Home » Creative Works

Kota Kreatif Jakarta Punya

13 March 2010 8,169 views 18 komentar

kotatuaSabtu malam ini mudah-mudahan benar menjadi tonggak dibenahinya Kotatua (entah kenapa ya ejaannya disambung) Jakarta agar menjadi andalan wisata kota Jakarta. Di Indonesia tidak banyak lokasi heritage seperti ini, yang masih terkumpul dalam satu lokasi kalau nggak salah hanya Jakarta, Bandung, dan Semarang. Sayangnya, perhatiannya dari dulu setengah-setengah. Perbaikan pedestrian, penataan Kali Besar, pemugaran bangunan bersejarah, antara iya dan tidak.

Harapannya apa yang diucapkan Gubernur Jakarta malam ini bukan sekedar lip service. Kota Jakarta butuh heritage yang bisa dibanggakan ke wisatawan luar. Sesuatu yang membuat warganya pun ikut bangga dan merasa ikut memiliki. Memang sih perubahan fungsi Taman Fatahillah sebagai ruang publik sudah cukup lama terasa. Kalau dulu tidak ada aktivitas, sekarang kalau datang ke sana pada hari sabtu dan minggu, selalu terlihat ramai. Dari sekedar pelancong, hingga beragam kegiatan kreatif bermunculan. Nggak jarang ada klub drama atau fotografi yang memanfaatkan Taman Fatahillah untuk ajang berkreasinya. Meski sayangnya, masih suka terlihat sampah di sana sini. Kebiasaan orang kita untuk tidak asal membuang sampah sepertinya susah banget ya hilangnya.

Malam ini juga disajikan pertunjukan video mapping di fasade Museum Fatahillah. Tiga proyektor yang tersinkronsisasi menembakkan tampilannya ke fasade. Sebelumnya sudah dilakukan mapping sehingga gambar yang ditampilkan akan mengikuti lekukan pintu, jendela dan beragam bentukan tampak depan Museum Fatahillah. Videonya sendiri bercerita tentang perjalanan kotatua Jakarta. Saat 13 Maret 1213 kota ini hanya memiliki luas 350 m2, 1 mal, dan 840 penduduk, hingga saat ini 13 Maret 2010 kota ini sudah melebar hingga 66.152.000 m2, 130 mal, dan 8.523.000 penduduk. Video juga bercerita tentang ikhtiar membuat kota Jakarta menjadi kota yang sarat dengan ruang kreatif. Runtutan gambar video bisa dilihat di salindia berikut ini.

Lalu, selanjutnya sebagai orang yang merasa dirinya kreatif, apa yang perlu kita lakukan untuk membuat ruang-ruang publik di Jakarta ini menjadi lebih nyaman dan memicu kreativitas? Haha, jangan sampai kalah ah dengan kota Bandung dan Jogja. πŸ˜€

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

18 komentar »

  • ocha :

    kapan yhaaaa Kotalama di Semarang bisa dibenerin dan jadi rapih seperti Kotatua Jakarta? :-s

  • maydina :

    ada videonya gak?..sebab tadi nggak sempat ke sana >_<

  • mawi wijna :

    Budaya,…Jakarta kurang menonjol budayanya…coba budaya Betawi lebih diekspos dan dipadankan dengan Taman Fatahillah…pasti bakal berbeda…

  • arrashia andinis :

    luar biasa…bravo…amazing, wonderful…

    semoga akan terus berlanjut menuju next step yang lebih fantastis..

    dan bisa dinikmati oleh publik yang banyak…

    "ayo hidupkan Jakarta, kota kreatif Jakarta punya"

  • Arham Blogpreneur :

    Langkah awal coba dibudayakan bersepeda eh diwajibkan deh. Dengan bgtu perlahan udara jadi ngak kotor, jadi banyak yg demen nongkrong di kotatua.

    Next, jam ngantor itu lho sebaiknya jam 9 ajah. Kalo perlu diharuskan punya virtual office

  • venus :

    nyesel gak ke sana πŸ™

  • Eri :

    Menarik… set plan to visit ahh.. πŸ™‚

  • fads :

    pitra foto2nya bagus bgt..gw jg kesana malam itu..kok ga ketemu ya..hehe

  • BeBe :

    another good step buat pariwisata indo. moga2 ditiru juga di kota lain, termasuk Surabaya hehe.. Setidaknya ini 1 langkah nyata yg bisa terealisasi. anyway, salam kenal! keep blogging! πŸ™‚

  • BeBe :

    btw, fotonya bagus2, cuma sekali itu aja apa dibikin rutin ya pertunjukan itu?

  • uberVU - social comments :

    Social comments and analytics for this post…

    This post was mentioned on Twitter by anakcerdas: new post: Kota Kreatif Jakarta Punya + slideshow video mapping tadi di kotatua http://bit.ly/c18NYI

  • titiw :

    Pit.. aku minjem fotomu ini ditaro di indonesiakreatif.net ya.. πŸ˜€ THX..

  • Ssriyono Suke :

    Wah begitu ya, Semarang makin jauh ketinggalan ya berarti, hiks…

  • Lutuna Jakarta :

    Jakarta sekarang nggak kalah sama jogja, bali dan bandung. Jakarta punya "Lutuna-Jakarta" kaos khas Jakarta

  • handout :

    terima kasih banyak atas informasinya,

    moga sukses selalu.

  • rodes :

    kota jakarta yg indah…..
    My recent post Makalah Metopen

  • Melihat Pemanfaatan Teknologi untuk Komunikasi Brand Tahun 2010 | Marketeers :

    […] bisa dilihat di peluncurannya di Jakarta. Video mapping yang lebih heboh bisa dilihat pula di Kota Tua, saat proyeksi video ditembakkan di atas fasade Museum Fatahillah. Bentuk lebih sederhana, meski […]

  • porno :

    terima kasih banyak atas informasinya,

    moga sukses selalu.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge