Home » Experiential

WordCamp Indonesia 2010

31 January 2010 12,358 views 25 komentar

Tanggal 30 Januari 2010 kemarin adalah perhelatan WordCamp Indonesia yang kedua, yang berlokasi di Universitas Gunadarma Depok. Penyelenggaranya masih sama, Mas Valent Mustamin. Kalau tahun lalu juragan WordPress sendiri, Matt Mullenweg, yang datang, di tahun ini salah satu lead developer-nya, Beau Lebens, yang berbagi cerita. Beau Lebens juga terlibat dalam pengembangan servis Intense Debate, aplikasi web yang dikembangkan oleh Automattic (seperti WordPress). Selain Beau, banyak pembicara lokal pula ikut berbagi cerita seputar WordPress, PHP, dan MySQL.

Beau membuka sesi dengan bercerita tentang roadmap WordPress 3.0, yang rencananya akan dirilis 13 April 2010. Versi betanya akan dipublikasikan 1 Maret 2010.

  • WordPress MU (multi user) yang kini dipakai di WordPress.com, DagDigDug.com, Blogdetik.com, Kompasiana.com, akan melebur menjadi WordPress 3.0. Saat instalasi, pengguna akan bisa memilih untuk menset blognya sebagai multi user atau single user. Ini artinya plugin seperti BuddyPress (jejaring sosial untuk WordPress MU) pun akan bisa dipakai di WordPress 3.0.
  • Kalau selama ini post_type hanya dikenal 3: posts, pages, dan attachments, maka di WordPress 3.0, pengembang bisa membuat sendiri dengan lebih fleksibel. Mengingatkan akan node type di Drupal sebetulnya.
  • Akan ada manajemen menu yang lebih mudah, dengan drag and drop (seperti pengaturan widget di WordPress sekarang). Pengembang bisa mengatur urutan menu dan penamaan menu melalui admin. Mengingatkan lagi akan menus di Drupal.
  • Theme standarnya bukan lagi Kubrick (akhirnya), yang juga sudah mengakomodasi fungsi menu di atas.

WORDCAMP INDONESIA

Beau juga bercerita tentang perkembangan lainnya, seperti pengembangan WordPress untuk iPhone dan BlackBerry. Cek juga situs ini untuk melihat perkembangan di dunia WordPress. dan lebih teknis lagi di sini.

Cek juga GlotPress untuk ikut berpartisipasi dalam proses translasi bahasa. Dalam waktu dekat beberapa plugin akan ikut pula dimasukkan di sini, agar komunitas pengguna WordPress bisa ikut membantu menyadur penerjemahannya. Selain itu ada pula BackPress yang berisikan PHP library yang dipakai WordPress. Pengembang bebas mengunduh dan mengadaptasinya menjadi aplikasi baru.

Ada pula aplikasi forum bbPress yang tentunya dengan mudah bisa dipakai sebagai plugin untuk WordPress. Saat ini juga sedang dikembangkan Code Poet yang akan menjadi sentra daftar pengembang berbayar WordPress (misal untuk instalasi, modifikasi, dll) di seluruh dunia. Sudah, klik saja semua tautan di atas ya!

Saat makan siang sempat ngobrol sejenak dengan Beau. Ia kaget juga sewaktu mendegar populasi pengguna Facebook dan Twitter di Indonesia. Ia sempat tanya-tanya apa yang membuat pengguna di Indonesia bisa sampai sebanyak itu. Beau sempat ditanya pula, apa rencana Automattic kalau nanti semua blogger punya jejaring sosialnya sendiri gara-gara WordPress 3.0. Meski ini masih dalam tataran konsep, ia bercerita kalau mungkin saja ada satu single login di seluruh jejaring sosial ini. Jadi saat pengguna masuk ke blog lain, ia cukup menggunakan login yang sama untuk ikut bergabung di jejaring sosial yang dibuat blog tersebut. Ia juga bercerita kalau nanti bisa saja akan ada cluster jejaring sosial blog per regional. Misal, ada kelompok jejaring sosial berbasis lokasi Jakarta, Indonesia, dst. Namun itu semua masih di awang-awang. Beau sendiri belum tahu teknis eksekusinya akan seperti apa.

Setelah itu ada beberapa presentasi lainnya, dari Risman Adnan (tentang PHPAzure-nya Microsoft), Idris Khanafi (komunitas MySQL), Harry Sufehmi (tentang manajemen load di server), Hans Zaunere (tentang pengenalan AMP Γ’β‚¬β€œ Apache, MySQL, PHP), Made Wiryana (Universitas Gunadarma), dan Setyagus Sucipto (dari iCreativeLabs yang bercerita tentang modifikasi CMS WordPress).

Terakhir, Beau Lebens kembali bercerita tentang servis komentar buatan Automattic, yakni Intense Debate. Mungkin banyak blogger di sini sudah terbiasa pakai Disqus. Intense Debate memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda sebetulnya, tapi karena baik WordPress maupun Intense Debate dikembangkan oleh Automattic, pastinya dalam tahap pengembangannya, satu sama lain akan lebih saling mendukung.

Kalau ingin lebih lengkap baca cuplikan tentang WordCamp Indonesia silakan cek Twitter sekarang ya.

Update: salindia presentasi Beau Lebens.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

25 komentar »

  • Dito :

    kemarin datang telat, jadi benar-benar kelewatan banyak sesi, terutama sesi tentang wordpress 3.0 πŸ™

  • alyudha :

    gud gud gud
    sayang banget baru minggu depan ke jakartanya Y__Y

  • Ahmad Aminudin :

    Good…. πŸ˜€
    emang mantep WordCampID 2010 πŸ˜€

  • ocha :

    ooohh,, waaaaawww! kemarin ndak bisa dateng… πŸ™

  • Tika We :

    Wow wow, great post!! Unforgetable laaa…

  • raiderhost :

    kemarin ndak cuma telat … nyasar lagi …

    hufh …

    tapi seneng beud πŸ˜€ alhamdulillah …

    mas minta foto fullnya donk yg photo2 terakhir kali itu .. bersama2 perserta

  • Arham Blogpreneur :

    Tampaknya WordPress 3.0 akan menjadi dilemma, dillema persoalan besarnya Bytes yg dibutuhkan

  • si Rusa Bawean :

    hmmmm
    ini mas laporan yg ditunggu2
    πŸ™‚

    tampaknya wordpress kedepan akan sangat jauh di depan yaaa
    πŸ™‚

  • suprie :

    ntah kenapa, gw lebih suka sama yang IMW mengenai Bandung Bondowoso Project

  • dita.gigi :

    berhasil pasang I D nyaa… berapa lama nunggu nya?

  • jauhari :

    Review yang menarik mas.. mantap abis
    My recent post Recent Comment Tanpa Plugin

  • Stephen Langitan :

    thanks infonya.. semakin tau info WP yg terkini.. great!

  • Anggi :

    wow sudah nulis duluan :d nanti akan kita linkback juga bos pitra πŸ˜€
    kita dimasri pada tepar semua hahaha senin πŸ˜›

  • Ihwan :

    Jadi penasaran sama penampakan WP 3.0 πŸ˜€

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » WordCamp Indonesia 2010 -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by anakcerdas and anakcerdas, WordCamp Indonesia. WordCamp Indonesia said: RT @anakcerdas: posting tentang #wordcampID Seperti biasa, nggak lengkap isinya. πŸ™‚ http://bit.ly/9azxVf […]

  • ahmad :

    enak bgt ya, kapan bisa ikut…

  • agus :

    mungkin WP 3.0 akan segera muncul, dah gak sabar nunggu nih…

  • Ssriyono Suke :

    Wah, makin sip saja wordpress ini, makin bisa begini, makin bisa begitu πŸ™‚
    My recent post BNI LIfe Dr Cipto

  • zam.web.id :

    senang rasanya akhirnya bisa ketemu langsung dengan Mas Pitra (anakcerdas)
    My recent post Di Belakang Layar: AppCloud (WordPress eCommerce Theme) oleh iCreativeLabs

  • Collection of IT :

    wAH aku malah gak ikut je…hahahaha kabar-kabari yah kalo ada lagi hehe

  • Collection of IT :

    matur nuwun informasinya

  • maydina :

    hiks gak datang…padahal pengen ;(

  • ceszienation » sedikit catatan tentang WordCamp Indonesia 2010 :

    […] betanya akan dipublikasikan 1 Maret 2010. Berikut point-point pentingnya : Source : Media Ide Banyak pembicara dan peserta hebat yang datang disini, mulai dari Microsoft Indonesia, MySQL […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge