Home » Interview

ChiliJump: Pengembang Game untuk Facebook Berjudul Ambrosia

2 July 2010 7,857 views 15 komentar

Belum lama ini seorang teman dari studio ilustrasi Jotter sempat bercerita kalau studionya bersama studio temannya, ChiliJump sedang mengembangkan sebuah game berplatform Facebook. Nama gamenya Ambrosia. Gamenya menarik, tak akan menyangka kalau ada pengembang game web di Indonesia yang bisa membuat hal seperti ini.

Berikut ini adalah wawancara Media Ide dengan Irawan Wijaya, salah satu pengembangnya.

(Wawancara dituliskan apa adanya seperti aslinya, kecuali koreksi yang bersifat editorial)

Halo Irawan, boleh ceritakan singkat tentang diri Anda, tim Anda, dan game Ambrosia yang kini sudah bisa dimainkan di Facebook?

ChiliJump terbentuk sekitar bulan Agustus 2009. Saat ini tim development utama ada tiga orang yang terlibat, ditambah dengan dukungan artist-artist dari Jotter Production. Latar belakang kami masing-masing sebetulnya tidak ada yang pernah membuat game, kecuali dari Jotter yang memang outsourcer untuk graphic assets untuk game.

Ambrosia adalah game pertama ChiliJump. Kami mengambil nama dan tema Ambrosia, karena ingin menyajikan game RPG yang bertemakan makanan. Everybody loves food ! 🙂

Ambrosia sendiri menurut mitos adalah makanan dewa-dewa pada jaman mitologi Yunani. Jadi, para player akan berpetualang untuk mencari Ambrosia tersebut. Mereka masing-masing bisa memilih sendiri bagaimana cara mereka bisa mendapatkan/mencapai Ambrosia tersebut. Ada banyak jalan menuju Roma 🙂

Ambrosia ini adalah RPG yang menitikberatkan pada tiga gameplay yaitu Quest, Fight dan Trade.

Apa yang mendorong Anda mengembangkan game Ambrosia di Facebook? Apa yang membedakannya dengan game-game RPG strategi serupa lainnya di Facebook?

Ya, seperti yang kita ketahui, Facebook merupakan jejaring sosial yang sedang super booming saat ini. Munculnya berbagai macam social game di platform tersebut dan metode monetisasi melalui penjualan barang-barang virtual merupakan salah satu daya tarik terbesar untuk kami mengembangkan game di sana. Melirik kesuksesan Zynga, Playfish EA, Playdom, para developer yang mengembangkan Mafia Wars, Farmville, Pet Society, Social City, dll. Jujur saja kami terpincut dan menjadi terdorong untuk membuat Ambrosia, hahaha.

Di mana kebetulan kami juga punya cukup sumber daya, kemampuan dan yang terpenting juga rasa percaya diri untuk mengembangkan game berkualitas yang mampu bersaing buatan developer luar, kenapa tidak didayagunakan ?

Kenapa kami menggunakan Facebook dan tidak  di domain sendiri? Karena kami ingin mencoba untuk mulai dan bersaing di tatar jejaring spesifik dulu. Terus terang, saat kami memulai, kami lihat perkembangan dan variasi gameplay di Facebook belum seganas di web terbuka. Memang, perlahan-lahan persaingan di dalam Facebook akan mengejar tingkat persaingan di tingkat browser game lainnya, tapi saat ini kami nilai di Facebook masih jauh lebih mudah untuk bertumbuh. Terutama dari segi marketing dan potensi jumlah pemakainya.

Apa yang membedakan Ambrosia dengan game RPG serupa di Facebook?

Berdasarkan gaya visual, kita ingin memperlihatkan yang lebih Asia (terpengaruh Jepang sih). Kebetulan Jotter cukup capable dan memuaskan hasilnya untuk mewujudkan hal ini *two thumbs up*.

Kemudian, di Ambrosia ada tiga pilihan job yaitu : Cook, Hunter & Alchemist. Uniknya di Ambrosia ini, beda dengan game RPG serupa di Facebook, kita punya quest set yang berbeda untuk setiap job yang ada. Jadi masing-masing job memiliki pengalaman berbeda dalam petualangan mereka. Antara ketiga job tesebut juga saling membutuhkan satu sama lainnya, karena itu di sini kita ada fitur Trading/berjualan di Market.

Player bisa membuat sendiri makanan/minuman yang bisa mengisi Action Points (poin yang dibutuhkan untuk melakukan Fight/Quest) lalu juga diijinkan untuk mengirim makanan/minuman itu kepada sesama player. Jadi kita bisa saling membantu agar lebih mudah leveling dan tidak macet hanya karena kehabisan Action Points.

Kita juga punya sistem Avatar, di mana player bisa kustomisasi dan mengekspresikan diri mereka masing-masing. Lainnya, fitur Houses of Fame sebagai fitur leaderboard; Orchard; reset status dan gender; message board; dan fitting room di Limited Time Offers kita. Fitur-fitur lainnya masih ada yang masih dikembangkan dan belum dirilis.

Lebih baik cobain dulu main Ambrosia, harus dirasakan sendiri ! 🙂
Intinya kita ingin membuat game RPG di Facebook yang lebih dalam dan jauh lebih menarik daripada judul-judul yang sudah ada disana.

Status game Ambrosia saat ini masih Alpha. Kapan game Ambrosia akan resmi diluncurkan?

Hmm, sebetulnya pada saat wawancara ini, kita sudah masuk ke tahap Open Beta =D Untuk “resmi diluncurkan” alias melepas status Beta, kita masih belum punya tanggal yang fix. Masih banyak yang harus kita benahi juga.

Berapa banyak pemainnya saat ini? Apakah Anda sendiri punya target pemain?

Menurut data terakhir saat wawancara ini dijawab, MAU (Monthly Active Users) Ambrosia adalah 1.566 , dan DAU (Daily Active User)-nya 324. Perbandingan user dari Indonesia dan luar negeri cukup jauh, dimana user Indonesia ada sekitar 80%++ dari total user. Target kita pertama-tama 100.000 user dulu, ngga muluk-muluk kok =)) Kalau untuk target akhirnya sih kita inginkan MAU sekitar 30% dari seluruh user Facebook di Indonesia saat ini.

Seorang Bret Terrill (eks juragan Zynga) sempat bilang, mengembangkan game atau aplikasi Facebook harus siap nafas panjang. Masa pemeliharaan justru adalah yang paling sulit, dari sisi skalabilitas hingga update API dari Facebook yang bisa terjadi setiap saat. Menurut pendapat Anda bagaimana?

Setuju! Nyatanya, lebih mudah mendapatkan player baru daripada mempertahankan yang sudah ada. Karena setiap user biasanya penasaran dengan game baru yang muncul di Facebook, mereka cenderung tidak setia. Itu sebabnya setiap game developer dituntut untuk tetap kreatif dan bisa terus “memperbaharui” game mereka, memelihara ekosistem yang sudah ada dan menjalankan pemasaran yang berkelanjutan.

Perihal skalabilitas sebetulnya gampang-gampang susah, asal sudah dirancang dan disiapkan, pasti bisa melewati tahap ini. Kalau soal update API, wah soal yang satu ini memang betul-betul bikin pusing !

Sebagai salah satu pemain startup lokal baru, kendala apa saja yang Anda hadapi dalam pengembangan game ini?

Buanyak, Mas ! =D Mulai dari desain game, pengerjaan graphic asset gamenya, dan programming/teknis. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Ambrosia ini adalah proyek game pertama kami. Jadi, begitu deh… =)) Kita belajar sangaaattt banyak dalam proses pembuatan game ini.

Asyiknya mengembangkan social game ini, kita bisa mengembangkan bersama-sama user, tidak seperti console game development yang baru mengemas dan menjual setelah produk selesai total. Melalui discussion board, kita mendapat banyak feedback penting agar mereka lebih nyaman memainkan gamenya.

Hambatan teknis, contohnya soal server ya… biayanya memang mahal, kita jadi pintar-pintar memilih. Selain kemampuan kapasitas/bandwidth yang scalable, biayanya juga scalable =D Promosi kita masih belum maksimal, masih kita upayakan lebih gencar lagi kita lakukan. Namanya tim kecil yang serba tumpang tindih job desccription-nya, waktu-tenaga-pikiran kami masih tersedot cukup besar untuk pembuatan gamenya sendiri. Seandainya ada tenaga profesional marketing yang bisa bantuin sih, kita pasti bisa jauh lebih terbantu hahaha.

Pertanyaan paling penting, bagaimana Anda me-monetize game ini? Boleh tahu, berapa besar target revenue yang ingin Anda cita-cita dapatkan dari game ini

Untuk me-monetize, kami menggunakan metode/sistem ekonomi virtual standar yang digunakan MMORPG pada umumnya. Ambrosia memiliki sistem 2 jenis mata uang (dual currency) dimana yang satu (Accasian Talent) diperoleh dari kegiatan dalam game, bisa digunakan bertransaksi di dalam game seperti misalnya di Market dan Store), Sedangkan yang satu lagi (Mina) adalah mata uang yang bisa dibeli menggunakan uang dunia nyata/real money untuk membeli special item di toko khusus barang-barang premium (item mall) atau untuk menjalankan fitur-fitur khusus seperti mereset status misalnya.

Target revenue kita inginnya sih bisa menyaingi Zynga atau Playfish EA deh, hahaha.

Partner untuk pembelian Mina, kita punya beberapa alternatif: ada MobileF1rst untuk pembayaran melalui mobile phone (potong pulsa). Lalu ada Offerpal dan TrialPay untuk pembayaran melalui Credit Card, Paypal dan Offerwall. Offerwall ini sistemnya, bila kita menyelesaikan salah satu penawaran dari si Offerpal, maka kita akan diberi reward sekian Mina.

Alternatif monetizing lainnya yang umum digunakan sih, pemasangan ad banner seperti Google Ads. Tapi kita tidak ingin menggunakan metode ini karena mengganggu tampilan game dan rasa sedang memainkan gamenya jadi berkurang. Too much ads is annoying.

Menurut Irawan, apakah para startup lokal lainnya masih punya kesempatan untuk mengembangkan game atau aplikasi berbasis Facebook di masa datang?

Ya! Tentu saja! Di Indonesia itu sebetulnya banyak sumber daya manusianya yang berkemampuan cukup untuk mengembangkan game/aplikasi Facebook. Kita punya Artist yang bagus dalam membuat artwork, dan Game Designer/Programmer yang ngga kalah dengan di luar. Lha, mereka itu karena saking sempitnya lahan di dalam negeri, langsung bersaing di ranah internasional! Banyak orang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk masuk dalam platform Facebook, namun mereka tidak tahu atau ragu-ragu bagaimana memulainya. Memang tidak semudah ngomongnya =D, tapi yang penting harus berani melangkah, mencoba. Kesempatan itu selalu ada, tinggal berani meraih.

Pertanyaan terakhir, dalam 2 tahun mendatang, Chilijump dan Ambrosia sudah seperti apa?

Hmm, kita ingin menjadi salah satu social game developer terbaik di Asia Tenggara ! =))

Kita sebetulnya tertarik untuk mencoba menjalankan juga model white label developer, hanya saja untuk hal ini kita masih brainstorming untuk feasibility-nya dan bagaimana cara mewujudkan/roadmap-nya dalam 2 tahun mendatang. Kita masih terpentok dana dan tim marketing, plus tim produksi yang lebih solid.

Kita ingin Ambrosia bakal bisa dimainkan di multi-platform, diobrolkan/dibicarakan oleh orang-orang seperti mereka membicarakan Mafia Wars di masa kejayaannya 🙂

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

15 komentar »

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Irawan: Pengembang Game untuk Facebook Berjudul Ambrosia -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by barijoe, Pitra, Dunia Kreatif, Media Ide and others. Media Ide said: Sudah pernah main Ambrosia belum? Game buatan anak Bandung! http://fb.me/uokb1iRI […]

  • Yodhia @ Blog Strate :

    Dahsyaaat…..salam sukses !!

  • mawi wijna :

    wew…saya belum pernah sama sekali ngicip game di fesbuk

  • dodi ichwana :

    Keren tuh…game buatan sendiri smoga lebih berjaya lagi..

  • pepoluan :

    Hebat! Nanti kalau sudah siap untuk game2 kelas berat, pakai Steam… nanti pasti saya beli (asal gak kemahalan) 🙂

  • kiki4hire :

    Keren…

    Bagus buat memasarkan product dengan cara tidak langsung – indirect marketing.

  • ndrew :

    kayaknya seru ne, mesti nyobain..

    8)

  • arieff :

    wew…saya belum pernah sama sekali ngicip game di fesbuk

  • fajar :

    mantapss.. sukses selalu

  • Keisya :

    wah hebat euy yang begini pahlawan dunia maya tapi kasihan jarang expose..

  • doris :

    wew…saya belum pernah sama sekali ngicip game di fesbuk

  • Kojeje :

    Woww.. boleh juga tuh dikembangin

    siapa tau jadi aplikasi yg tenar 🙂

  • Replica jerseys :

    Bagus buat memasarkan product dengan cara tidak langsung – indirect marketing.

  • Ambrosia, Social Game Berbasis Facebook Buatan Anak Negeri | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: ChiliJump: Pengembang Game untuk Facebook Berjudul Ambrosia VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

  • Media Ide » Blog Archive » Refleksi 2011: Yang Pernah Terjadi di Facebook :

    […] sih jelas. Siapa sih yang nggak main Sims Social, Ambrosia, Farmville, Poker, dll di Facebook. Saking banyaknya pemain Indonesia, game publisher sebesar Zynga […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge