Home » Online Communities

Menjadi Seseorang yang Populer di Twitter

22 April 2010 9,747 views 16 komentar

avatar sketch_menjadiorangtopMestinya kurang pantas penulis blog ini bicara tentang hal ini, karena ia bukanlah orang yang populer d Twitter (hehe, setidaknya kalau dibandingkan dengan @ndorokakung ya). Namun berbulan-bulan di Twitter, ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan kalau kita ingin menjadi seseorang yang populer di ranah mikroblog ini. Caranya bisa macam-macam dari positif hingga negatif.

1. Menjadi seorang selebriti dulu di dunia nyata, baru masuk ke Twitter.

Ini sih jelas. Kemanapun si selebriti pergi, para penggemar akan selalu mengintilinya. Selebriti ini tidak hanya artis ya. Bisa jadi ia seorang penulis buku, seorang motivator, seorang pembawa acara televisi, seorang politisi, hingga seorang juru cicip masakan. Siapa sih yang nggak ingin mencoba kenal dekat dengan seorang yang populer? Twitter memang bisa membantu itu. Setidaknya kita bisa tahu berita tentang si selebriti jauh lebih dulu dan lebih berfakta daripada saat kita melihatnya di acara gosip di televisi.

2. Menjadi seseorang yang mengesalkan.

Alkisah pernah ada seorang anak ABG yang mengatai-ngatai kalau pengguna BlackBerry adalah alay. Nggak penting sih sebetulnya, tapi karena perkataan itu di-retweet dan terus di-retweet, ternyata banyak pihak yang tersinggung. Dalam sekejap si anak tersebut mendapatkan follower dalam jumlah banyak. Tujuannya? Ya untuk memantau setiap perkataan si anak itu. Apalagi saat setiap pernyataan protes dari pengguna lainnya ditampik pedas olehnya. Ia memang populer dalam sekejap, tapi dalam sekejap itu pun citra dirinya rusak. Ia pun sulit untuk membangun pertemanan lagi dengan pengguna Twitter lainnya.

3. Menjadi seseorang yang pelupa.

Lupa minta maaf maksudnya. Akuilah kalau kita kan memang manusia. Pasti punya banyak salah, termasuk salah berucap di Twitter. Seseorang bisa bertambah populer loh di Twitter, tapi bertambah populer tidak berarti bertambah follower ya. Orang itu digunjingkan karena salah dalam perkataannya. Karena isu beredar cepat di Twitter, siapkan mental untuk meminta maaf. Memang ada beberapa orang yang sulit dari hatinya untuk berucap maaf. Padahal ya, pada dasarnya warga Twitter itu pemaaf. Saat yang berbuat salah berkali-kali meminta maaf, lama kelamaan, ia akan mudah dimaafkan oleh warga Twitter lainnya. Hehe, tapi ya jangan lantas kabur setelah berbuat salah, apalagi langsung menghapus akunnya, seperti yang pernah dilakukan seorang motivator terkenal d Twitter.

4. Menjadi seseorang yang ahli.

Nah ini salah satu cara membangun popularitas dengan cara positif. Saat seorang yang dianggap ahli di bidangnya, dan secara rutin ia menulis tweet yang relevan dengan bidang yang dikuasainya, para pengguna yang tertarik dengan bidang itu akan dengan mudah menjadi follower-nya. Apalagi kalau ia memanfaatkan Twitter untuk membangun tanya jawab seputar hal yang dikuasainya. Saat perhelatan tanya jawab berlangsung, dijamin deh jumlah follower akan meningkat pesat.

5. Menjadi seseorang yang suka berteman.

Sudah bukan selebriti, nggak punya keahlian yang tinggi pula, lantas bagaimana caranya menjadi populer? Cara yang mudah (meski memakan waktu lebih lama), adalah dengan menjadi seorang teman yang baik. Rajin mengamati percakapan, lalu mencoba menimbrung dengan ikut membantu menjawab kalau ada yang bertanya. Rajin membagikan sesuatu yang bermanfaat atau lucu, dari sekedar tips motivasi hingga rayuan gombal. Dengan ikut aktif menyumbangkan sesuatu, dibandingkan sekedar membaca pasif tweet semua teman kita. Apapun yang sanggup kita bagi, meskipun itu mungkin kecil, pasti ada manfaatnya bagi orang lain.

Gambar: ikut tren yang dibuat oleh @deon di Twitter #avatarsketch (ini juga salah satu cara untuk membangun popularitas, dengan membuatkan avatar gratis dengan gaya serupa).

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

16 komentar »

  • -goenrock- :

    Ah, saya sih cuma jadi orang yang baik hati, ramah, rajin menabung dan suka menolong. *kejengkang asoy*

  • uberVU - social comments :

    Social comments and analytics for this post…

    This post was mentioned on Twitter by anakcerdas: new post: Menjadi Seseorang yang Populer di Twitter http://bit.ly/dhMUTK *thumb gambarnya pakai #avatarsketch *…

  • venus :

    aku jadi aku aja deh, pit :p

  • zam.web.id :

    waktu baca tulisan ini saya berharap tau lebih panjang cerita bagaimana awal mula trending #avatarsketch

    meski ternyata di ulas sedikit di paragraf akhir, tapi saya jadi tau ternyata pertama yang buat #avatarsketch itu @deon πŸ˜€ mantab! thanks for sharing

  • yons :

    tulisan menarik bos. aye cerna satu-satu dulu πŸ™‚

  • itikkecil :

    saya memilih jadi follower pasif aja deh…

  • Dewa Bantal :

    Kalau cewek berwajah cantik, imut, dan baik hati biasanya ga perlu susah-susah pasti sudah langsung populer kok πŸ™‚

    Apalagi kalo single… dapet bonus 38% hihihi (apa seh)

  • ngupingers :

    mantap mas pit

  • Arham :

    Jadi inget kasus anak sekolah swasta vs negri yah.

    Btw Kok Pitra ngak berani sebut nama? wkwkwkwk

  • rusabawean :

    keknya aq masuk kategori nomer 5 deh.

    susah banget jadi populer di twitter @rusabawean

    hehe.

  • Dheny Gnasher :

    Wah saya setuju yang nomor 5 hehehe

  • Berlomba-lomba Menjadi Viral Campaign :

    […] Contohlah @deon yang membuat #avatarsketch. Berapa uang yang didapat? 0. Did it go viral? Hell yea. (Dikutip dari Media Ide) […]

  • ulan :

    kayak nya saya ndak mungkin terkenal kalo gitu πŸ˜›

  • iceteamaniezt :

    wihiii…artikel ini ni yang kucari..kebetulan lagi membangun akun twitter agar lebih dikenal, karena aku bukan kalangan orang terkenal, so berusaha sharing via my tweets… coz sharing is caring πŸ™‚

  • Menjadi Seseorang yang Populer di Twitter | Marketeers :

    […] ini juga bisa ditemukan di blog penulis: Menjadi Seseorang yang Populer di Twitter VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

  • bagus :

    Saya, orangnya pelupa jadi. Minta maaf dulu ah……….
    bagus baru saja menulis..Undang-undang Jilbab di Sulawesi Selatan

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge