Home » Creative Works

Koprol Diakuisi Yahoo!

25 May 2010 8,820 views 26 komentar

koprolyahooHari ini mungkin hari yang bersejarah di dunia web Indonesia, karena untuk pertama kalinya ada situs karya anak bangsa yang diakui memiliki potensi besar, sehingga raksasa seperti Yahoo! mengakuisinya. Proses menuju akuisisi ini ternyata bukan proses sebentar. Apalagi di antara 11 tim Koprol yang tahu hal ini hanya 3 pembesarnya saja, Fajar Budiprasetyo, Daniel Armanto, dan Satya Witoelar. Sisanya baru tahu kemarin malam. Koprol yang dulu di bawah bendera SkyEight kini menjadi bagian dari tim Yahoo! Asia (hehe, alias semuanya perlu berganti kartu nama sekarang).

Cerita tentang konferensi pers tadi siang sudah banyak dibahas di blog dan portal berita, jadi agak mubasir kalau di sini ikut bercerita serupa. Namun ada hal menarik saat setelah acara konferensi pers selesai tadi, Budiputra, Country Editor Yahoo! Asia berbagi cerita dengan Kuncoro, Aria Rajasa, dan penulis blog ini. Budiputra menceritakan beberapa kunci keberhasilan Koprol ini.

1. Fokus.

Fitur Koprol adalah lokasi berbasis sosial yang bisa diakses via mobile. Semua pengembangan Koprol berkonteks pada tema ini, dan tidak melebar kemana-mana. Ini yang menjadi salah satu hal menarik bagi Yahoo! dan Yahoo! tidak akan mengubahnya. Sekedar info saja, saat Yahoo! dulu mengakuisisi Flickr, Yahoo! tidak lantas mengobrak-abrik isinya. Justru, pengembang Flickr tetap dibiarkan fokus pada jasa pelayanan berbagi foto itu. Hal serupa juga diharapkan terjadi pada Koprol. Fokuslah pada produknya, namun Yahoo! akan membantu mengekskalasinya dari sisi bisnis dan teknis.

2. Tim solid dan kompeten.

Perkenalan awal tim Koprol dengan Yahoo! kalau tidak salah adalah saat Open Hack Day tahun lalu. Komitmen dan dedikasi tim Koprol dalam mengembangkan aplikasi dianggap sangat tinggi. Hal ini terbukti dari kerja keras tim Koprol sejak Yahoo! mendekati mereka pertama kali sekitar bulan Oktober 2009. Semua personil Koprol dianggap memenuhi standar tim Yahoo! sehingga tidak ada kesulitan bagi pihak personalia Yahoo! untuk menerimanya.

3. Punya pengalaman teknis dan bisnis.

Selain dari sisi teknis, Koprol dianggap punya pengalaman pula dari sisi bisnis. Ini terlihat dari upaya Koprol untuk mengenalkan situsnya di kalangan pengguna, seperti promosi yang pernah dilakukan di televisi, hingga kerja sama bagi-bagi tiket film Rumah Dara, Java Jazz Festival, hingga terakhir kerja samanya dengan SoyJoy dan Celebrity Fitness.

Lalu apa yang sebenarnya diinginkan oleh Yahoo! dari akuisisi ini? Hmm, kalau sekedar tebak-menebak sih, Yahoo! sejak lama memang mengincar pasar pengguna internet Indonesia. Mereka mulai mengembangkan sisi komunitas dari portalnya, dengan menggandeng penyedia konten lokal.

Tentu saja, bukan tidak mungkin Yahoo! ingin pula mereplikasi Koprol ini untuk situs-situs lokal di negara lain. Seperti Yahoo! Meme yang diimpor dari Portugal untuk dihadirkan di Indonesia. Bukan tidak mungkin Koprol akan muncul di negara-negara lain yang karakteristik pasarnya tak berbeda jauh dengan Indonesia. Namun, katanya untuk tahun 2010 ini, Koprol lebih akan difokuskan untuk lebih cepat memperluas layanannya hingga mencakup seluruh Indonesia.

Menurut Anda sendiri, apa yang berada di balik pemikiran tim manajemen Yahoo! akan akuisisi ini?

Sumber foto: blog Koprol

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

26 komentar »

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Koprol Diakuisi Yahoo! -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by Pitra, Koen and Titis Sapto Raharjo, Media Ide. Media Ide said: sedikit posting ttg Koprol – Yahoo tadi pagi, bintang tamu: @budip @kuncoro @rajasa http://bit.ly/cmMw26 […]

  • Ben :

    Yahoo! Meme bukannya dari Filipina?

  • IA :

    pertamax.

    tentu bisnis dong. yang pasti selamat buat tim koprol

  • Billy Koesoemadinata :

    menurut saya, yahoo mengakuisisi koprol supaya lebih mudah mengenali interest yang biasa dibicarakan dan dicari oleh orang Indonesia. hal itu akan terlihat jelas dari tempat dan juga jenis postingan yang 'disukai' oleh masyarakat indonesia. kenapa? karena terdapat catatan historikal pengguna yang runutannya dapat dicari secara detil. dan, aplot2 foto yang mudah digunakan pada koprol, menjadi nilai lebih yang membuat yahoo makin tergiur untuk 'memilikinya'

    well done, koprol!

  • IA :

    pertamax?

    yang pasti yahoo! akuisi koprol ya untuk bisnis :).

    selamat buat tim koprol.

    buat lagi yang baru dan unik.

  • Gage Batubara :

    Buat saya akusisi ini adalah kemajuan besar untuk industi web di Indonesia tapi hal ini juga semakin menjelaskan bahwa Yahoo semakin tidak kreatif πŸ™‚

  • camera :

    wah keren…sukses ya….

  • mawi wijna :

    ditunggangi Yahoo! berarti sepenuhnya dikontrol oleh Yahoo! Bentuk penjajahan di era multimedia kah ini?

  • berman :

    great πŸ™‚

  • Rahmat Miftahul Habi :

    Mengakuisisi berarti mengambil seluruh aset yg dimiliki perusahaan tsb menjadi milik perusahaan yg mengakuisisi. Dng kata lain sebagian (atau mungkin seluruh?) keuntungan yg didapat dari Koprol akan diambil Yahoo.

    Saya baru bangga kalau Koprol bisa mengakuisisi web luar. Ya utk awal2 mungkin ga usah yahoo lah krn mereka (sepertinya) ga mungkin ditaklukkan.

    Kalau kaya gini sama aja dng asset bangsa ini yg keuntungannya diambil org luar dong πŸ™ *kecewa*

  • Andrew Lowe :

    menurut saya, yahoo mengakuisisi koprol supaya lebih mudah mengenali interest yang biasa dibicarakan dan dicari oleh orang Indonesia. hal itu akan terlihat jelas dari tempat dan juga jenis postingan yang ‘disukai’ oleh masyarakat indonesia. kenapa? karena terdapat catatan historikal pengguna yang runutannya dapat dicari secara detil. dan, aplot2 foto yang mudah digunakan pada koprol, menjadi nilai lebih yang membuat yahoo makin tergiur untuk ‘memilikinya’
    +1

  • Yodhia @ Blog Strate :

    Berapa nilai akuisisi ini? Mungkin bisa di-share juga.

    Konon sebesar USD 100 juta. Apakah benar?

  • Andre Siregar :

    Setelah tergeser di US, Yahoo sadar bahwa strategi terbaik adalah di market internasional. Itu sebabnya Yahoo banyak fokus di Asia sebagai emerging market. Akuisisi Koprol sesuai dengan strategi ini, dan sekaligus memungkinkan Yahoo untuk masuk ke location-based service. Tanpa location-based service, Yahoo tidak bisa bersaing dengan Google, Facebook dan Twitter di masa depan. Harga Koprol juga pasti jauh lebih "murah" dibanding Foursquare. Budi Putra tidak salah. Koprol memang inovatif. Sekarang tinggal memasarkan inovasi itu ke market di luar Indonesia. Di sinilah kekuatan Yahoo yang sudah punya yahoo.com.sg, yahoo.com.my dan lain-lain. Tanpa Yahoo, Koprol akan selamanya jadi pemain lokal.

    Satu lagi komentar saya untuk orang2 yang menganggap akuisisi Koprol jelek untuk Indonesia. Pertama, Koprol belum punya pemasukan/revenue, jadi nggak ada uang yang tiba-tiba jadi masuk ke Yahoo. Kedua, sebagai orang Indonesia kita nggak perlu angkuh. Realitanya memang industri internet Indonesia masih anak kecil. Justru akuisisi oleh Yahoo ini adalah tanda bahwa Indonesia itu anak kecil yang berbakat. Kalau negara lain tau bahwa kita punya bakat, baru kita bisa berkembang menjadi orang dewasa yang sehat dan kuat.

  • Arham Blogpreneur :

    Kok saya berasa bernostalgia dengan Friendster namun dalam versi social eh microblogging yah. Buat saya korpol sendiri serasa kurang greget makanya saya cuma bikin di awal tapi samapai sekarang ngak aktif lagi..

    Yahoo akuisisi Koprol.. hmmm jadi senjata menguasai pasar lokal namun tidak untuk luar

  • Suke Asli Semarang :

    Ahhh, seandainya Koprol yang mengakuisisi Yahoo!

  • Susilo :

    Selamatnya semoga indonesia makin jaya..

  • eric :

    waw…..kerennn

    hahahah πŸ™‚

  • irawan :

    Keyeeen, ditunggu perkembangan pesatnya.

  • oxosoda :

    perusahaan besar males mencari ide, makanya membeli ide dari perusahaan kecil…

  • arieff :

    ditunggangi Yahoo! berarti sepenuhnya dikontrol oleh Yahoo! Bentuk penjajahan di era multimedia kah ini?

  • ikilobo :

    buat nyaingin twitter kah?

    hehehe, tapi keren juga yah..

  • doris :

    Keyeeen, ditunggu perkembangan pesatnya.

  • Yohan Wibisono :

    "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel – artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

  • hasbi :

    heran. kreatifitas diambil alih orang kok malah bangga….

    kok ga ada yang berkeinginan bersaing dengan facebook.

    padahal dulu saya berharap banget koprol bertahan sampai dia memegang user di seluruh indonesia.

    jiah… harapan saya kandas. baru terkenal dikit, dilirik yahoo, sudah mau jadi kulinya lagi….

    hadah…..

    indonesia memang bangsa kuli…..

  • Media Ide » Blog Archive » Melihat Kampanye Daring Tahun 2010 :

    […] Beli sudah banyak yang menggunakan Kaspay, gerbang pembayaran resmi Kaskus. Situs berbasis lokal Koprol resmi diakuisisi oleh Yahoo! bulan Mei 2010 dan menjadi bagian dari strategi Yahoo! mengejar komunitas daring di […]

  • Melihat Kampanye Daring Tahun 2010 | Marketeers :

    […] Beli sudah banyak yang menggunakan Kaspay, gerbang pembayaran resmi Kaskus. Situs berbasis lokal Koprol resmi diakuisisi oleh Yahoo! bulan Mei 2010 dan menjadi bagian dari strategi Yahoo! mengejar komunitas daring di […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge