Home » Online Branding

Bermunculannya Aplikasi BlackBerry untuk Brand

26 November 2010 4,890 views 8 komentar

Salah satu kanal yang mulai populer digandrungi brand tahun ini adalah mobile. Dengan pengguna BlackBerry di Indonesia yang mencapai hampir 2 juta orang (meski masih di bawah Nokia dan ponsel Cina), pasar ini mulai menggiurkan. Apalagi segmen pengguna BlackBerry ini cukup jelas, mereka yang umumnya sudah kuliah dan bekerja, dan memang aktif online.

Beberapa kampanye digital brand mulai memanfaatkan BlackBerry sebagai salah satu kanal komunikasinya. Sebut saja Marlboro Red Rush bulan Juni 2010 lalu. Aplikasi BlackBerry ini diluncurkan bersamaan dengan kompetisi yang juga berlangsung di situsnya. Selain berisikan konten informasi, aplikasi mobile ini juga menyajikan tantangan berseri dengan waktu pelaksanaan yang berbarengan dengan versi situsnya. Setiap anggota yang berhasil menjawab tantangan akan mendapatkan point. Nantinya pemenang dengan point tertinggi akan masuk final untuk memperebutkan jalan-jalan ke Itali.

Beberapa event pun mulai memanfaatkan aplikasi BlackBerry sebagai kanal komunikasi informasi. Sebut saja Indonesia International Motor Show, Java Soul Nation Festival, Java Jazz Festival, hingga pagelaran Onrop! Musikal. Saat ini isinya kebanyakan masih murni informasi, dan belum banyak interaktifitas di dalamnya.

Ada lagi satu aplikasi BlackBerry yang disponsori oleh brand, namun sangat bermanfaat untuk kebutuhan pengguna sehari-hari. Namanya Honda iMobili, yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen Honda untuk mendapatkan informasi serta layanan Honda. Melalui aplikasi mobile ini, selain informasi standar berita dan produk beragam tipe Honda, ada fitur interaktif yang menarik. Pertama, pengguna bisa mencari lokasi dealer Honda terdekat berdasarkan posisi GPS pengguna. Kedua, fungsi pengingat. Pengguna bisa mengisi tanggal kadaluarsa STNK, dan aplikasi ini akan membantu mengingatkannya menjelang masa kadaluarsa tiba. Pengguna juga bisa memasang pengingat masa ganti oli mesin, berdasarkan simulasi pemakaian bulanan. Ketiga, pengguna bisa mendapatkan estimasi ongkos yang dikeluarkan saat mobil harus cek bengkel setiap 10.000 km.

Pengembangan aplikasi mobile untuk brand memang baru mulai populer. Tidak hanya untuk BlackBerry, tapi juga untuk Symbian, Android, dan iPhone. Brand pasti masih ingin mengeksplorasinya lebih jauh untuk kampanye mereka mendatang. Pengembang semakin dituntut untuk melakukan inovasi desain dan fungsi mobile sejauh mungkin. Akan menarik bila aplikasi mobile di masa mendatang bisa semakin mendekatkan jarak antara brand dan konsumen, sehingga mempercepat komunikasi satu dengan lainnya.

Kredit foto: haleysuzanne

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

8 komentar »

  • Kampung Perawan :

    Perkembangan tekhnologi selalu berinovasi, penggunalah yang akan mendapatkan buah keuntungan hasil inovasi itu sendiri. lanjutkan!

  • kurniasepta :

    lebih dekat lebih laku 🙂

  • Bermunculannya Aplikasi BlackBerry untuk Brand | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Bermunculannya Aplikasi BlackBerry untuk Brand VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

  • lintas-oto.info :

    Mantaf artikelnya gans… senang bisa berkunjung ke situsnya :)…

  • http://www.foredi.or :

    Blackberry memang aplikasi yang menarik sekali, sangat mengerti kebutuhan penggunanya.

  • Alat Pemadam Api :

    Ide ini bener-bener luar biasa, berapa ya kira2 biaya pembuatannya ?

  • iptek UMY :

    sayng aku blm punya BB…

  • Media Ide » Blog Archive » Memprediksi Ranah Daring Indonesia 2011 :

    […] 2010 aplikasi smartphone mobile lokal mulai banyak berkembang. Banyak aplikasi BlackBerry lokal bertumbuhan, baik yang dikembangkan secara non profit maupun komersial. Namun kebanyakan aplikasi […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge