Home » Online Living

Inspirasi dan Atribusi

31 January 2011 6,629 views 10 komentar

Siapa yang nggak menyangka kalau kini banyak inspirasi bisa didapat dari dunia Twitter? Banyak orang memanfaatkan Twitter untuk memperluas personal branding-nya. Mereka menuliskan tweet yang menyegarkan otak dan hati. Mulai dari dari tweet motivasi, romansa, tips keuangan, karir, hingga pengajian di pagi hari. Terlepas dari apakah mereka berinteraksi balik dengan para follower-nya, apapun yang mereka bagi tetap memberikan inspirasi untuk banyak orang. Nggak jarang tweet seperti ini mendapatkan RT hingga ratusan kali. Para follower ikut menyebarkan kebaikan tweet ini bagi teman-teman mereka.

Untuk para pengguna Twitter yang awalnya sudah dikenal di luar dunia maya, tweet inpirasi mereka umumnya selalu tak jauh dari dunia mereka sehari-hari. Namanya juga menjaga sekaligus memperluas personal branding, bisa jadi menurut mereka akan terasa aneh kalau isi tweet mereka di luar konteks profesi mereka. Sebut saja @safirsenduk, seorang perencana keuangan. Ia memberikan tips keuangan dalam cara yang lebih fun dan kontekstual dengan terjadi saat itu di dunia nyata. Ia menyelipkan guyonan dalam beberapa tweet-nya, sehingga nggak jarang kita tersenyum setiap membacanya, meski tanpa kehilangan esensinya.

Ada pula pemain baru, @fithriadam, yang membahas tips keuangan yang lebih fokus, berhubungan dengan kecantikan dan perawatan diri. Pastinya perempuan pekerja aktif akan tertarik untuk membaca tips-tips yang disampaikannya.

Ada pula @lexdepraxis yang sering menyampaikan tips-tips romansa. Tak dipungkiri, banyak tweet-nya yang di-iya-kan oleh para laki-laki, meski kadang itu berdampak ia dimusuhi oleh banyak perempuan pula. Ia selalu konsisten dalam menyampakan tips-tips cinta dan pdkt. Bisa jadi apa yang ia lakukan ini memang membantunya dalam bisnis yang ia jalani saat ini.

Di Twitter banyak pula para pecinta kata. Mereka dengan lincahnya bermain bahasa, baik Indonesia atau Inggris, untuk menyampaikan suasana hati dan pengalaman mereka. Ada kata yang terdengar romantis, ada yang terdengar menggoda, ada yang terdengar lucu. Banyak hal. Sebut saja @rahneputri, @amrazing, @fatimaalkaff, @zarryhendrik, @millyshafiq, @rindut, dll. Nggak jarang setiap tweet kata-kata mereka mendapat puluhan RT.

Perlu diketahui konsep RT adalah untuk memberikan atribusi bagi penulis tweet aslinya. Meski hanya 140 karakter, dan buat para penulis tweet ini, kata-kata ini hanya dipikirkan dalam hitungan detik, bukan berarti tweet inspirasi tidak perlu mendapat penghargaan. Menyebutkan sumber asli penulis tweet saat melakukan RT adalah cara kita memberikan atribusi kepada mereka.

Dunia Twitter saat ini adalah dunia yang menyenangkan. Banyak ide, pemikiran, kreasi, inspirasi, muncul setiap harinya. Semakin banyak akun yang kreatif memanfaatkan Twitter untuk memberikan kontribusi konten positif bagi jagad maya Indonesia. Tanpa bayar kita bisa mendapatkan itu semua. Tanpa bayar kita mendapatkan pencerahan otak dan hati setiap saat. Tanpa bayar kita bisa tertawa, tersenyum, terkejut setiap saat. Para penyumbang konten positif ini pun senang kalau karya mereka disebarkan melalui RT. Pastinya ada rasa puas di hati setiap kali ada follower mereka yang melakukan RT. Sebaliknya, mereka pun bisa jadi akan sebal kalau ada yang melakukan copy paste tweet mereka dan menjadikannya seakan-akan kreasi orang lain, tanpa mengindahkan atribusi.

Kredit foto: Alice Popkorn

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge