Home » Online Communities

Berbagi Surat Cinta

24 January 2011 5,972 views 7 komentar

Tahukah Anda, kalau sejak tanggal 15 Januari 2011 hingga nanti 14 Februari 2011, beberapa teman di Twitter aktif menulis surat cinta? Coba deh simak tagar #30harimenulissuratcinta, Anda akan menemukan banyak tautan yang merujuk pada blog berisikan surat-surat cinta. Cinta tidak hanya kepada pasangan, tapi juga bisa kepada orang tua, saudara, tetangga, sahabat, binatang peliharaan, dan bahkan makhluk imajiner.

Tiga orang warga Twitter, @ekaotto, @perempuansore, dan @omemdisini menjadi kurator aktivitas ini. Mereka mengumpulkan semua cerita kiriman dari puluhan orang ini dan memasukkannya dalam satu blog tersendiri.

Siapa yang nyangka ya kalau ternyata banyak sekali yang ikut mengirimkan surat via Twitter. Lihat saja per harinya, bisa 50-70 surat, bahkan hari ke-3 mencapai 90 surat. Belakangan ini, para kurator mencoba lebih menyeleksi sehingga hanya 30-an tulisan pilihan yang dimuat di blog ini. Tujuannya, supaya para penulis surat lebih terdorong untuk menulis surat cinta terbaiknya.

#30harimenulissuratcinta hanyalah satu contoh crowdsourcing karya kreatif di Twitter. Kesamaan ketertarikan akan suatu topik membuat orang-orang berkumpul dan menyalurkan apresiasinya. Tanpa perlu embel-embel hadiah sebagai motivasi, ternyata banyak orang yang ikut menulis, hanya karena didasarkan keinginan pribadi saja. Para kurator pun senang melakukan ini. Mereka rela membantu agar semua cerita terkumpul dengan baik. Mereka dengan rajin me-retweet informasi tulisan yang disampaikan warga Twitter. Tujuannya baik, agar semua penulis mendapatkan kesempatan publikasi sama.

Sekarang siapa yang sudah ikut berpartisipasi? Sedikit terlambat juga nggak apa-apa kok.

Psst, yang menulis blog ini juga ikut serta dalam #30harimenulissuratcinta, dan surat-suratnya bisa dibaca di sini.

Kredit ilustrasi: Ka Rasmuson

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • Kampung Perawan :

    Kreatif juga ya yang ngorganisir surat2 itu. he2..

  • ekaOtto :

    aaaww…cute! :’)

    mari menulis surat cinta bersama #30hariMenulisSuratCinta :’D
    ekaOtto baru saja menulis..Lame but quite cute our first picture -&lt3

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Berbagi Surat Cinta -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by adyta dhea purbaya, Alliyya Hijriani, Surat Cinta, Anonymous ♥, joey andrea and others. joey andrea said: RT @omemdisini: Semuanya…! Baca yah http://bit.ly/fFs8jO #30harimenulissuratcinta diulas di @mediaide loh…. *lemparlempar tumpukan s … […]

  • sibair :

    hihihihihi sampe diposting di media-ide 😀

    Semangat buat mbak eka sama perempuan sore.. kreatif idenya..

  • kurniasepta :

    oalah,, ternyata tagar yang berseliweran itu
    Mau baca surat cintanya #so sweet 😀
    kurniasepta baru saja menulis..Menambahkan TV Online Pada Blog

  • devieriana :

    pengennya yang dikirim surat cintaaa… 😆

  • nonadita :

    Aku juga maunya jd yg dikirimi surat cinta :mrgreen:

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge