Home » Online Branding

Menduga-duga Kampanye Gerilya di Twitter

8 November 2010 5,651 views 9 komentar

Salah satu hal menarik yang diamati di ranah daring adalah saat muncul aktivitas brand yang melakukan kampanye gerilya di Twitter. Si brand tidak menunjukkan dirinya langsung, melainkan “menitipkan” pesannya kepada para Net Advocate di Twitter. Kalau versi Marketeers, Net Advocate adalah mereka yang berperilaku sangat aktif di ranah daring dan memberikan kontribusi positif. Para Net Advocate ini umumnya menuliskan pesan teaser di tweet-nya, sebelum nantinya brand yang dimaksud muncul menunjukkan jati dirinya.

Sering-seringlah amati para Net Advocate saat mereka mulai menyajikan tweet yang diikuti dengan tagar. Terkadang ada tagar yang tanpa kita sadari sebagai pembacanya, sebetulnya bagian dari komunikasi sebuah brand. Dulu sekali ada #bukasemangatbaru yang ternyata adalah bagian dari komunikasi Coca-Cola. Juga pernah ada #50persen dari Anlene, #comeswithmusic dari Nokia, hingga yang lebih terbuka seperti #soyjoyhealthylicious dari SoyJoy dan #ionopolis dari Pocari Sweat.

Nah, beberapa hari lalu beberapa Net Advocate sempat menayangkan tagar #manjakandiri. Meski mereka menulis tweet bebas, namun tersinggung dalam beberapa tweet-nya kesukaan akan es krim cokelat. Lalu mulai Senin 8 November ini, tagarnya berganti menjadi #BelgianChocolate, yang diikuti dengan aksi twibbon. Di aksi twibbon ini, avatar Twitter akan tertutup sebagian oleh lumeran cokelat.

Sampai tulisan ini dipublikasikan, belum ada konfirmasi brand apa yang diasosiasikan dengan aksi tagar dan twibbon ini. Namun kalau dilihat semakin aktifnya brand es krim Magnum di Twitter dan Facebook, bukan tidak mungkin ini adalah aksi kampanye mereka. Apalagi memang brand ini baru saja meluncurkan rasa barunya yakni Belgian Chocolate.

Jadi, menurut kalian sendiri apa? Benarkah ini kampanye es krim Magnum ataukah brand lain?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

9 komentar »

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Menduga-duga Kampanye Gerilya di Twitter -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by reza syathir, Pitra and Pitra, Pitra. Pitra said: posting baru (tumben cuma 4 paragraf) Menduga-duga Kampanye Gerilya di Twitter http://bit.ly/awf28G […]

  • Toni :

    Magnum.

    Kalau #manjakandiri dan #BelgianChocolate aku tidak banyak berjumpa. Tapi kalau magnum, radar spidermannya berbunyi 😀

    Kalau benar dapat hadiah apa Pit? Apa ini termasuk nge-buzz magnum juga? :p

    Eh, tombol Facebook Connect di bagian komen ini ndak jalan kayaknya.

  • rangga :

    yay! ada avatar twitter saya!

  • ierone coretlima :

    makin kreatif atau gimana mas?

    Itu butuh biaya gede banget ya?

  • Rusa :

    keknya Pitra juga nge-buzz Magnum juga dehhh

    hehe

  • Pitra :

    @Toni, @Rusa:

    hihihi sayangnya saya di sini cuma pengamat, dan ini bukanlah postingan advertorial 😛

    @Ierone:

    kalau promotion cost sih relatif, malah seharusnya lebih murah, karena kampanye ini tidak ada web development sama sekali. Murni cuma bermain di social media.

  • Menduga-duga Kampanye Gerilya di Twitter | Marketeers :

    […] ini juga dimuat di blog penulis: Menduga-duga Kampanye Gerilya di Twitter VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

  • Sabai :

    Eaaa… banjir coklat belgia sampe kesini juga..

    Jadi pengin ke spa coklat! 🙂

    Kak Pitra rajiiiin deh mengamati, dan jeli.

  • Media Ide » Blog Archive » Menilik Kampanye Magnum :

    […] tulisan sebelumnya sempat dibahas tentang satu brand yang ramai membangun buzz-nya di Twitter dengan tagar […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge