Home » Online Communities

Cara Menjadi Populer di Twitter

3 January 2011 6,479 views 24 komentar

Dunia Twitter Indonesia dipenuhi oleh lebih dari 5,3 juta pengguna. Memang sih mungkin yang sangat aktif tidak sampai 20%-nya, namun jumlah itu tetap banyak. Menjadi populer di antara 1 juta pengguna aktif Twitter tidak gampang, apalagi kalau kita bukanlah seorang selebriti terkenal. Namun bukan berarti tidak bisa terjadi. Setidaknya ini terbukti dengan teman-teman saya yang tiba-tiba melejit popularitasnya. Mereka tiba-tiba mendapatkan follower ribuan dalam sekejap. Follower yang sebenarnya ya, bukan mesin.

Berdasarkan bahasan dengan Hedi Novianto, Pak Didi Nugrahadi, dan Ndoro Kakung di Twitter, popularitas ini terjadi karena tiga faktor: passion, momentum, dan keberuntungan. Mari kita bahas satu persatu.

Passion

Seperti menulis blog (yang pastinya lebih susah menulis blog daripada men-tweet), butuh kecintaan terhadap Twitter. Kita perlu selalu punya gagasan atau ide atau pemikiran (atau apapun) yang bisa dituangkan di media ini. Kalau kita cinta akan suatu dunia, maka kita akan sering berbagi pengetahuan tentang dunia yang kita cintai ini di Twitter. Seorang blogger pecinta bola bernama @hedi misalnya, sejak awal ia ngeblog, bahasannya selalu seputar sepak bola, karena ia memang pecinta bola. Di Twitter, ia tuangkan lagi kecintaannya akan dunia bola dengan men-tweet yang relevan dengan ajang pertandingan bola (dan dunia di baliknya).

Ada pula seorang teman yang suka bermain kata. Sebut saja @rahneputri dan @rindut. Yang pertama suka bermain kata-kata indah. Yang kedua suka mempelesetkan kata atau kalimat. Keduanya selalu konsisten dalam hampir setiap tweet-nya. Ada lagi @tuhunugraha dengan tagar khasnya #marketinsight, yang selalu mengamati dunia dari mata seorang pemasar. Pasti masih banyak lagi teman-teman Twitter lainnya yang mencoba membangun konsistensi tweet dengan menulis hal-hal yang disukainya.

Momentum

Sayangnya mendapatkan follower dalam sekejab tidak melulu cukup punya passion. Faktor eksternal pun berpengaruh. Secara perlahan memang lingkaran sosialita kita di Twitter akan terus meluas secara organik, meski tidak bisa dibilang cepat. Untuk mendapatkan 5 follower baru dalam sehari saja sudah bisa dibilang sangat bagus. Biasanya mereka adalah yang tertarik dengan apa yang kita bahas Ada tweet kita yang sempat di-RT oleh teman kita, dan terbaca oleh mereka. Namun untuk bisa dapat lebih dari 5 follower dalam sehari? Pastilah sulit.

Tidak dipungkiri faktor eksternal bisa sangat membantu membangun popularitas diri. Misalnya @hedi yang sempat membahas kebobrokan PSSI. Ia membahasnya mendekati final AFF Suzuki Cup leg ke-2. PSSI memang menjadi salah satu topik hangat saat itu di Twitter, dan @hedi menceritakan beberapa hal di balik layarnya. Tweet-nya sudah dikompilasi oleh @qronoz di blognya. Begitu banyak @hedi mendapat RT. Dalam hitungan jam, follower-nya yang awalnya sekitar 800-an meningkat drastis menjadi 4.000-an.

Jangan salah. Sudah sejak lama @hedi membahas tentang dunia bola baik di blog maupun tweet-nya, namun baru kali ia mendapat tanggapan luar biasa di jagad maya. Momen final sepak bola kemarin dan isu bobroknya PSSI membuat orang ingin tahu lebih banyak, dan mereka menemukan tweet @hedi.

Keberuntungan

Kalau ini faktor yang tak bisa diprediksi sama sekali. Mungkin saja saat itu kondisi linimasa Twitter sedang membosankan, lalu ada orang yang mengirimkan tweet lucu dan unik. Sesuatu yang kontras dibandingkan linimasa Twitter pada umumnya.

Mungkin contoh menarik untuk ini adalah @rindut atau @rahneputri. Keduanya mendapat lejitan follower murni karena RT teman-temannya. Faktor utamanya adalah saat mereka direferensikan oleh selebriti Twitter yang sudah memiliki banyak follower. Spontan saja langsung banyak orang yang membaca kekhasan tweet mereka lalu mem-follow-nya.

Terlepas dari keberuntungan atau momentum, yang paling penting tetaplah kontennya. Faktor momentum dan keberuntungan hanyalah faktor yang membantu percepatan distribusi informasi. Tanpa konten yang ditulis dengan passion, tetap saja tidak akan jadi apa-apa.

Kredit foto: Artotem

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

24 komentar »

  • snydez :

    vote @hedi untuk dapat verified account!
    *lho :d

  • hedi :

    kira2 kalo ga pernah ngetwit bola, trus tiba2 ngetwit soal bola undercover & dibantu moment, apa akan sama dengan kejadian gue ga Pit? beberapa hari ini, masih bertanya 😀
    hedi baru saja menulis..Malaysia vs Indonesia- 3-0

  • bukik :

    Analisis yang tajam
    faktor yang dibawah pengaruh kita langsung adalah passion
    Ketika kita konsisten dalam jangka waktu relatif lama
    Kita akan mendapatkan momentum dan keberuntungan itu
    bukik baru saja menulis..Human Capital 30

  • Pitra :

    @hedi:
    hihi belum tahu.. Tapi di benak banyak orang yang sudah meng-RT @hedi kan sudah tahu kalau pada dasarnya @hedi maniak bola. Nggak kalah dengan @andibachtiar, misalnya. Jadi gw sih percaya aja 🙂

  • Belajar Ngeblog di BLOG :

    Sy aja bwt dpt 1.100 follower butuh waktu 2 tahun, dan perjuangan :p
    @kurniasepta

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Cara Menjadi Populer di Twitter -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by Irvan Putra, Hedi, Hedi and others. Hedi said: komen gw masih susah muncul di blog lu pit 😀 >> @pitra: posting baru: Cara Menjadi Populer di Twitter http://bit.ly/hH4jcv […]

  • red :

    Emang kalau banyak follower senang tapi khan yang penting kita pikirkan bagaimana kita dapat memanfaatkan twitter.
    red baru saja menulis..Twitter Client Terbaik versi blogmasindra

  • haris :

    coba dulu ah……
    haris baru saja menulis..Review Fujifilm Finepix S2800HD

  • Kampung Perawan :

    Buzzeett.. Baru diketik ngalahin puluhan ribu blog termasuk lintasberita..??

  • Pitra :

    @kampungperawan: maksudnya ngalahin puluhan ribu blog apa ya?

  • irwan 4 famouser :

    berdoa berharap irwan jadi selebriti twitter

  • didut :

    saya percaya kang hedi !! =))

  • sibair :

    momentum emang yang paling penting ya mas… klo ada event besar yang di sorot publik dan para penduduk ranah daring maka berlombalah untuk ngetweet yang paling aktual,kreatif dan fun ? rite ? xixi
    sibair baru saja menulis..Resolusi 2011

  • kurniasepta :

    perlu dipraktekin nih

  • andinoeg :

    Thanks tipsnya

  • andinoeg :

    komen saya kok gak muncul ya??

  • devieriana :

    saya ngetwit kalau sempet. Nggak ada yang tanya ya? 😆
    saya ngetwit hal-hal yang lucu aja. Syukur-syukur kalo sampe di mention sama @jokefisien. Bisa mandi mensyen sayany.

    Follower? semoga mereka ikhlas memfollow saya … hahahaha.. 😆

  • hitamputih :

    Saya malah jarang maen d twitter…hihii

  • awe :

    thanx tipsnya.. jadi inget tulisannya radit yg judulnay Twittergenic, Cara bagaimana memoles twitter agar telihat smart & beauripul.. -> http://radityadika.blogdetik.com/2010/09/22/twittergenic/

  • Tenagasurya :

    emmm.. saya gk begitu mendalami twitter??
    namun cara ini bisa dicoba si…. sapa tau saya jadi orang populer. hihihi……

  • Tuhu Nugraha :

    Wewww ada nama gw disebut, pantes aja beberapa hari yang lalu sempet banyak follower baru dadakan jangan-jangan sumbernya dari sini. Thx Pitra…

  • maRio :

    followerku baru 36 xixixi

  • nucreativa :

    kapan yah gw dpt followers lebih dari 1000 :hammer:

  • terselubung :

    boleh nambahin 1 ya..

    4. KONSEP

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge