Home » Online Communities

Shoebox Project: Berbagi Manfaat Bagi Orang Lain

28 January 2011 4,879 views 8 komentar

Dunia Twitter tidak hanya untuk mencari teman baru, tidak hanya untuk menemukan pengetahuan baru, tidak hanya untuk mendengarkan isu politik negara, namun dunia Twitter bisa pula dipakai untuk berbagi aktivitas kegiatan sosial. Semua orang pasti tahu bagaimana Twitter bisa dimanfaatkan penghuninya sebagai medium pengkoordinasian sumbangan saat bencana Merapi dan Mentawai.

Salah satu kegiatan di Twitter yang sayangnya belum terlalu terdengar, tapi ternyata punya kontribusi yang cukup besar dalam kegiatan sosial adalah Shoebox Project.  Beberapa orang menggagas kegiatan ini untuk mengingatkan kalau selalu ada hak orang lain di dalam pendapatan kita. Mereka mengingatkan kita untuk bisa stop acuh dan mulai peduli bagi orang lain.

Setiap bulannya Shoebox Project membuat program kegiatan sosial yang berbeda. Mereka banyak memfokuskan diri untuk membantu panti dan sekolah non formal. Dukungan bisa berupa sumbangan dana maupun tenaga. Hal yang menyenangkannya adalah, ternyata meski minim publikasi, dukungan yang datang tetap banyak. Mereka biasanya menentukan target sumbangan per bulan, dan biasanya yang terjadi jauh lebih besar daripada itu. Sumbangan sukarelawan saat ke lokasi pun ternyata suka melebihi ekspektasi, sehingga nggak jarang pengurus Shoebox Project yang akhirnya membatasinya.

Untuk bulan Februari ini, tema yang mereka angkat adalah “Creating Family.” Di kegiatan ini, mereka akan melibatkan kakek dan nenek dari Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia dan anak-anak Panti Asuhan Adinda, yang keduanya berlokasi di Cengkareng. Mereka akan dipertemukan sambil melakukan aktivitas bersama. Untuk yang mau berpartisipasi menyumbang dana, silakan kunjungi blog Shoebox Project atau kontak via email. Atau ikuti aktivitas mereka di Twitter.

Seperti diceritakan dalam beberapa tulisan terdahulu, banyak cara untuk melakukan kontribusi konten positif melalui Twitter. Tinggal keniatan hati untuk melakukan apa yang kita bisa dan kita sukai.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

8 komentar »

  • kurniasepta :

    sosial media juga bisa sebagai ajang untuk menggalang kegiatan sosial.
    Terus lanjutkan dengan niat yang ikhlas 😀
    kurniasepta baru saja menulis..Menambahkan TV Online Pada Blog

  • devieriana :

    Pertama kali baca judulnya kirain membahas ttg sepatu-sepatu gitu, ihihihi… Ternyata, pas dibaca nggak ada hubungannya sama sepatu, tapi justru menginformasikan ttg kegiatan sosial positif dan mulia…

    Salut sama orang-orang yang ada dibalik kegiatan ini.. 🙂

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Shoebox Project: Berbagi Manfaat Bagi Orang Lain -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by puti karina puar, Beriozka Anita and Bukik, Media Ide. Media Ide said: posting baru ttg aktivitas positif di twitter: "Shoebox Project: Berbagi Manfaat Bagi Orang Lain" http://siteo.us/hgma cc: @shoeboxproject […]

  • sibair :

    ohh ini jelas bermanfaat sekali.. tweet up bisa jadi ajang silaturahmi dan salaing mengenal. Sekalian bisa bikin acara-acara sosial seperti ini.

  • The-netwerk :

    nice..
    sempatkan mengunjungi website kami http://www.the-netwerk.com
    sukses selalu!

  • Bali Webserver :

    Wah kegiatan bagus nih..jempol buat kalian semua…

    Hosting dan Domain murah

    Klik http://www.baliwebserver.com

  • nizard :

    mantap

  • ahmad :

    emang betul itu, didalam harta yang kita miliki ada hak milik orang lain.

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge