Home » Creative Works

Lost in Val Sinestra

17 November 2010 3,722 views 3 komentar

Tulisan sebelumnya sempat dibahas tentang video interaktif untuk promosi brand EF. Video yang dibuat customized menampilkan nama dan foto pengguna. Nah, ternyata di luar sana ada yang punya ide serupa, tapi dengan eksekusi yang jauh luar biasa. Situs Lost in Val Sinestra dipilih menjadi salah satu situs dengan desain dan konsep terbaik. Situs ini menampilkan trailer film thriller tentang beberapa orang yang tiba-tiba menghilang misterius di sebuah villa terpencil.

Yang membuatnya beda dibandingkan trailer biasa adalah, film ini mengajak kita dan 9 orang teman kita sebagai bintangnya. Sebelum melihat film, kita harus terkoneksi dulu ke Facebook. Lalu kita diminta memilih 9 teman kita. Selanjutnya silakan menikmati trailer-nya. Cuplikan trailer ini akan menampilkan nama dan avatar kita dan 9 teman kita, dan menampilkan secara acak salah satu album foto kita di Facebook. Semuanya ditampilkan halus menjadi satu kesatuan film. Silakan simak film ini yang menampilkan banyak blogger ternama sebagai bintangnya.

Metode komunikasi yang disampaikan film ini sebetulnya menarik. Konsep film ini dibuat seakan-akan oleh kita, dengan teman-teman kita yang menjadi bintangnya. Meski film tetap linear, namun ada sentuhan personal yang disampaikannya. Film ini menjadi unik untuk setiap orang yang melihatnya. Film ini tidak bicara sendiri, tapi melibatkan audiens sebagai bagian dari elemen film. Produser film asli dan audiens saling melakukan co-creation dalam pembuatannya.

Setiap orang akan senang melihat bagian dirinya (meski hanya dalam bentuk avatar) muncul menjadi bagian dari film. Ia lalu akan menyebarkannya di Facebook, dengan men-tag nama-nama teman yang ikut membintangi film itu, yang akan ikut pula membuat versi lain dari film itu. Seketika akan muncul dengan cepat ratusan film yang masing-masing punya sentuhan unik dan personal. Sesuatu yang tak mungkin bisa diwujudkan dalam film format konvensional.

Sebetulnya menarik loh kalau ada yang mau mencoba konsep ini untuk film pendek Indonesia. Ada yang tertarik untuk mencoba?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

3 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge