Home » Online Branding

Saat Selebriti Menghilang…

10 April 2011 6,339 views 15 komentar

Ceritanya begini. Waktu itu tanggal 28 Maret 2011 katanya ada seorang selebriti hilang. Namanya Carissa Putri. Kisahnya terlalu berbau gosip silet, jadi yang terkena gaungnya mungkin hanya para penikmat gosip. Beritanya tersebar di banyak media daring pula dalam bentuk advertorial, seperti yang bisa dibaca di sini atau di sini. Semua informasi mengarah ke satu situs yang isinya hanya meminta kita menunggu beritanya 10 April 2011. Penyebaran isu ini juga memanfaatkan search engine marketing, sehingga saat orang mencari “Carissa Putri” di Google, informasi situs serupa muncul di paling atas.

Untuk beberapa orang lainnya (setidaknya yang hidup sehari-hari di social media) sudah curiga kalau ini berbau kampanye tertentu. Tinggal tebak-tebak kampanyenya siapa. Mayoritas sih menebaknya produk Nokia, entah apapun itu produk keluarannya. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan font di situs tersebut yang memang identik dengan font Nokia.

Pagi ini, semua komunikasi berubah mengarah ke alamat situs baru, termasuk search engine marketing. Saat kita mencari “Carissa Putri” semua informasi akan mengarah ke promosi aplikasi WhatsApp Nokia di situs ini. Di halaman utama situs ini, ada video dari Carissa Putri yang bercerita tentang hilangnya dia.

Satu hal yang menarik dari video ini adalah product knowledge WhatsApp Nokia yang disampaikan dengan graphic recorder, seperti yang pernah dibuat @KomuniAksi dengan Pancasila-nya.

Lalu hikmah (halah, hikmah..) apa yang bisa dipelajari dari kampanye ini?

  • Isu seseorang hilang itu sebenarnya isu sensitif. Dahulu pernah ada kampanye film The Real Pocong, yang diawali dengan isu seorang anak bernama Laura yang hilang. Segala hal yang menyangkut emosi memang beresiko tinggi. Banyak orang yang sudah terlanjur peduli dan menyebarkan di Facebook (atas dasar kepedulian) lalu merasa tertipu. Isu Carissa Putri ini serupa, hanya bedanya tingkat emosional yang dibawa tidak sedalam kasus anak hilang. Namun tentunya untuk orang-orang yang sudah terlanjur peduli dan ikut menyebarkan info ini, akhirnya akan merasa ikut tertipu.
  • Penggunaan search engine marketing ini pas banget. Saat orang mencari di Google, tautan resmi langsung muncul di paling atas (baik versi isu maupun versi yang live hari ini). Setidaknya ini akan mengurangi kadar “penipuan” yang disebutkan di poin sebelumnya.
  • Mungkin jarak waktu dari 28 Maret ke 10 April kelamaan kali ya? Soalnya isunya sudah terlanjur surut, orang pun sudah banyak yang lupa. Lalu pas hari ini live pun, tidak terasa happening. Lihat saja pencarian keyword Carissa Putri di Google Insights for Search ini, yang sempat memuncak di tanggal 28 Maret dan lalu menurun terus hingga hari ini.
  • Ada seorang selebriti yang (mungkin) terlibat sebagai buzzer, sayangnya informasi dari tweet-nya tentang ditemukannya Carissa Putri hari ini kok nggak banget deh. Akun selebriti ini mengirim tweet informasi situs ini jam 4 pagi, lalu diulang lagi jam 6 pagi. Pertama, siapa juga yang melihat Twitter jam 4 pagi sebelum subuh? Kedua, cara menjadi buzzer-nya nggak banget. Seperti iklan baris tanpa cerita. Seharusnya runtutan tweet kan bisa ditulis dengan cara yang jauh lebih menarik. Mungkin si selebriti perlu baca tips ini lebih dulu. Hasilnya bisa diduga, untuk seorang selebriti dengan 360.000 follower, ia ternyata cuma bisa menghasilkan tidak lebih dari 10 retweet.
  • Yang paling suka sih sebetulnya informasi product knowledge yang disampaikan dengan graphic recorder. Orang jadi lebih lama menyimak informasinya, dan bahkan menontonnya hingga akhir.

Nah, kalau menurut pendapat Anda sendiri bagaimana? (Mudah-mudahan si pemilik brand nggak marah ya baca ini) 😀

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

15 komentar »

  • Adam Sundana :

    Iya kelamaan, harusnya kasih waktu 3 – 5 hari saja.
    Dan berita hilangnya seleb jadi terasa biasa gegara Arumi 😀

  • sibair :

    Hihih sepertinya memang banyak mas… 😀 klo blogger sudah beramai-ramai nulis kan kliatan arahnya siapa yang nyebarin.. hehehe bentuk kampanye baru? mungkin 😀

  • kunderemp :

    Asaaaaamm… Jangkrik, semut, kutu, kumbang.
    Aku tahu dari TV tetapi kok di Detik, Kompas, Vivanews kok gak adaa..
    Ternyataaaaaa…
    kunderemp baru saja menulis..Trailer The Bang Bang Club

  • Natalia :

    Graphic recordernya yang keren, emang.
    But on personal opinion, lebih suka kalau tulisannya lebih rapi 🙂

    Kalau yg 2 warna, suka juga lihat punya si thersa.org 🙂
    Natalia baru saja menulis..Running and then Cycling

  • wiwikwae :

    Aku suka ulasan bang pitra yang soal ini 🙂
    wiwikwae baru saja menulis..Isu Tentang Carissa Puteri Menghilang

  • snydez :

    yang ada sih, yang marah-marah itu si aulia,
    maki semaki-makinya 😀

  • sewa mobil di surabaya :

    nggak ngerti maksudnya nih

  • Andika Alivano :

    Oh ternyata Nokia toh. Hehe. Tapi kaitannya apa ya pake ngilang gitu?
    Andika Alivano baru saja menulis..DealKerencom menolak tawaran akuisisi dari Groupon 5x!

  • BLOG Personal @kurniasepta :

    Curiga) apakah ini jg posting berbayar juga. Jadi sulit mempercayai postingan blogger

  • kurniasepta :

    sedikit memberikan pencerahan
    kurniasepta baru saja menulis..Mengenal Blitar Lewat Blitar Djadoel

  • Pitra :

    @kurniasepta: haha bukan.. dari dulu kan di sini juga sering bahas online campaign.. 🙂

  • Rusa :

    cukup peka juga mas pitra ini 🙂

  • SEO,backlink :

    Memaang kalau yang hilang selebritis semua kecarian ya, tapi kalau tukang becak nggak ada yang peduli ya?
    SEO,backlink baru saja menulis..Membuat Blog Bersahabat dengan Search Engine

  • free backlink :

    Carisa putri udah besar mungkin pelesiran ke Bali kali.
    free backlink baru saja menulis..LOMBOK ISLAND charming

  • Media Ide » Blog Archive » Maunya sih Viral Video, tapi.. :

    […] tahun lalu seorang selebriti bernama Carissa Putri dinyatakan hilang. Infonya beredar di banyak info selebriti. Kalau kita cari berita tentang itu di Google, kita akan […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge