Home » Experiential, Online Branding

Ionorace, Saat Pengalaman Fisik dan Virtual Bersatu

21 November 2010 5,742 views 4 komentar

Sebelum baca tulisan ini, bacalah terlebih dahulu tulisan tentang Ionopolis, sebuah advergame dari Pocari Sweat yang mengintegrasikan social media Facebook, Twitter, dan Foursquare sebagai bagian dari elemen permainan. Meski belum sebulan, dengan promosi yang gencar di televisi, radio, billboard, serta buzz yang bermunculan di Facebook dan Twitter, jumlah pemain di situs Ionopolis kini sudah mencapai lebih dari 51.000 orang. Sangat kencang untuk sebuah kampanye brand lokal.

Di hari Minggu, 21 November ini Pocari Sweat memberikan pengalaman baru bagi para peserta advergame Ionopolis yang berada di Jakarta. Di Plaza Semanggi, sejak pukul 13:00, perburuan Ionorace pun dimulai. Konsepnya sebenarnya tak berbeda dengan acara televisi Amazing Race. Setiap peserta harus menelusuri Plaza Semanggi, naik turun lantai, demi menemukan clue. Clue ini ditunjukkan dalam bentuk QR Code. Dengan menggunakan aplikasi pembaca QR Code, pemain harus memfotonya untuk mendapatkan alamat situs berisikan soal kuis. Kalau kuis ini berhasil dijawab, point pemain di Ionopolis akan bertambah, dan pemain akan bisa membaca clue selanjutnya. Setiap clue akan mengarah ke clue lain dan berakhir di 6 pos tantangan.

Di setiap pos setiap peserta diminta untuk menyelesaikan tantangan. Dari menghitung jumlah tangga, mencari botol Pocari Sweat yang tersembunyi, menghitung botol Pocari Sweat yang tersebar di dalam mobil yang tertutup, senam kesehatan, hingga tantangan mencari orang untuk difoto bersama.

Dalam melakukan aktivitas ini, tentunya para pemain cepat capai. Menemukan clue sambil menduga-duga jawaban atas clue berikutnya itu yang sulit. Akibatnya, pemain dituntut untuk menelusuri lantai-lantai Plaza Semanggi dari lobi hingga teras tempat makan di lantai atas. Tubuh pun cepat capai. Setiap peserta dibekali satu botol Pocari Sweat untuk mengganti ion tubuh yang hilang karena terus bergerak. Pesan produk pun tersampaikan secara implisit di benak para pemain.

Aktivitas brand tidak mungkin bisa berjalan sendiri di ranah daring. Perlu ada aktivitas pendukung di dunia nyata yang bisa memperkuat gaungnya di ranah daring. Brand perlu melakukan communal activation. Aktivitas di Ionorace ini diharapkan bisa memperkuat gaung advergame Ionopolis. Apalagi konsep aktivitas yang dibawakan di Ionorace ini memang terintegrasi dengan versi daringnya. Melalui event seperti ini, para pemain Ionopolis pun bisa berjumpa satu sama lain, berkenalan. Harapannya tentu juga akan tercipta komunitas Ionopolis di sini.

Seharusnya ya, masih akan ada lagi event lanjutan di dunia nyata, mengingat masa kampanye daring Ionopolis ini masih lama. Saat ini Ionopolis baru menampilkan 4 lokasi pembasmian monster yang bisa diakses oleh pemain. Isunya masih akan dimunculkan belasan lokasi baru, sehingga para pemain baru pun masih punya kesempatan untuk mengejar dan menjadi pemenang utama.

Untuk yang belum pernah bermain, silakan bergabung, coba, dan rasakan enaknya bermain Ionopolis!

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

4 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge