Home » Online Communities

Bermain Kata-kata di Twitter

18 November 2010 8,055 views 6 komentar

Twitter awalnya diciptakan sebagai sarana berbagi informasi. Perkembangannya, sesuai dengan kreativitas penggunanya, Twitter berkembang lebih luas daripada sekedar bertukar info. Salah satu fungsi populer di Indonesia adalah sebagai ajang bermain kata-kata. Secara kolaboratif, setiap individu menyampaikan gagasan dalam bentuk kata-kata sesuai tema yang diajukan. Biasanya gagasan yang disampaikan dibuat selucu dan semenarik mungkin supaya follower-nya bisa ikut terhibur.

Biasanya permainan kata-kata ini dimulai dengan menyertakan tagar (#). Pengguna Twitter lainnya akan mudah menemukan tweet bertema ini dengan mencari tagar yang dimaksud di Twitter Search. Dimulai hanya oleh beberapa partisipan, namun dengan kemudahan retweet, permainan bisa dengan cepat menyebar. Biasanya setelah banyak yang bermain menggunakan tagar tersebut, beberapa orang yang menjadi inisiatornya akan membuat akun dengan nama yang serupa dengan tagar untuk mengkompilasi semua tweet yang menarik. Para partisipan yang ikut bermain biasanya langsung tertarik utuk bergabung menjadi follower akun tersebut. Makanya nggak heran, akun-akun seperti ini sering mengalami lonjakan follower yang luar biasa cepat.

Salah satu contoh yang menarik adalah @anjinggombal. Bermula dari #anjinggombal, tweet ini berisikan beragam gombalan. Ada tema yang dimunculkan dalam setiap jenis gombalan. Pemain mengarang kata-kata lucu yang bernada gombalan. Tweet ini semakin ramai sejak banyak selebriti yang ikut pula bermain. Makin kampung malah semakin lucu. Ribuan tweet telah dihasilkan, dan sebagian besarnya bahkan telah dikompilasi menjadi sebuah buku.

Ada pula @fiksimini, yang juga berawal dari tagar #fiksimini. Melalui tagar ini, partisipan menulis cerita mikro 140 karakter (dikurangi tagar). Dengan kreatif para partisipan memutar otak menyusun cerita yang bisa selesai, diikuti dengan twist. Banyak sastrawan dan budayawan yang sering ikut bermain kata dengan tweet ini.

Yang belakangan heboh adalah @soalbobo yang juga berawal dari #soalbobo. Sekarang akun ini telah berubah menjadi @soalbowbow untuk menghindari aspek legal yang mungkin mengancam dari majalah Bobo. Isi tweet ini sebenarnya sederhana, hanya menulis ulang soal-soal serius berupa Bahasa Indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam, dll, yang biasanya suka rutin ada di majalah Bobo. Setiap soal yang disampaikan @soalbowbow akan dijawab oleh partisipan di Twitter dengan cara yang unik dan tidak terduga. Yang lucu dari aksi ini adalah membaca respon jawaban dari sesama teman di Twitter.

Bermain kata-kata seperti ini memang menarik, apalagi kalau dilakukan bersamaan. Kalau sendirian yang bermain, gaungnya tak terasa. Namun begitu permainan ini diikuti oleh ratusan, bahkan ribuan orang, secara kolektif akan menimbulkan gaung yang luar biasa. Apalagi saat para selebriti ikut bermain. Follower mereka yang bejibun banyaknya akan turut ikutan. Salah satu keberhasilan gaung @anjinggombal dan @soalbowbow adalah melibatkan duet penyiar @miund dan @dagienkz sejak awal. Mereka ikut bermain sejak awal, yang akhirnya ikut terbawa pula ke ruang siar. Promosi gratis dari penyiar radio akhirnya ikut membantu melejitkan dua akun ini.

Faktor non komersial dari ketiga akun ini ikut mendongkrak popularitasnya. Biasanya, orang berpikir-pikir dulu saat ikut bermain dalam suatu tagar. Khawatirnya, ada brand yang mendompleng di belakangnya. Namun begitu tahu, kalau para pelaku di balik layar akun-akun ini adalah pengguna Twitter biasa yang tidak mencari keuntungan, orang cenderung lebih senang dan ikut berpartisipasi.

Nah, apakah Anda punya ide menarik untuk dijadikan cerita di Twitter?

Kredit foto: 7-How-7

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

6 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge