Home » Experiential

Blogfest Asia – Penanganan Bencana Secara Daring

17 November 2009 5,804 views 2 komentar

Masih satu sesi dengan CAN di Blogfest Asia dibahas pula kasus penanganan bencana melalui blog dan social media yang dilakukan di Taiwan dan Filipina. Blogger Taiwan, TH Schee mewakili Association of Digital Culture (ADCT) dan blogger Filipina, Tonyo Cruz mewakili kelompok blogger yang ikut dalam penanganan bencana banjir.

Kasus yang dihadapi keduanya mirip. Taiwan menghadapi topan besar dalam jangka waktu lama. Terakhir kali adalah topan Garnede tahun 2007 selama 96 jam. Filipina menghadapi topan Ketsana dan Parma yang juga berakibat banjir bandang yang menenggelamkan Manila. Setelah badai, penanganan bencana yang dilakukan oleh Pemerintah lambat, salah satunya akibat kurangnya informasi yang sampai ke telinga Pemerintah.

Blogfest Asia

Yang dilakukan blogger Taiwan dan Filipina adalah membantu pengumpulan informasi dari beragam social media seperti Facebook, Twitter, Plurk, Skype, dan BBS. Bahkan blogger Taiwan yang tergabung dalam ADCT melakukan scraping dari situs-situs Pemerintah. Semua data itu diagregasi dan disebarkan kembali ke setiap kanal social media.

Blogger Taiwan juga berkoordinasi dengan media tradisional, beraliansi dengan beberapa stasiun televisi dan majalah untuk pendistribusian informasi. Banyak blogger yang juga ikut diminta untuk meneruskan informasi melalui blog mereka masing-masing. ADCT menjadi hub pertukaran informasi. ADCT juga mengirimkan sukarelawan untuk membantu penanganan bencana.

Salah satu permasalahan yang dihadapi para blogger Filipina adalah penggalangan dana. Awalnya mereka melakukan donasi dengan menggunakan PayPal. Ini memudahkan warga Filipina yang berada di luar negeri untuk ikut pula menyumbang. Namun ternyata, donasi dengan PayPal belum diberlakukan untuk kawasan Asia Tenggara. Akibatnya, dana yang sudah banyak terkumpul dibekukan. Para blogger Filipina berharap PayPal mau merubah kebijakannya untuk memudahkan bantuan dalam kondisi darurat seperti terjadinya bencana.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

2 komentar »

  • yudi :

    Berkunjung boss…

  • anto :

    Good idea Bosss

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge