Home » Online Living

Mohon Maaf Lahir dan Bathin 1 Syawal 1431H

8 September 2010 7,148 views 10 komentar

Apa yang membedakan tahun ini dengan tahun lalu saat mudik? Salah satunya adalah ada jutaan pengguna social media yang ikutan mudik. Memang bedanya dengan pemudik lainnya apa? Hihi, nggak ada sih, cuma ini ada beberapa tips untuk para pemudik yang aktif ber-social media.

  • Jangan pernah update status dengan detil kapan Anda mudik, naik apa, jam berapa, dan bahkan cerita kalau rumah Anda kosong tanpa ada yang menjaga. Anda nggak akan pernah tahu ada orang yang berniat jahat yang menjadi follower Anda. Jadi berhati-hatilah memberikan informasi.
  • Cek juga apakah Anda pernah mengunggah foto yang mengindikasikan rumah Anda dengan jelas di Facebook, Tweetphoto, Twitpic, atau situs-situs serupa. Apalagi kalau foto-foto itu bisa diakses mudah oleh publik. Seorang yang pintar akan mudah melakukan profil dari kegiatan Anda di social media hingga korelasinya dengan foto-foto yang pernah Anda unggah. Kalau pernah mengunggah foto lokasi rumah, sebaiknya dihapus dulu deh.
  • Ingat Foursquare dan Gowalla? Hayo, pasti masih banyak yang memberi tanda rumahnya di situs itu. Mereka yang menjadi Mayor di rumahnya sendiri berhati-hatilah. Siapa tahu selama libur Lebaran ini status Mayor Anda ini menjadi tak bermakna apa-apa, karena isi rumah Anda tiba-tiba kosong setelah Lebaran. Alias, ada yang menggerayangi rumah Anda, karena kesalahan Anda sendiri di social media, memberikan alamat rumah (dan petanya) dengan jelas.
  • Butuh informasi mudik? Ikuti @pulkam di Twitter. Ada beberapa teman yang sukarela meluangkan waktunya selama liburan ini untuk menjadi kanal informasi seputar mudik dan pulang kampung. Atau kunjungi situsnya di sini. Informasikan arus mudik dan foto-foto menarik saat Anda pulang kampung dan berbagilah dengan @pulkam. Niscaya informasi ini akan memberikan manfaat bagi orang lain.
  • Ada pula aplikasi BlackBerry iMud yang bisa Anda unduh di sini. Melalui aplikasi ini Anda bisa melihat foto-foto CCTV keadaan lalu lintas jalan tol. Ada pula tips dan info seputar posko mudik dan bengkel resmi Yamaha. Kalau mau lihat livestream videonya langsung, cek saja ke situs Jasa Marga.
  • Terakhir, social media memang memudahkan Anda dalam berkomunikasi, termasuk dalam mengucapkan selamat lebaran kepada teman-teman Anda. Hanya saja, jangan sampai ucapan selamat lebaran mohon maaf lahir bathin itu menjadi bumerang bagi Anda, saat Anda mengunggah gambar kartu ucapan di Facebook dan men-tag semua teman Anda di dalamnya. Bayangkan betapa risihnya teman Anda kalau menemukan namanya di antara orang-orang lain yang ia tidak kenal. Tag-lah teman Anda yang hanya dalam satu kelompok, supaya kartu Anda bisa menjadi ajang silaturahmi komentar antara sesama yang memang sudah saling kenal.

Pendek ya tipsnya? Hihihi, tips mudik lainnya baca sajalah di @pulkam atau cari kata ‘mudik‘ di Twitter. Pasti banyak!

Untuk yang mudik, selamat mudik ya! Media Ide dan Stratego mengucapkan:

Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Minal ‘Aidin wal-Faizin.

Kita kosong-kosong ya…

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

  • Sriyono Suke :

    Minal aidin wal faidzin, Mohon Maaf Lahir dan bathin…

  • ded :

    Mas, saya yakin kalau para blogger yang mudik membaca tips-tips ini, pasti mereka akan berterima kasih sekali…..

    Kebetulan saat ini saya sedang di tugaskan menjaga Jakarta, supaya ga pindah ke Kalimantan, makanya saya ga mudik…he3x

    Selam kenal Mas….

  • mrbedel :

    wah mantap benar……..

    makasih mas infox bener2 bagus, walopun ane telat bacanya ^_^

  • Dr. Acer :

    Nice Tips mas Pitra 🙂

    Untuk info mudik selain pulkam, kita pun bisa memanfaatkan keyword yg sejalan misalnya "macet(nama kota)" atau yg lainnya. sejauh ini lebih akurat meskipun memang lebih banyak info yang musti disaring juga 😉

  • BANG NGANGAN :

    BANG NGANGAN JUGA MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN….SALAM HANGAT.

  • BANG NGANGAN :

    selamat idul fitri juga buat sampean. salam hangat. ttd: bang ngangan

  • Belajar ngeblog :

    Mohon maaf lhr btn :d

  • Mayakom :

    wah sebagian tipsnya saya sudah manfaatkan untuk mudik…..

    minal adzin wal faidzin juga kang, mohon maaf lahir dan bathin….

  • Es Teler 77 :

    tips mas Pitra sudah kami praktekkan waktu mudik kemarin. hihi.

    ohya kami dari Es Teler 77 ingin mengucapkan minal aidin wal faidzin, mhn maaf lahir bathin ya. *lebih baik terlambat drpd tidak* 🙂

  • Udex :

    Minal aidin fa faa iziin..

    Cerdas modifikasi lay-outnya euy,.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge