Home » Experiential

BlackBerry Live & Rockin’

20 March 2011 4,983 views 6 komentar

Kayaknya hampir semua orang di ranah social media tahu kalau Sabtu malam kemarin itu ada perhelatan BlackBerry Live & Rockin’ di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Yah, kalau nggak tahu berarti memang Anda kurang eksis di Twitter. Ada sesuatu yang baru di event konser musik ini, yang mungkin bisa dikatakan sebaagai salah satu contoh sukses penyelenggaraan event yang berbasis device dan social media di Indonesia.

Konser musik yang menampilkan 2PM, Shontelle, Taio Cruz, dan puncaknya Suede ini diselenggarakan oleh BlackBerry. Programnya sudah dijalankan sejak 4 bulan lalu, dengan menawarkan trade in device BlackBerry lama dengan terbaru. Setiap trade in, pembeli akan mendapatkan tiket VIP. Di awal program, promosi ini malah menyudutkan BlackBerry, karena banyak sekali penggemar Suede yang kesal karena mereka tidak merasa butuh device BlackBerry baru, hanya demi bisa menonton band favorit mereka.

Mungkin itu pula sebabnya minggu lalu digelar ajang free giveaways untuk yang ingin menonton konser tersebut tanpa perlu menukarkan device BlackBerry mereka. Caranya cuma harus mengunjungi situs ini lalu menjawab pertanyaan mudah (bisa cari di Google). Bila Anda menjawab benar, satu tiket menanti di tangan. Anda tidak perlu memberikan nomor IMEI, karena bisa digantikan dengan KTP. Artinya, promo free giveaways ini juga terbuka untuk mereka yang bukan pengguna BlackBerry (termasuk yang menulis blog ini) 🙂

Program kampanye yang awalnya menyudutkan BlackBerry pun berbalik arah. Semua orang berlomba-lomba mengikuti ajang free giveaways tersebut, karena situs itu hanya dibuka aksesnya selama 12 jam saja. Di beberapa jam awal memang terjadi kesulitan saat mengakses situs, namun menjelang penutupan malah dengan leluasa pengguna bisa mengikuti programnya. Tidak terjadi bottleneck sama sekali (hihi makanya bisa ikut dapat tiket).

Di venue konser semalam, dapat info dari pihak IndoPacific Edelman, konsultan PR yang menangani perhelatan ini, kalau yang ikut dalam program trade in ada 8.000 orang, dan yang ikut dalam free giveaways ada 10.000 orang (deng!). Jumlah yang sangat besar untuk sebuah konser tanpa promosi media tradisional besar-besaran.

Apalagi perhelatan BlackBerry Live & Rockin’ semalam juga didukung dengan official event badge Foursquare pertama di Indonesia. Siapapun yang checkin di venue ini pada jam 19:00 – 01:00 akan otomotis mendapat BlackBerry Swarm Badge. Yang ikut checkin pada malam itu mencapai 18.000 orang dan 30.000 checkin. Katanya sih ini jumlah checkin terbesar kedua di dunia. Pastinya sih banyak yang ikut menjadi jumper dengan remote checkin, namun tetap saja itu jumlah yang sangat besar. Saat itu pula BlackBerry Swarm sempat menjadi trending topic di Twitter karena banyaknya pengguna yang mendapat badge dan mempublikasikannya ke Twitter.

Siapa yang semalam belum dapat badge?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

6 komentar »

  • gelda surya :

    Sayaaa blm dpt bedge..hikss. Padahal udah dua kali check in..

  • yoshi fe :

    sayaaa dapet bagdeeee.

  • waraney :

    Saya dapaaat kaak Pitraa 🙂

  • Sabai :

    Satu-satunya yg mengganjak adalah sinyal 3 operator besar sempat jammed di malam konser itu. Bikin susah tweeting, apa lagi check-in. Telkomsel sempat nyala sebentar sebelum down lagi.
    Kenapa ya masalah sinyal operator macam ini belum mulus diantisipasi?
    Sabai baru saja menulis..Ancaman

  • BLOG Personal @kurniasepta :

    Saya gak dapat 😀

  • sibair :

    Ah, saya gak pernah maen 4sq mas pit… iya hebat bgt bisa dapet 30.000 orang yang chek-in

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge