Home » Online Living

Sebuah Film Tentang Facebook

18 July 2010 5,895 views 10 komentar

Bukan, ini bukan ngomongin film Social Network yang trailer-nya sudah tersebar dimana-mana itu. Yang mau dibicarakan adalah sebuah film pendek karya Casey Neistat di Vimeo yang bercerita tentang privacy policy Facebook. Hampir semua orang metropolitan membeli sebuah ponsel hanya karena ada Facebook-nya. Demi eksistensi mereka beli lalu mendaftar menjadi anggota Facebook.

Seperti pada umumnya seseorang mendaftar di suatu situs, mereka diminta untuk menyetujui Terms & Conditions situs terlebih dahulu. Berdasarkan pengalaman ya, hampir semua orang tidak pernah membacanya. Tahukah Anda Terms & Conditions Facebook yang tidak pernah Anda baca itu berisikan 5.830 kata yang pastinya tidak akan mudah dipahami oleh orang awam?

Benar, Facebook memang sangat fleksibel dalam pengaturan privacy setting-nya. Namun, fleksibilitas mengakibatkan kombinasi yang demikian beragam, sehingga justru akan sangat membingungkan bagi orang awam. Untuk menjelaskan privacy setting, bisa jadi satu buku sendiri tuh. Belum lagi setiap beberapa bulan ada kebijakan internal Facebook baru yang bisa jadi akan berpengaruh terhadap privacy setting yang membuat penggunanya harus mengecek ulang.

Tidak ada yang memaksa seseorang untuk bergabung dengan suatu situs. Namun begitu bergabung, maka bersiaplah terhadap aturan main di dalam situs tersebut, serta resiko yang diberikannya. Kurang lebih pesan seperti itu yang disampaikan Casey Neistat dalam film pendeknya. Mari kita simak saja filmnya.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Sebuah Film Tentang Facebook -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by Pitra, Media Ide. Media Ide said: new post: Sebuah Film Tentang Facebook http://bit.ly/cIpeAx […]

  • Dita Firdiana :

    apakah postingan ini di posting lewat android? :p

    jiah ta pikir isinya tentang pelem yg lagi booming itu…

    OOT >> "How does facebook know I'm gay?" =)) kalimat ini bikin ngakak sampe terkonclang nonton nya… secara ya… ngeliat dengan mata kepala aja juga bakal ketahuan mana yg gay mana yg gak :p

  • ierone 4 famouser :

    wah, q belum bisa nonton nih

  • mawi wijna :

    seperti yang dibilang, bersiap sakit gigi kalau ingin merasakan manisnya permen 🙂

  • uth :

    bagus juga nih filmnya..diterusin aja jadi film beneran, film bioskop gtu..hee

  • idham biro jasa SIM- :

    wah siap-siap nonton nih…setelah terakhir kali ke bioskop..nonton laskar pelangi..

  • Andika Alivano :

    seumur-umur gabung ama situs manapun ga pernah liat aturannya apalagi kl isinya ada 5830 kata dengan kalimat formal.. beuh bablas lah :))

  • dwiarko :

    Bisa download film ini dimana yach…. bisa membantu saya sebgai guru TI di sebuah sekolah, untuk mengajar anak-anak didik saya untuk berhati-hati fengan privacy online

  • aura kasih :

    Fenomena jejaring social benar2 mendarah daging

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge