Home » Online Branding

Penipuan Informasi Melalui Facebook

4 February 2010 6,735 views 13 komentar

Sudah lihat berita detikInet ini? Baca dulu deh. Setelah itu lalu buka Facebook Groups ini. Yang terjadi di sini adalah penipuan informasi yang mengatasnamakan brand Coca-Cola dan Sony. Loh, tahu dari mana ini penipuan?

Pertama, cek email informasi yang menggunakan alamat cocacolacenter@biz.net. Untuk sebuah program kampanye, brand besar seperti Coca-Cola kecil kemungkinannya menggunakan email yang bukan berasal dari nama domain brand atau domain program kampanyenya.

Kedua, penulisan Coca-Cola salah. Seharusnya ada tanda strip tengah (-) di antara Coca dan Cola. Seorang pemilik brand pun tidak akan ingin logo Coca-Cola dimainkan seenak perut seperti yang ditampilkan di gambar kiri atas Facebook Groups ini. Desain yang ditampilkan pun tidak mencerminkan brand Coca-Cola.

Ketiga, miskinnya aktivitas di wall, sesuatu hal yang aneh kalau brand seperti Coca-Cola tidak melakukan proses engagement sama sekali terhadap para fans-nya yang kini sudah berjumlah 8.500 lebih.
cocacolasony

Ah, kalaupun penipuan pasti ini cuma kerjaan orang iseng. Toh setiap orang boleh bergabung dan keluar dari Facebook Groups ini dengan mudah. Tidak ada pihak yang dirugikan. Benarkah?

Saat sebuah kegiatan mengatasnamakan sebuah lembaga atau merk dan memberikan informasi yang palsu, jelaslah pasti merugikan. Konsumen lembaga atau merk tersebut dirugikan karena kepalsuan informasi. Nama baik lembaga atau merk itu juga akan ikut jatuh kalau para peserta yang ikut dalam kegiatan ini merasa dirugikan oleh “Coca-Cola” dan “Sony,” padahal kedua lembaga atau merk ini tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan kegiatan ini.

Yang lebih membingungkan sebenarnya adalah, apa motivasi pembuat Facebook Groups ini? Jelas si pembuat tidak mendapat untung apa-apa dari sini. Kecuali ya, sekedar mendapat poin dari banyaknya orang yang mengunduh file-file yang ia unggah di Ziddu. Rasanya tidak sebanding deh antara keuntungan nilai poin yang bisa ia dapat dan resiko yang harus ia hadapi kalau ia dituntut pemilik brand yang bersangkutan.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

13 komentar »

  • wongiseng :

    Orang iseng lagi yang salah 🙁 Bukan saya itu 😛
    My recent post Deklarasi Nas ? Dem!

  • Blog Ijo :

    bisa dikategorikan pembohongan publik ga nih tuh yang bikin akun?

  • mawi wijna :

    kalau topiknya "bagi-bagi uang", wah…sepertinya sudah tercium bau penipuannya 😀
    My recent post Candi Pringapus

  • mawi wijna :

    kalau topiknya "bagi-bagi uang", sepertinya erat banget dengan penipuan yah? 😀
    My recent post Candi Pringapus

  • Veri :

    masih amatiran kali penipu nya ya mas…:))

    tapi patut ditunggu reaksi Coca-cola & Sony dalam menanggapi masalah ini..

  • -GoenRock- :

    Huahahahah! Olahan grafis buat foto profilnya aja awut2an gitu

  • goen :

    Lho, komentar saya tadi ilang? Lha itu olahan grafis buat profile pic-nya aja awut2an gitu, kok ya bisa ketepu hihihii…

  • Tomy Meilando :

    Pas saya kunjungi udah nyampe 10 ribu member tuh, buset !
    ia, aktivitas di wallnya sepi.

  • Lendra Bayu :

    sebenernya kalo facebooker-nya teliti pasti bakal ngerasa ada yang janggal. Dari dulu group di facebook yang ‘mewajibkan member get member’ pasti gak beres 😐

    ciri lain: gambarnya engga banget, dan yang paling penting: email yg dicantumin bukan email korporat.

  • Nontoono :

    aku tidak terlalu percaya setiap akun, group maupun page di facebook

    karena semua orang bisa membuatnya dengan sangat mudah

  • mrprab :

    daf nyampe ribuan gitu menurut saya sih tidak amatiran….orang adu peruntungan disaat seperti ini wajar..jadi bagi anda yang tahu itu salah sebaiknya beri info …kayak gini juga dah bagus tapi itu semua hak orang….kalau mau terima resiko jalur hukum.

  • Iswahyudi Hanafiah :

    semakin marak saja penipuan di Facebook

  • setiyo :

    Di jaman seperti skr ini, dimana utnuk mendapatkan sesuatu sangat sulit…impian utk mendapatkan berlimpah uang dgn cara yg gampang, sangat diburu orang..(termasuk saya juga sih..xixixixixi)

    sebenarnya sama nggak yg beginian (facebook group) dgn ponzy scheme di bisnis online…? soalnya kan jg sama-sama MGM…:)

    yg pasti nikmati ajalah..sambil memilah & memilih yg sesuai dengan keinginan kita…

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge