan atau minatnya.

@aralle
Kenapa pas di Pesta Blogger 2009 saya ditanyai para pengguna blogspot “Kenapa ikut Pesta Blogger, kamu kan pake WordPress?”
Hahahaa… Itu pekerjaan rumah utk para panitia Pesta Blogger 2010 karena ternyata Pesta Blogger masih dianggap identik atau sama dengan pesta pengguna blogspot.com.

@indrapr
Apakah Hari Blogger Nasional masih relevan, mengingat pesta blogger tahunan tidak tepat diadakan pada hari tersebut?
Setahu saya Pesta Blogger selalu diadakan hari Sabtu, supaya semua orang bisa datang. Kalo dipaksa dilaksanakan di Hari H namun itu jatuh di hari kerja, kemungkinan besar malah tidak ada yang bisa datang.

@arifgumantia
Bagaimana cara mendaftarkan konten atau isi blog sebagai HaKI?
Pertanyaan ini dibantu jawab oleh @ndorokakung yang mengatakan kalau yang bisa didaftarkan sebagai hak cipta adalah isinya. Pendaftaran bisa dilakukan di Dirjen HaKI, di Jl. Daan Mogot Km 24.

@vodafschuler
Apabila kita bikin blog tentang penjualan suatu produk, tapi menggunakan engine blog system, apakah bisa juga disebut blog?
Hmm, sebenarnya itu bukan blog. Menurut saya, blog lebih ke arah jenis konten yg disajikan, bukan masalah engine yg dipakai. @rrrangga juga menambahkan agar tidak memakai blog untuk berjualan, tapi blog bisa dipakai untuk berinteraksi dengan calon pelanggan/partner, dan membangun kredibilitas penjualan di website terpisah.

@goenrock
Bagaimana agar videoblogging (vlog) semakin populer disini? Boleh nggak sih ber-vlog modal video dari kamera ponsel atau webcam aja?
Sebagai seorang vlog, @goenrock bisa membuat pelatihan vlog. Misal dengan mengajarkan anak SMA, bahwwa dengan modal kamera ponsel saja sudah bisa membuat vlog. Penekanan bahwa membuat vlog itu bisa murah meriah. Lebih penting pesan yang disampaikan, mengenai kualitas itu nomor kesekian. @pinot, yang juga pernah menjadi seorang pembuat vlog menambahkan bahwa nge-vlog bisa memakai tools apa aja selama ada konten berupa video (audio visual). @iambadung juga menampahkan, vlog bisa di-host lokal di Beoscope.com agar akses membuka dan mengunggah video bisa berlangsung lebih cepat.

@Rhesya
Kalau tulisannya nggak mutu, misalnya blog sebagai diary yang sangat personal, apakah penulisnya bisa di bilang blogger juga?
Nggak ada tulisan yg nggak bermutu. Semua tulisan pasti ada pembacanya. Ide blog pun berawal dari diary kok, hanya perkembangannya lalu bergeser ke arah profesional, hingga kini blog dipakai untuk pula menyajikan berita/hal apapun yang sesuai dgn profesi kompetensi si blogger.

@masova
Apakah penggunaan istilah blogger tidak melanggar trademark atau lisensi kreatif dari blogger.com?
Untuk pertanyaan ini, @ndorokakung membantu memberikan jawaban kalau blogger itu adalah istilah generik untuk pemilik blog, sementara blogger.com itu adalah brand. Memang harus ada edukasi untuk membedakannya

@andisturbia
Kalau syarat blog adalah bermanfaat untuk pembaca, apakah twitter dan plurk boleh disebut blog? Kan bermanfaat juga tuh?
Twitter/plurk adalah microblog, kelemahannya arsip Twitter cuma 2 minggu. Kalau mau bermanfaat lebih lama, tulislah ulang di blog.

@tikabanget
Bagaimana dengan paradigma baru yang semakin menguat, bahwa ngeblog itu cuma buat cari duit?
Saya ikut menyesali paradigma itu, apalagi makin banyak buku yg memberi kesan menjerumus ke arah sana, kalau blog cuma utk cari duit. Buat saya pribadi, blog adalah untuk berbagi pengalaman/pengetahuan. Kita mendapatkan sesuatu dari internet, kenapa kita nggak ikut berbagi pula? Brbagi tanpa harus berpikir itu harus menjadi duit. Mengenai nanti kita mendapat benefit dari blog, itu adalah side effect-nya saja. @rrrangga menambahkan, meski blog memang tidak untuk cari duit, tapi tetap harus bisa (at least) self-sustainable dari sisi finansial.

@kanglurik
Di pesta blogger kemaren seperti terjadi kesenjangan antara blogger baru dengan blogger lama. bagaimana cara untuk menghilangkannya?
Bahkan sejak Pesta Blogger tahun 2008 juga sudah terjadi seperti itu. Hihi, saya pun nggak tahu solusinya. Biarlah itu menjadi pekerjaan rumah panitia Pesta Blogger 2010.

@eka_nugraha
Setuju nggak kalau nantinya hanya niche blog yang akan bertahan? Terus nasib personal blog kira-kira akan bagaimana?
Personal blog harus mulai berpikir utk membahas topik yg lebih dalam, tidak melulu tentang apa yang dilakukan sehari-hari. Kini tulisan-tulisan ringan yang biasanya dibuat sudah mudah dilakukan dengan twitter/plurk. Lagi pula blog ada jutaan dan terus bertambah, kalo nggak membuat yg niche, blog itu nggak akan menonjol.

@nagacentil
Penting nggak sih panen komentar di blog?
Diakui kalau komentar memang dibutuhkan, karena itu menjadi bukti diri kalau blog itu dibaca orang. Namun bukan berarti setiap tulisan harus berisikan puluhan komentar. Saya sendiri lebih suka kalau komentar tidak terlalu banyak, tapi setiap komentar bermutu.

@orangemood
Mengapa di Indonesia blog/blogger masih belum terlalu menarik para advertiser?
Ada blog yg bagus dan banyak komentar, tapi ternyata nggak terdeteksi oleh radar kita yang berhubungan dgn advertiser. Saya sering menemukan blog-blog keren dengan banyak komentar, tapi nggak dilirik. Yang terdeteksi oleh kita, kebanyakan blognya mungkin setipa, masih bertemakan jurnal pribadi. Itu pula sebabnya mengapa yang mendapatkan advertorial di blog selalu kembali ke blogger itu terus. @amirk menambahkan mungkin perlu menghimpun blogger/publisher dan advertiser (terutama yang premium) di satu tempat. @orangemood ikut pula menimpali kalau perlu adanya statistik yang masuk akal untuk perhitungan ROI (return of invesment) dari advertiser, selain tentunya blog itu harus pula bermuatan positif.

@aulia
Kenapa video blogging (vlog) dan podcast kurang populer di Indonesia?
Kalau podcast mungkin iya, tapi kalau vlog belum tentu. Generasi yang lebih muda bukannya lebih suka bahasa visual? Sayangnya belum ada konten vlog yang “gaul” yang membahas kehidupan sehari-hari yang ringan-ringan. Syukur-syukur kalau dipandu oleh blogger perempuan. Saat ini kebanyakan vlog masih bertema IT. @rrrangga memberikan argumen sendiri kalau koneksi internet di Indonesia masih terlalu lambat, vlog & podcast masih mahal dan kualitasnya rendah, meski akan tetap berjuang.
Untuk meng-host vlog bisa menggunakan server Indonesia, seperti beoscope.com. Atau bisa juga dengan YouTube asalkan tidak mementingkan kualitas. Masih memungkinkan kok dibuka dengan akses Speedy.
@iambadung menambahkan pula membuat sebuah vlog juga butuh usaha lebih. Mengedit video punya kesulitan tersendiri. Banyak yang bisa mengetik, tapi nggak banyak yang bisa mengedit video.

@ranaldindra
Sebebas apakah menulis di Blog? Apakah ada jaminan Pemerintah tentang kebebasan mengemukakan pendapat di dalam blog?
Di sini saya nggak bicara tentang peraturan ya, tapi lebih bicara dari sisi etika. Kebebasan kita kan selalu dibatasi oleh kebebasan orang lain. Kalau kita memang nggak menjelekkan pribadi orang lain di blog, ya tenang saja. Kalo memang ingin mengkritik seseorang, yang lebih baik dikritik adalah perbuatannya, jangan sampai kritikan itu mengarah kepada karakteristik pribadi orang yang bersangkutan.

@hfz
Jadi kalau saya jualan di internet dan membuat blog yang posting-nya selalu update dengan fitur, tips, etc, itu bukan blog?
Bedakan store dan blog. Blog bisa mendukung store dengan bercerita hal-hal yang mendukung store, seperti misalnya: di balik layar produksi sebuah barang yang akan dijual. Coba cek blog.kutukutubuku.com utk referensinya.

@vodafschuler
Konten seperti apa sajakah yang bisa dikatakan sebagai blog? Apakah harus berupa cerita hidup, curcol, gadget, info atau hal lainnya?
Konten apa saja juga boleh sih, semua tergantung kepada passion masing-masing. Tentunya asal nggak membahas yang berbau negatif ya spt IGO, dll.

@lendrabayu
Bagaimana caranya membuat judul posting yang bikin penasaran (untuk dibaca)?
Bisa beragam cara. Judul juga berpengaruh terhadap pencarian di
search engine. Kalau bisa sih judul mencantumkan kata-kata yang penting yang memang dibahas di posting blog tersebut. Judul bisa pula unik, spt .. ITUH (ala @tikabanget) atau .. PECAS NDAHE (ala @ndorokakung) agar blognya punya keunikan tersendiri. @neofreko juga menambahkan kalau untuk copywriting, situs copyblogger.com bisa menjadi rujukan yang sangat berguna. Coba cek tautan ini.

@suporter_info
Pesta Blogger kemarin seperti terasa hambar. Bukankah lebih baik sedikit tapi fokus semuanya, atau banyak tapi nggak jelas?
Menurut saya pribadi kemarin masalahnya bukan pada banyaknya topik, tapi lebih ke ruangan yg kurang pas untuk diskusi. Lalu tidak adanya kesimpulan dari setiap sesi untuk dibacakan ke audiens umum.

@fairyteeth
Blog kan intinya untuk sharing, tapi banyak yang bukan blogger menganggap itu hanya buang-buang waktu saja. Bagaimana kita menyikapi hal tersebut?
Coba tanyakan ke mereka, “Dia mendapat konten gratis dari internet kan? Kenapa dia nggak mau berbuat serupa, dengan berbagi supaya ada orang lainnya lagi yang mendapat manfaatnya?”

@yurikarianti
Bagaimana dengan blog yang isinya seperti diary? Daily journal? Bermanfaatkah bagi pembaca?
Pasti ada manfaatnya kok, tentunya asalkan isinya nggak melulu tentang curhatan diri sendiri atau keluhan terus-menerus. Sekali-sekali bisa bercerita tentang hubungan dengan keluarga atau sahabat. Pasti ada sesuatu yang menarik bisa diambil dari sana. Coba baca beragam tulisan di Ngerumpi.com untuk rujukannya.

@bangfiko
Bagaimana sejarah munculnya Hari Blogger Nasional?
Hari Blogger Nasional ditetapkan oleh Pak Mohammad Nuh saat Pesta Blogger pertama, tahun 2007. Saat itu jatuh pada tanggal 27 Oktober, sehingga saat itu pula Pak Mohammad Nuh menetapkannya.

@dimasnovriandi
Bisakah blog jurnal pribadi dijadikan blog tematik sesuai dengan concern pemilik blognya seperti bisnis, fesyen, dll?
Bisa, malah sebaiknya dianjurkan, meski sesekali sedikit bercampur dgn jurnal pribadi sebetulnya tidak menjadi masalah.

@mbakdos
Sejauh mana sih batasan sesuatu itu BOLEH dipublikasikan di blog atau nggak?
Menurut saya sih semua boleh, asal isi tidak membatasi kebebasan orang lain. Jadi jangan menyinggung pribadi seseorang di blog. @arijuliano menambahkan penjelasan ini dengan tautan tulisannya di blognya.

@waterbomm
Sebenarnya apa sih fungsi blog yang sebenarnya? Apa pendapat Anda tentang blog yang isinya review dari suatu produk?
Fungsi blog adalah untuk menyampaikan pemikiran kita dan menuangkannya dalam tulisan/video/foto/dll. Untuk melakukan dalam blog tidak masalah. Namun ada baiknya, blogger menuliskan wanti-wanti kalau ini adalah advertorial (supaya para pembacanya tahu kalau si blogger memang dibayar untuk menuliskan itu), terlepas dari isinya yang berupa pujian atau celaan ya.

@riananda
Bagaimana caranya menjaga
mood untuk tetap ngeblog? Kadang ada masanya malas banget untuk menulis di blog.
Mood itu sebaiknya diciptakan, bukan ditunggu. Kalo malas, ya coba cari cara supaya mood itu muncul. Misalnya, kalau membaca buku bisa membangun mood, ya cobalah mulai dengan membaca buku.

@daniiswara
Berarti sebenarnya nggak ada itu istilah narablog non-profit? Karena profit tetap bisa terjadi meski secara tidak langsung?
Profit tidak langsung kan berupa side effect saja. Tujuan ngeblog kan memang bukan untuk mencari uang. Kalau nanti ia nggak mendapat profit dari blog, tidak membuatnya lalu berhenti ngeblog.

@yahyakurniawan
Bila ingin ngeblog dengan 2-3 tema, mana yang lebih disarankan, membuat 2-3 blog tematik, atau cukup 1 blog saja dengan pembagian kategori?
Kalau 2-3 tema masih bisa digabungkan (memang ada benang merahnya), lebih baik gabungkan saja dalam 1 blog. Menghidupkan 2-3 blog itu susah dan memakan waktu.
@labanux menambahkan kalau menurutnya membuat suatu blog berbeda itu tidak harus karena tema/topik yang beda. Karakter tulisanlah yang membuatnya menjadi berbeda.

@lantip
Tadi disebutkan kalo blog nggak niche nggak akan menonjol. Menonjol itu yang seperti bagaimana?
Intinya sih buatlah topik blog yg bisa membedakan dengan blog-blog lainnya, misalnya: tentang menjahit/olahraga/memancing, dll. Suatu waktu nanti saat ada orang yang mencari topik spesifik tentang hal tersebut, yang akan ia temukan adalah blog Anda.

@vodafschuler
Sampai sejauh mana kita bisa mentoleransi pencurian ide, tema, bahkan jiplakan dalam ranah daring sekarang?
Nggak ada suatu topik yg orisinil. Minimal taruhlah Creative Commons Rights di blog, dan jelaskan sampai sejauh mana konten dijadikan rujukan oleh orang lain. Apakah harus memberikan atribusi, ataukah memang menjadi public domain. Kalau terjadi proses copas, coba tegur secara moral dahulu. Komunitas blog pasti akan ikut membantu memberi pelaku copas “tekanan moral”
@ivanlanin menambahkan info tentang Creative Commons bisa dicek di salindia berikut ini.

@yurikarianti
Bagaimana takaran atau tolak ukur keberhasilan sebuah personal blog?
Keberhasilan untuk apa? Kalau keberhasilan dilihat dari isi yang memberikan kesan mendalam pasti menarik bagi pembacanya, ya lihat saja dari bagaimana pembaca meresponnya. Coba cek tulisan-tulisan di Ngerumpi.com utk rujukan.

@tuannico
Bagaimana pendapat tentang blogger yang rajin melakukan blogwalking tetapi tidak pernah merespons komentar di blognya sendiri?
Haha, memang ada ya? Kalau memang ada, masa dilarang? Terkadang nggak semua komentar harus dijawab, entah karena dia memang nggak bisa menjawabnya atau mungkin karena dia nggak punya waktu.

@tuannico
Apakah posting tulisan setiap hari itu efektif dan dibaca orang?
Jangan memaksakan diri untuk menulis setiap hari kalau itu malah membuat hasil menjadi nggak maksimal. Namun juga jangan terlalu jarang. Sekitar 4 tulisan per bulan saya rasa sudah efektif kok.

@tikabanget
Bagaimana menurutmu blog di lima tahun mendatang?
Dugaan saya, konsep blog pasti akan tetap ada, hanya medianya yang mengalami berubah. Jadi seperti apa? Saya juga nggak tahu.

@bangfiko
Bagaimana tanggapan tentang fenomena Award di blogosfer?
Kalau Award itu bisa memicu blogger untuk mengeluarkan kemampuan maksimalnya menulis, menurut saya sih ok ok saja.
Haha, lalu @bangfiko menanggapinya dengan menduga Award itu hanya untuk mengejar . Benarkah?

@nukman
Bagaimana menghadapi para blogger yang suka mencuri isi blog orang lain, bahkan tanpa izin dan tautan?
Kalau ketahuan biasanya saya tegur di komentar atau
shoutbox-nya. Namun kalau masih gebandel juga, saya dulu selalu meminta bantuan teman-teman blogger lainnya untuk bantu mengingatkan pelaku tersebut. Terkadang suara massa yang banyak bisa berpengaruh.
@hfz menambahkan pula kalau pencurian konten via RSS feed, sebenarnya ada plugin WordPress yang bisa mencegah, misalnya plugin ini.

@tikabanget
Blog adalah satu dari social media yang dipakai untuk membentuk persepsi publik tentang suatu produk/brand. Titik berat marketing-nya kemana menurutmu?
Saat ini memang marketing brand mulai percaya kalau blog bisa membangun opini, apalagi bila ditujukan utk blogger yang sudah punya tribe. Kalo melalui blogger/influencer ini opini positif tentang brand bisa terbentuk, tribe mereka masing-masing pun akan pula percaya dengan opini itu.

@fairyteeth
Dengan maraknya portal 2.0, apakah para blogger akan banyak pindah haluan menulis di sana lalu melupakan blognya sendiri?
Konsep blog kan nggak melulu di-host sendiri. Kalau dia mau menulis di Ngerumpi.com, Wikimu.com, Politikana.com, dll ngga masalah sebetulnya. Lagi pula isinya adalah pengalaman sendiri yang hendak dibagi. Kalau ternyata dengan situs-situs tersebut bisa mendapatkan respon lebih banyak, kenapa tidak?

@bangfiko
Blogger itu memikirkan traffic nggak sih? Atau menulis terus tanpa peduli traffic?
Berdasarkan riset yang dilakukan IndoPacific Edelman bersama komunitas Blogfam, blogger perempuan memang nggak terlalu memikirkan traffic, tapi kenyataannya mereka masih terus tetap menulis. Salindia riset ini bisa dicek di sini.

Kredit gambar: Kristina B

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

31 komentar »

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Hari Narablog Nasional – Tanya Jawab di Twitter -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by anakcerdas, Media Ide. Media Ide said: huuuh kelar juga merekap tanya jawab tadi pagi. Silakan dicek n dibaca di http://bit.ly/GEOEV […]

  • neng®atna :

    menurut saya, sebagai nara blog yang orientasinya adalah bermain dan berbagi, blog adalah buku diary terbaik. blog sangat baik karena dengan blog kita bisa memberi dan dia nggak pernah marah kalau saya banyak ceramah 😀

  • ndoro kakung :

    kerja keras yang keren pit. layak diulang lagi … kalau punya waktu dan tenaga 😀

  • oCHa :

    jadi, sejarian pitra sibuk coppas [ertanyaan n jawaban itu?? astagaaaa

  • .. Minda Indra .. » Sesi Tanya Jawab Seputar Blogging :

    […] yang dirayakan oleh seluruh blogger Indonesia pada hari ini, Pitra “Media Ide” mengadakan sesi tanya jawab seputar blogging melalui media microblogging Twitter. Undangan sesi tanya jawab tersebut tentu saja […]

  • @adq :

    salut buat kegiatan yg kayak gini, semoga dapat pahala berlimpah atas ketulusannya berbagi, salut

  • dita.gigi a.k.a fairyteeth :

    Horeee… Saya dapet kaos… Makasih ya pit… :*

  • lukman :

    Mudah-mudahan gak ada pengkastaan dalam lingkungan blogger kedepannya 🙂
    punya+update+gak ngenganggu perdamaian dunia maya :p
    *curhatan blogger pelaku curhat*

  • geblek :

    alhamdulillah meski tulisan ndak bermutu saya masih sering mengisi blog saya. iseng iseng buat mengarsipkan ingatan saya tentunya 🙂
    selamat hari narablog, semoga tahun ini ndak ada penyakit priyadis dan lainnya
    towel enda, kapan ngeblog lagi hihihi

  • MQ Hidayat :

    Sip, manstab ni tanya-jawab.
    Oh iya, sapa nih yg berhak dapet kaos? Aku kah?? *ngarep mode on*

    Btw, itu komen @lukman juga tak rasakan. Kasang kala juga bingung kalo diajak curhat bgituan.

  • eka nugraha :

    iya sapa nih yang dapet kaos, pgn tahu hehehe 🙂
    boleh nih mas kapan2 dilanjut lagi 😛

  • jokostt :

    Ngeblog kalau menurut pendapat saya sebagai penyeimbang. Karena begitu derasnya arus informasi yang harus kita cerna setiap hari maka perlu suatu media penyaluran sebagai output untuk mengsharenya kembali sebagai sebuah keseimbangan hidup.
    Seorang Blogger adalah contoh manusia yang tidak egois, sebab bukan yang termasuk orang yang hanya mau menerima tapi tidak pernah mau memberi.

  • yurika :

    horey! ada namaku! hahaha!!! sesi tanya jawab yg sangat menarik dan informatik, patut dilanjutgan! hmakasih ya @anakcerdas 😀

    @lukman: hohohoho :))

  • maydina :

    yah..rugi deh nggak datang kemaren…kapan lagi ada diskusi seruu kayak gitu mas pit?

  • -GoenRock- :

    banyak fakta menarik yang terungkap disini yaaa… hihihi…

  • Kapan mesti posting? ~ the Days After :

    […] October 200914:56 Kapan mesti posting?image dicomot dari internet, lupa sourcenyatergelitik oleh pertanyaan gue sendiri ke @anakcerdas : "apakah orang yang udah gak mosting di blognya lebih dari 6 bulan itu masih bisa di sebut […]

  • Pitra :

    @mqhidayat dan @eka_nugraha:
    pemenangnya @vodafschuler dan @fairyteeth. Kemarin sudah diumumkan di Twitter.

    @maydina:
    Huahaha kapan-kapan lagi ya. Kemarin itu spontanitas saja. Lalu 2 jam langsung kewalahan, malah nggak kerja. Jadi nanti kalau mau buat-buat seperti itu, mikir-mikir waktu yang tepat dulu.

  • didut :

    hahaha~ congratzz pit 🙂 … BTW tu gambar keknya bagus jadi kaos 😛

  • anas-catkus.com :

    wah.. seru juga tuh diskusinya! istilah blogger kok makin lama makin nggak definitif ya.. hhe

  • rusydi :

    blogger, citizen journalist juga kan?

  • arham blogpreneur :

    Idem sama ndoro :))

  • Eko & Kanty :

    Postingan yang menarik Mas. Jadi ngingetin buat bak to blog. Makasih.
    Oh ya klo kapan2 Mas ke Bandung, jangan sungkan mampir.

    Salam dari Bandung
    Eko & Kanty

  • Stephen Langitan :

    info yg lengkap, kebetulan gw gak bisa hadir karena hari itu gw lagi jadi tamu VIP Shell di Sepang. Ini kisah pengalaman nyata seorang independet blogger yang sudah dikenal baik oleh kalangan industri otomotif. Sudah saatnya blogger bisa jadi media yang berguna bagi industri (jenisnya apa saja) asalkan konsisten menulis blog.

  • bakulrujak :

    kata orang kan, yang akan menguasai masa depan adalah mereka yang menguasai arus informasi.
    *piye iki maksude ? 😀

  • Jual Parfum :

    Hihi>>>mantep nih…emang ngeblog itu asik asal konsisten ya….

  • elia bintang. :

    selamat hari blogger aja pit! *pdhl udah kelewatan lama banget* 😀

  • nisa love trick :

    twitter makin laris aja, bravo bloogger indonesia

  • Blog CRM :

    Sebagai blogger, memang kadang-kadang kita mudah “insyaf”, alias tidak rajin blogging lagi. Soalnya sulit terkadang untuk mencari inspirasi sebagai bahan artikel yang akan kita posting. Belum lagi bicara mood. Anyway, semoga Blogger Indonesia semakin maju dari hari ke hari. 🙂

  • Parfum :

    twitter merajalela….

  • Tanya Jawab Seputar Blog | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Hari Narablog Nasional – Tanya Jawab di Twitter VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

  • hari :

    maua tanya kenapa di dasboard blog saya tidak ditemukan pilihan penghasilan / adsense sedang diblog teman saya ada, apa ada masalah dengan blog saya terimakasih

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge