Home » Online Branding

Lari Bersama Nike+

28 November 2010 5,164 views 3 komentar

Nike+ adalah salah satu aplikasi menarik saat ide dan teknologi bisa membantu brand mendekatkan diri dengan konsumennya. Nike+ mengkombinasikan produk sepatu Nike, sensor, dan iPod/iPhone. Dengan alat ini, pengguna bisa mengukur jarak, kecepatan, waktu tempuh, dan kalori yang terbakar setiap kali berlari. Setelah selesai, pengguna bisa mengirimkan data statistiknya ke situs Nike+. Di sini, pengguna bisa menetapkan target, menantang orang lain, dan bahkan bisa melihat grafik statistik setiap larinya. Situs Nike+ adalah social network bagi para pelari sedunia. Untuk lebih jelasnya, silakan simak videonya di sini.

Menarik sih program Nike+ ini. Selain mendapatkan revenue penjualan langsung dari program ini, Nike membentuk komunitas pelari dengan jumlah yang cukup besar di dunia. Apa yang ditawarkan oleh Nike+ ini bermanfaat langsung bagi penggunanya, dan bisa dipakai terus-menerus. Sangat jarang ada brand yang membuat aplikasi untuk jangka panjang. Kebanyakan aplikasi hanya dipakai untuk kampanye pendek 2-3 bulan, dan setelah itu tidak ada kelanjutannya. Nike+ justru sebaliknya, menawarkan program dan aplikasi yang bermanfaat dalam jangka panjang.

Bahkan Nike+ mengeluarkan aplikasi baru, namanya Nike+ GPS. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memetakan arah lari. Rute yang sama bisa dipakai untuk menantang diri sendiri supaya bisa lebih cepat lagi di masa datang. Aplikasi ini berbayar, dan tetap saja banyak pula pengguna yang membelinya.

Untuk beberapa orang, Nike sudah bagian dari gaya hidup, termasuk di Indonesia. Sangat jarang Nike Indonesia melakukan program kampanye, tapi ternyata cukup banyak pelari Indonesia yang ikut berpartisipasi di situ Nike+. Melalui program seperti ini, brand tidak melulu menjual produk, tapi menawarkan fungsi yang memang bermanfaat bagi penggunanya. Fungsi yang tidak sekedar terucap di iklan, tapi memang dirasakan nyata melalui pengalaman penggunanya. Pengguna juga tidak melihat situs Nike+ sebagai situs promosi produk, tapi lebih melihatnya sebagai situs dengan fitur-fitur yang memang dibutuhkan penggunanya.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

3 komentar »

  • kurniasepta :

    " Fungsi yang tidak sekedar terucap di iklan, tapi memang dirasakan nyata melalui pengalaman penggunanya. "

    dan pengalaman itu dibagikan kepada yg lain

  • Adham Somantrie :

    Nike+ GPS hanya 1.99 dolar kok. lebih irit daripada mesti beli2 sensor. tapi ya namanya GPS, kurang akurasinya.

    ngomongin Nike+, gak akan bisa lepas juga dengan Adidas miCoach 😉

    untuk Anda pelari Nike+ Indonesia, jangan lupa ikuti challenge Indo Runner 2010 di nikeplus.com

    Mari Lari!

    – my.nike.com/AdhamPlus

  • Lari Bersama Nike+ | Marketeers :

    […] ini juga bisa dibaca di blog penulis: Lari Bersama Nike+ VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:R_U [1.9.3_1094]Rating: 0 (from 0 votes)Related […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge