Home » Online Communities

Ucapan Selamat dari Indonesia

30 December 2010 3,737 views 7 komentar

Kemarin malam kebetulan dapat tiket VIP untuk pertandingan leg 2 Indonesia – Malaysia di Gelora Bung Karno (GBK). Isi GBK merah semua, dari luar jalan Sudirman, sekitar FX dan jembatan penyeberangannya, masuk ke area luar GBK, hingga mata terpaku takjub saat memasuki lautan merah di dalam GBK.

Katanya ada sekitar 95.000 orang hadir di dalam GBK (termasuk satuan pengamanannya). Sayangnya penuhnya massa berkonsekuensi pada jeleknya sinyal. Jadi perhatian pun fokus terjadi di lapangan. Nggak usahlah ya diceritakan apa saja yang terjadi di GBK. Lagi pula sudah agak basi, karena pasti Anda sudah membacanya di media cetak tadi pagi. Anda boleh simak saja deh galeri foto ini dan beberapa cerita di baliknya di blog ini.

Bersyukurlah tidak ada yang perlu dikhawatirkan sepanjang acara. Meski Indonesia tidak memenangkan piala AFF Suzuki Cup, namun penonton tetap beperilaku sportif. Memang tetap ada sih saat pertandingan berakhir, yang kampungan dengan melempar botol-botol air ke arah lapangan. Tindakan bodoh memang. Penonton lainnya ikut protes. Untungnya tidak berlangsung lama.

Sepulangnya dari GBK, baru sempat deh mengamati percakapan menarik apa saja yang terjadi di Twitter. Yang jelas penyumbang suara di Twitter ini pastilah bukan mereka yang berada di GBK (karena hambatan sinyal). Mereka yang berkomentar adalah yang menonton pertandingan melalui siaran langsung di televisi. Ternyata sikap sportif pun bisa ditemukan di ranah daring.

Terharu juga saat melihat trending topic kemarin malam. Kalau hari sebelumnya sempat banyak ejekan dan cacian ke negeri tetangga, kali ini yang ada malah sebaliknya. Pengguna Twitter Indonesia (yang ketiga terbesar sejagad maya) kembali menguasai trending topic global melalui pernyataan Congratulation Malaysia. Meski kalah, warga daring Indonesia tetap mengucapkan selamat akan keberhasilan Malaysia.

Selain itu ada pula tagar #thankyouriedl, sebuah ucapan terima kasih kepada pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, akan perjuangannya membawa tim Indonesia hingga final, meski ia berada dalam tekanan internal birokrasi PSSI. Ucapan ini sekaligus menyinggung ketidakberesan yang terjadi dalam tubuh PSSI. Apalagi tagar #nurdinturun sempat pula terangkat menjadi trending topic sebelumnya, Warga daring meminta ketua PSSI eks koruptor itu untuk turun dari jabatannya. Tagar ini sebetulnya sudah berhari-hari ini muncul.

Seharusnya kalau PSSI (dan Nurdin) paham suara warga social media, ia tak akan mengabaikan begitu saja suara ini. Hihihi, tapi ya kenyataannya seorang Nurdin adalah seorang konvensional. Ia mengabaikan setiap suara yang ada. Ia masih hidup di era masa lalu, saat masih berpikir, yang benar adalah dirinya sendiri, nggak peduli suara orang lain.

Berikut ini trending topic yang terjadi semalam usai pertandingan, baik versi global maupun versi Indonesia.

Terima kasih untuk Pocari Sweat yang memberikan undangan menonton pertandingan seru ini ya!

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • sibair :

    emang orang indoesia itu sportif2 ya mas 😀
    sibair baru saja menulis..Mengenal Hosting dan Domain

  • Praba Nyoba Ngeblog :

    Selamat Natal Dan Tahun Baru…

    blog yang bagus, saya kirim trackback deh……

  • andinoeg :

    Happy New year

  • Belajar Ngeblog di BLOG :

    Haus gelar, pocari aja.

  • Media Ide » Blog Archive » Cara Menjadi Populer di Twitter :

    […] diri. Misalnya @hedi yang sempat membahas kebobrokan PSSI. Ia membahasnya mendekati final AFF Suzuki Cup leg ke-2. PSSI memang menjadi salah satu topik hangat saat itu di Twitter, dan @hedi menceritakan beberapa […]

  • Cara Menjadi Populer di Twitter | Marketeers :

    […] diri. Misalnya @hedi yang sempat membahas kebobrokan PSSI. Ia membahasnya mendekati final AFF Suzuki Cup leg ke-2. PSSI memang menjadi salah satu topik hangat saat itu di Twitter, dan @hedi menceritakan beberapa […]

  • Cara Menjadi Populer di Twitter | Lisa Sugeha :

    […] diri. Misalnya @hedi yang sempat membahas kebobrokan PSSI. Ia membahasnya mendekati final AFF Suzuki Cup leg ke-2. PSSI memang menjadi salah satu topik hangat saat itu di Twitter, dan @hedi menceritakan beberapa […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge