Home » Online Branding

Mengunduh Lagu Legal Melalui LangitMusik.com

6 February 2010 12,803 views 21 komentar

Sekitar 2 minggu lalu, ranah Twitter penuh dengan hashtag #2010newday tanpa orang tahu apa sih maksudnya. Ternyata hashtag ini untuk mempromosikan peluncuran portal LangitMusik.com di tanggal 20 Januari 2010 kemarin. Seperti namanya, acaranya ya acara konser musik, diadakan di SCBD Jakarta. Untuk bisa masuk ke acara ini, tim LangitMusik.com melakukan pengundian email pendaftar di Facebook Page 2010NewDay. Hebatnya, tidak ada sama sekali promo gaya tradisional seperti iklan radio atau poster di sini. Informasi murni didapat melalui Facebook dan Twitter.

Dengan modal promosi daring saja yang datang sudah membludak. Dua panggung penuh dengan pengunjung yang menyaksikan artis-artis label yang sudah bekerja sama dengan LangitMusik.com. Lalu apa sih sebenarnya LangitMusik.com? Apakah cuma sekedar portal informasi musik?

Kebetulan LangitMusik.com juga ikut berbagi di perhelatan FreSh hari Kamis kemarin. Yang membawakan presentasinya Endra Diputra (Digital Music Specialist) dan Deni Abidin (GM Mechant Acquisition & Partnership T-Cash). Presentasi Endra bisa dilihat di salindia berikut ini. Atau bisa pula diunduh di tautan ini.

Intinya, LangitMusik.com merupakan cara alternatif baru untuk kita berbelanja lagu. Harga per lagunya cukup murah, Rp.5.000,00 kalau dibeli full track atau Rp.3.000,00 kalau disewa (berlaku selama 30 hari). Untuk menghindari lagu dari pembajakan, pengguna harus memasukkan nomor lisensinya, karena setiap lagu mengandung DRM (digital rights management), sehingga pengguna tidak bisa menduplikasikan dan mendistribusikannya ulang. Seperti kita ketahui, pembajakan lagu masih marak di negeri ini. Potensi pasar yang hilang akibat pembajakan musik bisa dilihat di salindia di atas.

Yang menarik, alternatif metode pembayaran lagunya sangat bervariatif. Dengan mengunduhnya via komputer, SMS, UMB, WAP, atau bisa juga menggunakan T-Cash dari Telkomsel. Hanya perlu diperhatikan, tidak semua telpon genggam mendukung fitur DRM. Kebanyakan telpon genggam berstandar OMA 1.0 bisa. Sayangnya format DRM ini belum didukung oleh BlackBerry dan iPhone, sehingga lagu-lagu ini tidak bisa diputar di telpon itu. Lebih lengkap tentang hal ini bisa dibaca saja di FAQ-nya.

langitmusik

Tantangan yang dihadapi LangitMusik.com dalam menghadapi kultur pendengar musik (bukan penikmat musik ya) di Indonesia memang berat. LangitMusik.com beserta jajaran penjual musik daring lainnya perlu banyak mengedukasi konsumennya. Membiasakan konsumennya untuk mengunduh lagu legal, dan menjauhi situs-situs seperti Rapidshare untuk mengunduh lagu-lagu bajakan. Kendala standar DRM yang belum diakomodir BlackBerry dan iPhone juga menjadi masalah, padahal BlackBerry sudah lumrah dipakai oleh kalangan target LangitMusik.com sendiri.

Saat ini transaksi melalui portal LangitMusik.com memang sudah bisa dilakukan. Tentu saja, karena LangitMusik.com adalah salah satu produk Telkomsel, yang bisa mengunduh lagu-lagu di portal ini hanyalah mereka pengguna Telkomsel saja. Nggak apa-apalah, banyak voucher yang murah kan? Penjualnya pun gampang dicari. Jauh lebih memudahkan daripada Anda harus pergi ke mal dan beli album CD di sana. Dengan cara ini pun, Anda bisa membeli lagu secara ketengan. Nggak terpaksa mendengarkan lagu yang tidak Anda suka di album tersebut.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

21 komentar »

  • hedi :

    LM patut diapresiasi, aku skrg bisa punya lagu berformat digital. Selama ini ga pernah, hanya mendengarkan (tidak mendownload) via aneka blog. Aku anti membajak produk dalam negeri πŸ˜€

  • Blog Ijo :

    wah langkah bagus nih dalam industri musik, tapi kalo soal pembajakan kayanya masih berlaku istilah 'Maling masih lebih pinter'

  • Romi :

    Kayaknya server webnya menderita bug ini: http://bit.ly/5g9g9V

    -komplainsalahalamat-

  • Nontoono :

    wahhhh

    Alhamdulillah dengan adanya seperti ini akan mengurangi pembajakan

    begusss

  • Arham blogpreneur :

    Masalah lama sih… "pendengar vs penikmat"

    jadi berpikir, apa ngak sebaiknya langit musik mencari referensi dari buku "Free", trutama ngeliat banyaknya pendengar di ranah yang justru menjadi ladang sang LM.

    btw kok ngak pakai IntenseDebate lagi pit?

  • geblek :

    makasih infonya mas, segera ke tkp

  • Brillie :

    Sedikit rumit sich.. tapi dicoba dulu aja

  • Adham Somantrie :

    jadi, itu tracks ga bisa diputer di iPod/iTunes?

  • podelz :

    semoga dengan adanya ini musik indonesia terus majuu

  • podelz :

    kok ilang komengku… ini di moderasi ya??

  • haryo :

    diharapkan bisa diikuti oleh perusahaan penyedia konten sejenisnya agar pembajakan musik dapat ditekan sedemikian rupa. Salut buat tim langitmusik.com

  • Dita Firdiana :

    uuhh… belom bisa pake BB… *lanjut donlot pake Nokia N95*

  • roded :

    mirip business modelnya itunes ya? hmmm….

  • Widhi Asmoro :

    akhirnya Indonesia punya legal music store!

    salut buat Telkomsel!

  • ernidw :

    thx infonya keren, semoga mengurangi bahkan menghapus hobi membajak

  • ernidw :

    semoga mampu menggeser budaya membajak lagu2 dalam negeri πŸ˜€

  • Musik yang mahal ituh.. :

    […] hanya untuk para pengguna Telkomsel. Dan alat untuk mengunduh lagu di langitmusik terbatas, seperti kata Kang Pitra. Yang menarik, alternatif metode pembayaran lagunya sangat bervariatif. Dengan mengunduhnya via […]

  • turisuna :

    Keren juga idenya, mempermudah konsumen dapetin lagu favorit, di sisi lain juga menguntungkan si empunya lagu, well win win solution, coba aaah, makasih infonya πŸ™‚

  • mp3 hunter :

    realita saja lah, nggak usah idealis. mana ada sih yang nolak barang gratisan.

    nggak usah sok suci nolak bajakan.

  • painem :

    Sepertinya iklan di tipib tipi juga sudah mulai gencar…!

    Mending intip duyu…

  • bagoez :

    nanti sya akan promosikan lagu kami dsini,,,moga ajja bs dinikmati oleh semua kalangan,,,,

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge