Home » Experiential

Blogfest Asia – Diskusi Bebas Ala Barcamp

17 November 2009 5,294 views 2 komentar

Di hari kedua Blogfest Asia di aula utama diadakan HKBloggerCon yang menggunakan bahasa Cantonese. Di ruang terpisah, bagi mereka yang tak paham bahasa tersebut, bisa membuat acara diskusinya sendiri. Format yang dipilih untuk diskusi ini (katanya) mengikuti pola Barcamp.

Setiap peserta diminta untuk memperkenalkan diri mereka masing-masing, sambil menyebutkan hal apa yang ingin diketahui, dan hal apa yang ingin dibagi atau diceritakan. Setiap orang bercerita, dan seorang moderator dibantu seorang pencatat menuliskan poin-poinnya. Ada sekitar 30-an orang yang hadir di ruangan itu. Dari apa yang disampaikan setiap orang, akhirnya muncul 3 tema besar yang dijadikan bahasan. Memang sih, ada beberapa orang yang keinginannya tidak dapat diakomodasi, namun mereka bisa ikut ke tema yang lebih mendekati.

blogfestday2-1

Tema yang dipilih saat itu adalah: pertama, tentang sekuriti, khususnya membahas proteksi pengguna dengan memanfaatkan beragam aplikasi lunak, seperti Tor. Lalu kedua adalah tentang pengembangan dan menjaga komunitas daring, serta bagaimana mewujudkannya dalam kegiatan pertemuan dengan aman tanpa gangguan dari pihak berwajib. Yang ketiga adalah tentang sustainability, bagaimana kelangsungan pertemuan selanjutnya setelah Blogfest Asia berakhir, agar ide-ide yang muncul tetap tercatat dan komunikasi antara sesama blogger Asia bisa tetap berlangsung terus-menerus.

Setiap orang pun terpecah ke dalam kelompok yang diinginkan dan berdiskusi. Setelah makan siang, semua akan berkumpul kembali dan berbagi cerita hasil diskusi yang telah dilakukan kelompoknya. Dari sini, peserta yang tidak tergabung dalam suatu kelompok bisa menanyakan dan berdiskusi kembali tentang topik yang dibahas oleh kelompok lainnya.

Hmm, entah apakah ini sebenarnya pola Barcamp yang benar? Entahlah. Namun kalau ada yang tertarik dengan Barcamp versi Indonesia, silakan tengok tulisan Aulia Masna di blognya. Kalau ada yang tertarik untuk membantu dan ikut berpartisipasi, silakan. Sungguh diharapkan malah!

blogfestday2-2

Kredit foto:
– Atas: Kla Tangsuwan.
– Bawah: yang punya blog ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

2 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge