Home » Online Branding

Seperti Apa Sih Karakter Anda di Dunia Maya?

16 May 2010 7,943 views 28 komentar

statusupdateAnda pasti punya akun Facebook. Kemungkinan besar kalau Anda membaca blog ini, Anda juga punya akun Twitter. Beberapa dari Anda punya blog atau situs sendiri. Kalau Anda tidak punya blog, setidaknya Anda pasti aktif di forum Kaskus. Saat Anda aktif di setiap social media tersebut, tanpa sadar Anda memindahkan sebagian jati diri Anda ke ranah daring.

Setiap rangkaian kata yang Anda tweet secara tidak langsung menunjukkan ketertarikan Anda akan suatu topik. Paling sederhananya, kejadian di Jumat malam kemarin saat kemacetan melanda Jakarta pasca hujan. Seseorang dengan karakter yang tidak sabar akan mengumpat di Twitter tentang kemacetan yang dihadapinya. Twitter menjadi pelampiasan kekesalan, daripada ia meledak sendirian di dalam mobil. Ada lagi yang tidak melihat kemacetan sebagai sumber kekesalan, tapi malah melihatnya dari sisi positif. Ia jadi lebih banyak men-tweet dan menyampaikan kata-kata inspiratif. Setiap tweet baik negatif atau positif membangun persepsi para pembacanya.

Setiap turahan tweet atau status update di Facebook merefleksikan karakter seseorang. Kita sebagai teman yang melihatnya langsung mempersepsikan karakter orang itu di benak kita. Kita membayangkan karakter seseorang itu pintar, kritis, gaul, kreatif, dari ungkapan status update-nya. Kita juga membayangkan karakter seseorang itu pemarah, sombong, bodoh, jorok, juga dari ungkapan status update-nya. Pencitraan seseorang di benak kita ini yang bahasa gaulnya dikenal dengan sebutan personal branding.

Di ranah daring, seseorang dikenal oleh setiap tulisannya. Kalau sekarang setiap tulisan Anda selalu berisi keluh kesah, maka personal branding yang Anda ciptakan di mata orang lain adalah Anda orang yang suka mengeluh dan protes. Kalau saat ini Anda adalah seorang ibu yang suka menulis topik tentang si kecil di blog Anda, maka personal branding yang Anda ciptakan adalah kepedulian seorang ibu akan keluarganya. Kalau Anda suka berbagi info seputar finansial, maka Anda menciptakan personal branding kalau Anda memang ahlinya di bidang itu.

Pada dasarnya semua orang ingin tampak terlihat baik di mata teman-temannya. Namun perlu diingat, kesan baik itu hanya muncul kalau segala tindak dan perilakunya pun baik. Setiap tweet atau status update atau tulisan di blog perlu kita isi dengan konten positif dan bermanfaat. Kalau Anda ingin dicitrakan sebagai seorang ahli social media, maka seringlah menulis dan berbagi tentang social media. Kalau Anda ingin dicitrakan sebagai seorang fashionista sejati, maka isilah blog Anda dengan ulasan fesyen terkini. Apapun yang Anda tulis merefleksikan personal branding Anda.

Sekarang, ada sedikit pertanyaan nih.

  1. Coba sebutkan blog yang Anda paling favoritkan, dan apa persepsi Anda tentang penulis blognya?
  2. Coba sebutkan salah satu pengguna Twitter atau Facebook, dan karakter seperti apa yang Anda bayangkan saat membaca status update-nya?

Tulisan ini juga bisa ditemukan di blog Acer ID.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

28 komentar »

  • Fendiv :

    ternyata saya berkarakter melankolik

  • gooo blog :

    Naiz info gan…

    tapi ada juga lho, yang aslinya pendiam, tapi di FB dia tuh seolah2 cerewet banget….

  • Anak Hujan :

    Bener banget tuh…

  • camera :

    bener tuh…

    kebanyakan orang sekarang melampiaskan segala sesuatu lewat fb atau gk twitter…ya sejenis itu lah…

  • camera :

    hmm…bener tuh yang di omongin…

    internet jadi tempat pelampiasan….

  • Nad :

    Aku ingin dicitrakan sebagai apa ya?

  • Arham :

    Langsung jawab aja nih ya πŸ˜€

    1. Coba sebutkan blog yang Anda paling favoritkan, dan apa persepsi Anda tentang penulis blognya?

    Dari dulu sampe sekarang top list masih cosaaranda.com. Berhubung dah kermu langsung juga, mas cosa orangnya santai bahkan setelah melihat sosok aslinya persis mirip tulisannya: santai mengalir penuh dengan action dan treasure.

    Yang berikutnya ya blog sendiri tentang social media dan Online Marketing, kalau ngak ada yg suka siapa lagi yang mau nyukain road-entrepreneur.com kalau bukan diri sendiri.

    2. Coba sebutkan salah satu pengguna Twitter atau Facebook, dan karakter seperti apa yang Anda bayangkan saat membaca status update-nya?

    Mas Aidil akbar, ia seorang financial planner tapi isinya natural banget ngak melulu soal accounting lebih manusiawi jadi berasa bener2 ngobrol sama orangnya. Bukan sama script.

  • jamesaldo31 blo9 :

    nice article…

    very freshh…

  • rusabawean :

    presepsi saya:

    ternyata artis2 dan orang2 bahkan blogger2 terkenal itu sombong yaaa

    abis saya mention tapi gak pernah dibales. hehe

    kalo blog saya suka rusabawean.com

    kalo twitter saya suka @rusabawean. hehe

  • si Paijah :

    benar, sadar/tidak kita sudah membuat identitas maya kita dengan status dan komentar kita,saya suka baca tulisannya paman tyo orangnya simple dan lucu, namun tetap berbobot dalam menanggapi sesuatu (jelas), kalo statusnya mbk jenny jusuf masih selalu menginspirasi saya

  • Giga :

    1. Coba sebutkan blog yang Anda paling favoritkan, dan apa persepsi Anda tentang penulis blognya?Dari dulu sampe sekarang top list masih cosaaranda.com. Berhubung dah kermu langsung juga, mas cosa orangnya santai bahkan setelah melihat sosok aslinya persis mirip tulisannya: santai mengalir penuh dengan action dan treasure.
    +1

  • mwiu :

    kepribadian saya mungkin kompleks..dari nulis puisi, ngeluh, memberi kata inpiratif, update pilem sampe sekedar iseng nulis status biar ada yang coment he..he..he..

  • mwiu :

    kepribadianku berarti kompleks tuh

  • acongsb :

    Wah sebelum melihat orang lain saya coba membaca diri sendiri dulu

    Gw hem aku rasa mengalir giu aja coba aja baca blognya http://www.acongsb.blogspot.com/ atau bisa link fb ama twitnya

    Cheers Blogers

  • intan :

    saya orangnya pendiem.

    jadi kalo di akun, bawaan diem mulu.

    pas buat status selalu nulis. "…"

    namanya juga pendiem. πŸ˜€

  • megalibraryonline :

    wah kepribadianku apa yah,,,,

    kunjungi yah
    http://megalibraryonline.com

  • Esha Putra :

    hahahaha, penelitian yang oke punya nih soal karakteristik sosialita di dunia maya…

    great post!!

    need IT??
    http://www.linovtech.com

  • donyabisnis.blogspot.com | mixed.uni.cc :

    […] Media Ide » Blog Archive » Seperti Apa Sih Karakter Anda di Dunia Maya? […]

  • bukik :

    Blog yang paling saya suka dari 5 tahun terakhir adalah http://www.inspiritinc.com/

    Ide-ide segar

    ide-ide beda

    penuh imajinasi

  • irawan :

    Wah seperti apa ya, jadi penasaran.

  • ikilobo :

    hahaha, yang jelas gak telalu buka2an kalo di dunia maya…

    πŸ˜€

    nice post

  • VibaHolic :

    Kalau karakter saya seperti apa ya??

    silahkan mampir…

    http://vibaholic.blogspot.com/

  • dodi ichwana :

    Karakter saya.. Jd penasaran..

  • maRio :

    wah sangat inspiratif banget nie bro….harus berhati-hati juga kalo mo updated status ntr bisa-bisa dipersepsikan negatif πŸ˜€

    kalo blog yang saya suka http://www.yamaha-friends.com/ isinya mengenai dunia otomotif Yamaha, penulisnya ada beberapa orang disitu isinya juga inspiratif banget…

    klo facebook dan twitter jarang eksis sih hehehe

  • arieff :

    bener tuh…

    kebanyakan orang sekarang melampiaskan segala sesuatu lewat fb atau gk twitter…ya sejenis itu lah…

  • affanul :

    Yup btul mas, setiap ap yang kita tulis & update itulah sebenarnya mencerminkan jatidiri seseorang, thanks mas bagus banget artikelnya πŸ˜‰

  • mamas :

    kalau aku masih skola…!

  • Seperti Apa Sih Karakter Anda di Dunia Maya? | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Seperti Apa Sih Karakter Anda di Dunia Maya? VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge