Home » Online Communities

Selamat Hari Blogger Nasional

27 October 2010 12,347 views 6 komentar

Tanggal ini, 3 tahun lalu, di Pesta Blogger 2007, dicanangkan Hari Blogger Nasional. Hari yang bisa dimaknai dengan beragam macam pemikiran, dari sekedar perayaan kebersamaan antara sesama blogger nusantara, hingga aksi nyata dari blogger untuk bangsa.

Persis pula di minggu ini, Indonesia mendapat serangkaian musibah. Kemarin musibah banjir bandang di Wasior, disusul dengan status Merapi yang waspada. Kemarin disusul pula dengan musibah tsunami di Mentawai Sumatra Barat, yang diikuti dengan awan panas Merapi yang kian bergejolak. Riuh rendah informasi bencana dan sumbangan mulai beredar di Twitter. Tagar #prayforindonesia menjadi trending topic dalam sekejap, apalagi saat selebriti luar ikut mengirimkan doanya.

Sungguh salut melihat aksi spontan teman-teman CahAndong yang dengan dana seadanya membantu cepat ke lokasi Merapi (yang memang dekat dengan tempat tinggal mereka). Mereka hingga saat ini masih akan bolak-balik ke Merapi untuk menyalurkan bantuan. Untuk teman-teman blogger yang ingin membantu dalam bentuk dana untuk Merapi, bisa menyalurkannya ke nomor rekening berikut:

BCA: No. Rekening 1260 4406 39 a/n Yeni Setyawan

Mandiri: No. Rekening 1050 0053 75062 a/n Fakhrizal

BNI: No. Rekening 0170 280 504 a/n Fauzia Rahma

Seperti tertulis di blog CahAndong, nantinya uang ini akan digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan pengungsi dan untuk mereka kirimkan langsung ke posko-posko pengungsian dalam 24 jam ke depan.

Sebagai alternatifnya, teman-teman juga bisa menyalurkan donasi melalui Aksi Cepat Tanggap (@actforhumanity). Tim rescue mereka saat ini sudah bergerak ke Merapi dan Mentawai. Donasi bisa disalurkan melalui rekening berikut:

Rekening Peduli Merapi: BCA No. 676 030 3133, Mandiri No. 128 000 4723 620, BNI Syariah No. 009 611 0239 a/n Aksi Cepat Tanggap.

Rekening Peduli Mentawai: BCA No. 676 030 2021, Mandiri No. 101 000 563 4264, BSM No. 101 000 5557 a/n Aksi Cepat Tanggap.

Untuk yang berada di luar negeri, teman-teman juga bisa mengirimkan donasinya via PayPal.

Mumpung teman-teman baru saja menerima gaji kemarin, alangkah lebih baiknya kalau sebagian disisihkan untuk donasi. Masih dalam semangat kebersamaan, ayo kita tunjukkan kepedulian kita sebagai warga daring Indonesia, khususnya blogger, untuk ikut membantu saudara kita di Merapi dan Mentawai.

Untuk yang belum sempat menyumbang, berdasarkan info dari @bloggerpeduli dan @infopb2010, juga akan digelar penggalangan dana saat Pesta Blogger 2010 nanti.

Selamat Hari Blogger Nasional untuk teman-teman semua!

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

6 komentar »

  • sibair :

    Semoga para korban bisa di beri ketabahan dan kesehatan selalu mas…semoga mereka cepat bangkit dari keterpurukan bencana…

  • ihsan :

    maaf saya nggak bisa memberikan apa2 selain sebuah doa buat mereka..

  • Belajar Ngeblog di B :

    Selamat hr ultah blogger

  • JhezeR :

    Salam Blogger dan selamat hari blogger nasional yoo 🙂

    yap,semoga setelah ini bencana tdk akan ada lagi di negeri ini

  • Media Ide » Blog Archive » Donasi Melalui Social Media :

    […] Seperti yang banyak dilakukan teman-teman di Twitter minggu lalu sejak awal bencana alam di Merapi dan Mentawai. Pemberikan rujukan untuk donasi uang melalui transfer, hingga info pengumpulan pakaian bekas. […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge