Home » Creative Works

Logorama

4 May 2010 8,069 views 7 komentar

Film animasi 16 menit berjudul Logorama ini ditulis dan disutradarai oleh H5 ( François Alaux, Hervé de Crécy dan Ludovic Houplain), dan diproduseri oleh Autour de Minuit. Nuansa film animasi ini penuh dengan logo dan maskot banyak brand. Katanya sih jumlah total logo dan maskot yang muncul mencapai lebih dari 2.500 buah. Film animasi ini mendapat penghargaan Prix Kodak di Cannes Film Festival 2009 dan meraih penghargaan di Academy Award ke-82 untuk Best Animated Short Film.

logorama2

Sebenarnya kalau melihat isi cerita filmnya, tidak ada pesan bermanfaat. Ceritanya pun tidak terlalu jelas, dimulai dari perampokan hingga berakhir dengan bencana alam yang menelan bumi. Dialog para pemainnnya pun bisa dibilang kasar (tidak cocok ditonton anak di bawah umur). Yang menarik memang dari sisi desain dan penempatan logonya yang secara kreatif membuat lansekap kota menjadi terasa hidup, ramai, dan padat.

Tokoh-tokoh dalam film ini mengambil maskot-maskot brand populer, seperti Ronald McDonald sebagai penjahat, dan dua orang Micheline Man sebagai polisi yang mengejar-ngejar mereka. Ada pula Esso Girl sebagai pelayan, 2 rasa Pringles sebagai tamu kafe, Colonel Sanders sebagai pelayan restoran pramusaji KFC, Big Boy dan Haribo sebagai 2 orang anak badung, dan banyak lagi lainnya. Daftar semua logo dan maskot yang berhasil tercatat bisa dilihat di tautan ini.

Filmnya bisa dilihat di YouTube, terbagi dalam 2 bagian. Cek videonya di bawah ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • aura keyboard :

    Lihat dulu, sambil belajar animasi!

  • rusabawean :

    tapi unik juga ya

    beruntung merek yg masuk dalam film ini. apalagi sebegai tokoh utama

    🙂

  • Arham blogpreneur :

    Baru kali ini semua brand akur.. Pitra sempet sempetnya ketemu nih. oia, ada brand sejenis ngak misalnya Ronald dan Colonel Sanders gtuh?

  • kunderemp :

    Gak ada Es Teler 77, California Fried Chicken, Izzi Pizza dan hmm.. apa lagi yah?

  • Andre :

    Sebelumnya salam kenal buat Pitra 🙂

    Sekedar menambahkan, versi utuh film ini juga bisa dilihat di sini:
    http://bit.ly/cDXgWL
    Filmnya sendiri memang sangat inovatif. Tapi jadi penasaran, apa komentar perusahaan2 yang brand-nya dipakai di film ini ya?

  • Emily :

    tapi unik juga ya
    beruntung merek yg masuk dalam film ini. apalagi sebegai tokoh utama
    🙂

  • irawan :

    Hebat, kapan sineas kita bisa berlaga di pentas luar!

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge