Home » Online Communities

Apa Itu Influencer?

19 November 2010 22,480 views 8 komentar

Banyak pakar social media yang bercerita tentang definisi influencer. Ada pula yang menyebutnya dengan istilah yang berbeda: rainmaker, catalyst, pemengaruh, tapi punya maksud yang serupa, yakni orang-orang yang bisa mempengaruhi orang lain. Kalau konteksnya social media, ya berarti medium untuk mempengaruhinya melalui Facebook, Twitter, Kaskus, blog, atau kanal social media lainnya.

Sebelum terlalu jauh ke sana, lebih enak menikmati video dokumenter yang ditulis dan disutradarai oleh Paul Rojanathara dan Davis Johnson ini dulu. Film ini bercerita tentang pandangan orang kreatif berpengaruh di New York tentang apa itu influencer.

Beberapa pendapat menarik yang muncul di video ini:

Rob Stone, Cornerstone: influencer adalah seseorang yang punya cara berpikir dan cara mengekspresikan diri yang berbeda-beda.

Josh Peskowitz, fashion editor: influencer adalah seseorang yang menjadi perhatian banyak orang karena kreatif dan inovasinya, atau bisa mengenali apa yang terjadi di masa datang dan bisa mempopulerkannya lebih dahulu dibanding orang lain.

Sky Gellatly, Team Epiphany: influencer adalah seseorang yang sangat dihormati, yang setiap opininya punya nilai.

Deirdre Maloney, BPMW Agency: influencer adalah seseorang yang bisa mengambil ide, brand, konsep, yang tidak ada dalam kesadaran mainstream, lalu mengubahnya menjadi kesadaran mainstream.

Jeff Staple, Staple Design: influencer adalah seseorang yang didengarkan opininya, dipercayai, dan membuat orang lain bereaksi setelahnya.

Seorang influencer tidak hanya melakukan aksi melalui mulut belaka, tapi juga melalui aktivitas kehidupannya sehari-hari. Lebih banyak lagi tentang influencer dan pengaruhnya terhadap dunia kreatif seperti musik, fashion, dan hiburan bisa disimak di penuturan menarik di video dokumenter ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

8 komentar »

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Apa Itu Influencer? -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by Media Ide, Pitra. Pitra said: sudah pernah lihat video dokumenter tentang INFLUENCERS ini belum? http://bit.ly/bc3HOC […]

  • defegacious :

    koneksi ngadat om, videonya tersendat..

    *eh..

  • slams :

    aku juga lagi influenza nih

    dan yg punya blog ini termasuk influencer

  • Media Ide » Blog Archive » Media Berbayar dan Tidak :

    […] jangkauan media berbayar pun semakin lebar. Brand mulai mencari siapa saja yang bisa menjadi influencer di Facebook, Twitter, dan blog. Brand melakukan pendekatan agar para influencer ini mau menyebarkan […]

  • kurniasepta :

    kata lainnya jadi trend center gitu to?

  • Apa Itu Influencer? | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Apa Itu Influencer? VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

  • The power of Retweet :

    […] salah satu target pemasaran yang sangat handal dalam penyebaran sebuah informasi dan bisa menjadi influencer bagi para pembaca berita di sebuah sosial […]

  • TanyaJogja :

    artikel menarik., nambah ilmu

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge