Home » Online Communities

“Perang” di Trending Topic Twitter

28 December 2010 6,024 views 6 komentar

Sejak Indonesia kalah dari Malaysia 3-0 hari Minggu kemarin, suasana panas ikut berpindah ke ranah daring. Semua orang berkomentar tentang suasana pertandingan, baik itu warga Indonesia maupun Malaysia. Sayangnya semakin lama pembicaraan yang terjadi malah mengarah semakin negatif. Kalau sudah bicara trending topic, diakui pengguna Twitter Indonesialah jagoannya. Para ababil Twitter yang luar biasa banyaknya selalu saja bisa menyetir pembicaraan.

Sayangnya trending topic global yang muncul tidak mengenakkan,, Hate Malaysia. Seakan-akan semua warga Indonesia membenci Malaysia. Beberapa influencer lalu mencoba mengajak membangun tweet yang bernuansa positif. Muncullah tagar #loveindonesia. Mungkin saking labilnya para ABG di Twitter (namanya juga ababil), mereka gampang pula untuk ikut-ikutan. Seakan-akan (seakan-akan loh, nggak tahu benar atau tidak), mereka sadar kalau tweet sebelumnya tidak baik, sehingga lalu ikut-ikutan pula menyerukan pesan bernuansa positif dengan tagar #loveindonesia. Percaya atau tidak, hanya dalam hitungan jam, tagar #loveindonesia langsung menjadi trending topic global tertinggi, mengalahkan Hate Malaysia yang menurun popularitasnya.

Di hari Senin dari pagi hingga sore, pembicaraan di Twitter masih ramai seputar perseteruan bola antara Indonesia dan Malaysia. “Perang” ternyata tidak hanya terjadi dalam tweet, tapi juga dalam mengedit keterangan trending topic di Whatthetrend.com. Kalau diperhatikan definisi Hate Malaysia, #loveindonesia, dan dua trending topic lainnya, Malaysians, Indonesians, terus-menerus berubah. Kadang definisi diganti menyerang Indonesia, kadang diganti menyerang Malaysia, kadang ada yang mencoba menengarai dengan membuat definisi yang lebih objektif.

Simak saja tangkapan layar berikut ini. Antara keduanya hanya berbeda kurang dari 1 jam.

Sepertinya pertandingan leg 2 di Jakarta besok Rabu akan menuai keramaian serupa di Twitter. Kita lihat saja apakah “perang” trending topic akan kembali terjadi esok.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

6 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge