Home » Online Living

Dari Social Media ke Televisi

22 August 2010 7,293 views 9 komentar

Episod Harmoni di SCTV pada tanggal 20 Agustus 2010 kemarin adalah episod yang terakhir. Yang menarik dari setiap episod penayangannya adalah percakapan yang terjadi bersamaan di ranah Twitter. Hampir semua orang membicarakan ini hingga selalu saja muncul topik-topik dalam barisan trending topic Twitter yang membahas acara Harmoni. Semua orang berkomentar, entah itu pujian, kritikan, guyonan. Acaranya di televisi, tapi lucunya, ramainya justru di ranah daring.

Saat ini akun Twitter resmi Harmoni SCTV @harmoniSCTV memiliki hampir 24.000 follower. Akun ini sejak awal menginformasikan waktu taping program televisi ini. Pada saat acaranya tayang di televisi, dengan rutin @harmoniSCTV menceritakan siapa saja yang saat ini bernyanyi. Kalau si penyanyi punya akun Twitter, maka @harmoniSCTV akan menyebutkannya. Lucu juga sambil menonton pertunjukannya di televisi, informasi seputar lagu, artis, musisi, hingga gaun disampaikan langsung oleh akun ini.

Ada hal yang sangat berbeda di episode terakhir kemarin. Bukan, ini bukan ngomongin lagunya SBY yang dinyanyikan oleh Sandy Sandoro (agak malas ngebahas ini). Namun yang unik dari episod ini adalah dikenalkannya rising star baru, para penyanyi yang awal pergerakan musiknya justru lebih dikenal duluan di ranah daring. Yang pertama adalah duet kakak beradik Gamaliel dan Audrey Tapiheru yang sudah punya basis fan di YouTube sejak lebih dari setahun lalu.  Yang kedua adalah Adhitia Sofyan, desainer web merangkap musisi yang merilis lagu-lagunya secara gratis melalui blognya.

Aksi Gamaliel dan Audrey memang luar biasa. Mereka berdua mendapat standing ovation. Bisa jadi para penonton begitu terkesimanya akan kualitas penampilan 2 orang yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Di Twitter sendiri, ternyata banyak yang belum kenal dengan mereka. Mereka lebih kenal akan aksi Sinta dan Jojo di YouTube, tanpa pernah tahu eksistensi Gamaliel dan Audrey. Saat mereka tahu, banyak yang akhirnya malah mencemooh Sinta dan Jojo. Dunia Web 2.0 memang kejam rupanya. Saat melihat sesuatu yang lebih baik, yang lama dengan mudahnya dimaki-maki. Wajar saja kalau akhirnya Jojo sempat emosi di Twitter.

Sebetulnya tidak adil memang membandingkan antara kedua pasangan ini. Pendekatan yang mereka lakukan masing-masing berbeda. Akui saja, saat melihat keduanya toh kalian terhibur kan? Meski bersumber dari YouTube, bukan berarti kedua pasangan ini masuk dalam kategori yang sama ya. Jadi lihatlah show yang mereka tunjukkan dari kacamata yang berbeda.

Untuk yang belum lihat aksi Gamaliel dan Audrey Tapiheru di Harmoni SCTV, silakan lihat rekamannya di bawah ini. (Untung saja sekarang rekaman YouTube bisa lebih dari 10 menit, jadi musik ini tidak terpotong).

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

9 komentar »

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Dari Social Media ke Televisi -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by dody prata and Media Ide, Pitra. Pitra said: new post: Dari Social Media ke Televisi http://media-ide.bajingloncat.com/2010/08/22/dari-social-media-ke-televisi/ […]

  • mauren :

    iyah, banyak yang bilang acara ini mantap. cuman sayang, saya ndak pernah nonton sama sekali,

    efek ngekos males nonton tipi :))

  • rusabawean :

    banyak #TrendingTopic yg tercipta dari acara Harmoni SCTV episode terakhir kemaren

  • Patriarkis :

    Social media memang telah menjadi embrio berbagai macam isu, dan munculnya rising star…

    Yang agak sedikit mengganggu saya adalah kenapa orang2 banyak yang mencerca Sinta-Jojo setelah Gamaliel muncul? Herannya lagi, beberapa "pakar" socmed turut menjustifikasi bahwa Sinta-Jojo itu tak pantas diberitakan. Aneh sekali.

    Bukankah mereka juga turut andil memunculkan Sinta Jojo sebagai sebuah Fenomena, sementara Sinta-Jojo sendiri tak pernah terpikir sedikit pun untuk terkenal?

    tapi terlepas dari itu, Sinta-Jojo, Gamaliel-Audrey ataupun Adhitya Sofyan harusnya mampu mendorong kita untuk lebih bersyukur bahwa melalui socmed, kini, hidup lebih semakin demokratis..

  • benazio :

    slow but sure.

    gue kurang tau sih perkembangan gamal audrey meskipun udah pernah liat videonya sejak lama banget. tapi ya mereka2 emang bener2 sesuatu fenomena internet, yang besar melalui social media. *dan lewat trending topic*

  • Anastasia :

    duh..makasih banget ya dah mostingin video mereka waktu di harmoni..gue kelewat banget nontonnya mereka berdua itu…

  • parahita :

    Sebenarnya youtube bisa menjadi wadah promosi juga untuk stasiun TV. Tinggal post rekaman2 menarik dan semakin banyak orang menonton stasiun TV tsb. Promosi gratis 🙂

  • Belajar Ngeblog di B :

    Yg jelas keduanya sama2 media. Yg terkait. Tv nyari berita dr internet, disebar luaskan lg.

  • Media Ide » Blog Archive » Melihat Kampanye Daring Tahun 2010 :

    […] sejak lebih dari setahun lalu. Suara mereka yang sangat bagus ini akhirnya ikut mengisi acara Harmoni SCTV episod terakhir. Ada pula Adhitia Sofyan, yang membagikan lagunya gratis melalui blognya. Ia juga […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge