Home » Experiential

Tips Jitu Mengundang Netizen

25 March 2011 5,382 views 12 komentar

Ah judulnya bombastis ya? Hihi, biarkan. Jadi begini, dua hari lalu Coca-Cola Indonesia mengundang banyak netizen datang ke acaranya di FX. Pada masa yang sama, Coca-Cola regional memang mensponsori kegiatan band tenar Maroon5 menggarap lagu terbaru untuk Coca-Cola selama 24 jam penuh. Di acara ini, ada sedikit streaming dari kegiatan tersebut. Di acara ini pula, Coca-Cola Indonesia merilis situs versi terbarunya.

Berbeda dengan acara undangan brand (yang biasanya sudah sering dilakukan), kali ini netizen yang datang sangat banyak. Kok bisa? Nah, mungkin tips-tips berikut ini (yang sebelumnya sempat diceritakan versi singkatnya di Twitter) bisa menjadi clue kalau brand lain mau membuat acara serupa lagi di masa datang.

  1. Lokasi paling penting. Paling afdol sih di tengah kota. Kalau di Jakarta mungkin di sekitaran Sudirman – Gatot Subroto, yang bisa diakses dari manapun. Acara Coca-Cola kemarin itu awalnya akan diselenggarakan di Rolling Stones Kemang di malam sebelumnya. Andai saja terjadi seperti itu, rasanya netizen yang datang tidak akan sebanyak kemarin.
  2. Waktu, yang paling tepat umumnya adalah malam hari, saat para netizen sudah pulang dari aktivitas kantornya masing-masing. Mulai pukul 19:00 ke atas adalah waktu yang paling wajar. Hindari membuat acara di siang hari, karena netizen sudah punya kesibukannya masing-masing di waktu siang.
  3. Makanan dan minuman. Ini sih hukumnya wajib. Entah itu makanan berat atau sekedar cemilan, tapi percaya atau nggak, kalau setiap kali undangan muncul, yang terpikirkan oleh beberapa orang adalah, “di sana ada makanan nggak?”
  4. Goodie bag. Ini harapan lainnya saat datang ke venue, bisa mendapatkan sesuatu yang menarik, atau unik. Pernah ada satu kegiatan gathering yang sponsornya menghadiahkan goodie bag dalam bentuk tanaman di pot. Sesuatu yang khas yang memang disesuaikan dengan tema acara.
  5. Live performance, umumnya musik yang bisa mengajak audiens ikut berinteraksi sekaligus terhibur.
  6. Spot untuk berkumpul. Ini yang kadang suka terlewat. Pada dasarnya para netizen datang ke sebuah acara kan sekalian untuk meetup (kopdar). Mereka bukan media yang memang diwajibkan untuk datang ke suatu acara. Acara seperti ini ikut membantu memberikan kesempatan untuk netizen berkumpul. Kalau di lokasi acara ada satu titik yang memungkinkan para netizen ini untuk ngobrol, tentu akan menyenangkan.
  7. Penyelenggara ikut terlibat bersama netizen. Alangkah lebih baik kalau ada perwakilan brand yang memang sudah kenal dengan netizen sebelumnya. Biarkan ia berbaur dengan para netizen. Di satu sisi para netizen pun senang karena penyelenggara tidak menjaga jarak. Di sisi lain si perwakilan brand bisa ikut ngobrol santai sambil berbagi informasi tentang brand itu sendiri.

Ini sekedar masukan saja loh ya, berdasarkan pengalaman yang sudah ada sebelumnya. Namun kalau ternyata brand punya cara lain yang unik yang bisa membuat meetup menjadi lebih menyenangkan, kenapa tidak?

Kredit foto: Cesarsidolisa dan Farah Mangun. Terima kasih Chika yang membantu melengkapi tips ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

12 komentar »

  • Alderina :

    Wah kakak Pitra ini memang pandai membuat tulisan 😀
    Alderina baru saja menulis..1 Minggu 1 Posting

  • nanath :

    Kok nggak ada foto akuu yaaaa? *eh emangnya ikutan difoto ya?* hihihihiih. 🙂

  • @pemirsa :

    goodie bag dan gathering spot penting banget tuh 😀

  • kurniasepta :

    belum pernah datang di acara beginian 🙁
    kurniasepta baru saja menulis..Belajar Memonetize Blog Secara Mandiri

  • sibair :

    ini tips yang di bagikan ke twitter waktu itu ya mas… 😀

  • jam murah :

    nice info …

    keep postig…

    salam kenal….
    jam murah baru saja menulis..ALEXANDER CRISTIE SERIES 4 RP 1050000 ORIGINAL

  • Natalia :

    Gak kebagian poto-potonya nih.. Keburu ijin duluan sih >.<

  • Sabai :

    uuugh nggak ada fotoku! (yaeyalaaah… wong gak dateng!)
    Sabai baru saja menulis..Suede on A Saturday Night

  • Rusa :

    dan bagi2 hadiah tentunyaaa 😀

  • bukik :

    Siap. Laksanakan…….
    bukik baru saja menulis..HC30- All employees are social media marketers too

  • andri :

    hem,pgn ngerasain ikut…
    oiya slam knal Kak
    andri baru saja menulis..Senyum

  • Media Ide » Blog Archive » Kala Blogger Mendapat Undangan Acara :

    […] Artikel lama di blog ini juga bisa menjadi rujukan untuk para brand yang hendak mengundang netizen (termasuk blogger). Share this: Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra) Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005. […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge