Home » Experiential, Online Branding

Coca-Cola dan “Like” Versi Nyata

27 November 2010 6,369 views 7 komentar

Kalau bicara tentang ide dan teknologi, salah satu contoh terbaik tahun ini adalah Coca-Cola Israel. Kampanye ini “memindahkan” kesukaan akan dunia virtual Facebook ke dunia nyata. Setiap tahunnya Coca-Cola Israel membuat kampanye Village Amusement Park, dimana ratusan remaja berkumpul bersama selama beberapa hari. Mereka berlibur dan bersenang-senang selama musim panas, semuanya dimanjakan oleh Coca-Cola.

Bedanya di bulan Agustus 2010 kemarin, kegiatan ini diintegrasikan dengan Facebook. Setiap remaja akan mendapatkan gelang dengan tag RFID tersemat di dalamnya. Pada saat registrasi, setiap tag RFID ini akan diasosiasikan dengan username-nya di Facebook. Di hampir setiap sudut lokasi disiapkan RFID reader. Peserta lalu tinggal mendekatkan gelangnya ke reader, dan secara otomatis peserta akan ikut me-like-nya di Facebook. Peserta bisa memberikan like pada objek, foto, event di dunia nyata, dan seketika itu pula teman-temannya di Facebook akan langsung mengetahuinya. Total peserta ada 650 orang, dengan 35.000 like dan update setiap harinya.

Kampanye ini menarik karena mengeksplorasi lebih jauh teknologi Facebook, namun masih memungkinkan untuk dieksekusi. Konsep yang menggabungkan social network virtual dan social network nyata ini adalah suatu hal yang baru. Coca-Cola berhasil membangun communal activation dalam aktivitas ini. Program Coca-Cola Village ini sudah berjalan di tahun ke-3, dan sejalan dengan karakter brand-nya yang memang mengangkat pesan “the real Coke side of life.”

Saat program ini dilaksanakan tahun 2008, responnya saja sudah luar biasa. Semua kegiatan terdokumentasi di situs promosinya. Semua acara yang diikuti remaja ini terdokumentasikan baik, dan menjadi rangkaian program televisi. Buzz yang sudah luar bisa besar di tahun 2008 ini semakin heboh di tahun 2010 saat social media mulai menjadi salah satu kanal komunikasinya.

Menarik bukan? Hihi, bisa jadi loh tren integrasi dua dunia social media ini akan menjadi tren kampanye brand di Indonesia tahun 2011.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • Ramya Prajna S. :

    Buat yang kemarin dateng ke Pesta Blogger 2010 dan nyobain Wooz.in yang kerja sama bareng Acer pasri udah ngerasain gimana serunya integrasi Social Network dan RFID 😉

    Sebenernya yang berjalan di Coca Cola Village ini "Like" nya hanya terimplikasi dengan status publish aja, bukan ke fungsi Like yang sebenernya. But the concept is all there, connecting the offline and online.

    Integrasi Facebook & RFID pertama kali muncul di Facebook Conference, bulan April 2010. And its inspire me to create Wooz.in *nebeng promosi* 😀

    Wooz.in akan ada di event Guinness Arthur's Day 2010, 4 Desember. Jadi kalo ada yang mau nyobain serunya Wooz.in you are most welcome to join the event.

    Please check http://wooz.in

  • kurniasepta :

    dari gambar dan videonya kayaknya pake huruf israel

    saya kurang suka dg coca-cola

    es degan aja nikmat 🙂

  • Adham Somantrie :

    Ramya, trus kapan dong gw bisa pake ini kartu wooz.in di Bandung? 😀

  • Coca-Cola dan “Like” Versi Nyata | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Coca-Cola dan “Like” Versi Nyata VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

  • Peluang Bisnis Tanpa Batas Dengan Produk Nyata Manfaatnya. :: Product Review :

    […] Media Ide » Blog Archive » Coca-Cola dan “Like” Versi Nyata […]

  • Beberapa Arti Mimpi & Penjelasannya - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik :

    […] Media Ide » Blog Archive » Coca-Cola dan “Like” Versi Nyata […]

  • Media Ide » Blog Archive » Memprediksi Ranah Daring Indonesia 2011 :

    […] media yang ada dan menjadikannya sebagai bagian dari pengalaman ber-social media para penggunanya. Coca-Cola Israel sudah mewujudkannya di 2010. Bukan nggak mungkin di 2011, kampanye serupa ini akan […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge