Home » Online Communities

Cari Uang Melalui Twitter

15 February 2011 5,643 views 8 komentar

Biarin, judulnya bombastis, biar dilirik oleh mesin pencari Google πŸ™‚ Eh tapi beneran loh, semakin hype-nya Twitter, semakin banyaknya orang kreatif yang memanfaatkan hype ini dan mengubahnya menjadi peluang bisnis. Namun janganlah berpikir ini sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apa yang kita lakukan di Twitter identik dengan kepercayaan. Banyak yang menjadi follower kita karena mereka percaya kalau kita bisa memberikan konten yang terbaik bagi mereka. Jadi perlu sangat berhati-hati agar kepercayaan mereka ini tidak disalahgunakan untuk kepentingan komersial semata. Kalau itu terjadi, yang rusak adalah reputasi kita sendiri.

Seperti blog, Twitter juga berisi muatan konten. Kalau kontennya menarik tentu akan banyak yang mengikuti. Kontennya sangat menarik dan mengundang interaktivitas, follower pun akan semakin membesar. Konten menarik, mengundang interaktivitas, dan unik atau sama sekali baru, follower akan ikut membesar dan aktif ikut menyebarkan via retweet.

Ada beberapa individu (baik selebriti maupun bukan) yang berhasil meraih banyak follower karena eksistensinya di ranah maya. Mereka selalu aktif berbagi informasi menarik, berinteraksi, dan kadang menyampaikan tweet yang terdengar kontroversial. Jumlah follower yang banyak dan tingkat retweet mereka yang cukup tinggi membuat mereka dilirik oleh produsen brand. Brand lalu akan menitipkan pesan program mereka dalam beberapa tweet, lalu si individu akan merangkaikan kata-katanya agar pesan brand tersampaikan tanpa terlihat berjualan. Umumnya penyampaian ini dilakukan dengan cara mengajak follower mereka untuk ikut serta men-tweet dengan tagar tertentu. Tagar ini yang akan dilacak popularitasnya oleh brand.

Cara lainnya yang kini semakin populer adalah membuat akun Twitter fiktif. Akun ini bisa mengkuratori semua tweet yang menggunakan tagar tertentu. Tujuannya supaya kumpulan tweet yang disampaikan oleh banyak pengguna bisa terangkum rapih dan memudahkan dibaca lebih banyak orang.

Ada pula yang memang murni dibuat agar orang mau ikut partisipasi di dalamnya. Tweet lalu bisa berupa pertanyaan, yang lalu dijawab oleh follower-nya dengan menggunakan retweet. Para follower mau nggak mau menggunakan retweet ini agar ia menyampaikannya dalam konteks yang bisa dimengerti teman-temannya. Cek saja pola yang dilakukan oleh @mentionke, @soalbowbow, @soalcinta dan puluhan varian lainnya.

Akun-akun seperti ini mulai merasakan rejekinya belakangan ini. Ketika mereka memiliki ratusan ribu follower dengan tingkat retweet yang tinggi, wajar jika banyak brand yang berharap bisa ikut menumpang ketenarannya. Beberapa brand mulai menitipkan pesan melalui soal tweet yang mereka sampaikan. Biasanya jawaban disertai tambahan tagar yang diminta oleh brand. Bagi siapapun yang menyampaikan jawaban paling keren, akan mendapatkan hadiah dari brand sponsor.

Sudah cukup banyak pemilik akun Twitter yang ikut merasakan mendapatkan rejekinya dari sini. Mengingat hype-nya masih akan terus meningkat, peluang untuk ikut mendapatkan rejeki halal dari sini tentu juga besar. Sekedar info, para pemilik akun soal di atas banyak yang tidak memiliki follower tinggi. Orang lebih mengenal akun Twitter fiksi mereka dibanding individu di baliknya. Jadi nggak usah khawatir kalau kita punya follower sedikit. Masih besar kesempatan asal kita bisa kreatif.

Hanya perlu diingat, apa yang kita lakukan dengan akun Twitter kita identik dengan reputasi. Saat kita memanfaatkannya dengan sangat berlebihan untuk mendapatkan rejeki, bisa jadi malah akan menjadi bumerang bagi kita sendiri. Jadi, usahakan tetap proporsional. Mungkin 10% dari rata-rata jumlah tweet harian kita pakai untuk promosi brand masih bisalah dibilang wajar. Pemilihan kata-katapun harus diatur agar tidak membuat follower menjadi sebal karenanya.

Kredit foto: Emma Brabrook

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

8 komentar »

  • Rusa :

    jadi
    bagaiaman caranya cari uang lewat twitter? #nanyalagi

  • Tweets that mention Media Ide » Blog Archive » Cari Uang Melalui Twitter -- Topsy.com :

    […] This post was mentioned on Twitter by Media Ide, Asep Aris R and Purwo Subagiyo, Pitra. Pitra said: new post "Cari Uang Melalui Twitter" http://bit.ly/hNpsZZ *biarin judulnya gini biar dilirik mesin pencari* […]

  • Belajar Ngeblog di BLOG :

    Salah satu marketplace iklan online, idblognetwork jg mulai merambah ke twitter sbgai ajang kampanye marketing. Sudah mulai mengumpulkan blogger yg punya 1000+ follower di twitter.

  • sibair :

    Memang kenyataanya semakin banyak brand yang mulai turun ke dunia maya ini. Seolah ingin mendompleng ke pengguna tweet dengan follower yang ribuan makanya timbul persepsi tweet dengan nama tweet berbayar ya? πŸ˜€

  • Wahyu Liz Adaideaja :

    Ya, jaman sekarang arus informasi begitu cepat, dan twitter salah satu media tercepat dalam tukar informasi.
    bahkan bs pacaran jg lho via twitter.
    Say it With Follower

  • Filmonix :

    Pengen ikutan kampanye marketing IDBN via twitter, tapi sayang belum punya follower banyak.

    apa medi-ide punya tips buat memperbanyak follower?
    Filmonix baru saja menulis..Sutradara Fast Five Berjuang Membangkitkan Terminator

  • archer :

    masih kurang faham ni penjelasannya hehe
    archer baru saja menulis..Hacking Tools Terbaru Memberi Ancaman Lebih Besar Terhadap Pengguna WiFi

  • Kampung Perawan :

    Mikro blogging yang satu ini emang fleksibel untuk semua hal..

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge