Home » Online Communities

#Startuplokal Kita, Buku Tentang Techpreneur Lokal

9 May 2011 4,490 views 12 komentar

Mungkin rekan-rekan sudah mengetahui pergerakan para techpreneur muda? Mereka membangun bisnis di ranah digital, dan tergabung dalam komunitas #startuplokal. Komunitas ini menyelenggarakan kegiatan aktif sebulan sekali, berbagi beragam soft skill sambil berjejaring, dan saling mendukung satu dengan lainnya. Yang menariknya, beberapa minggu lalu telah dirilis buku yang membahas perjalanan 20 #startuplokal Indonesia. Buku ini ditulis oleh masing-masing pemilik situsnya sendiri, dan dikuratori oleh Rhein Mahatma dan Joshua Kevin.

Gaya penulisan setiap babnya yang berbeda-beda (dan kadang ada yang sedikit membingungkan). Mungkin disebabkan karena tidak semua techpreneur yang berbagi di sini lihai dalam menulis. Meskipun demikian, esensi setiap bab tetap bisa kita dapatkan. Kita bisa melihat upaya apa saja yang telah mereka perjuangkan, mereka bangun, hingga menjadi seperti sekarang.

Menariknya pula, bisa dikatakan belum ada bisnis yang mereka jalankan kini bisa dibilang sukses banget. Semua masih dalam proses pengembangan. Justru keunikannya di situ. Kita sudah terlalu sering membaca kisah sukses seorang entrepreneur melalui buku-buku. Mereka memang terbukti sukses sehingga diharapkan kisah mereka bisa membangun inspirasi. Bagus memang, tapi untuk menjadi sukses seperti entrepreneur ini masih terlalu jauh. Kita butuh cerita yang jauh lebih dekat dengan kondisi kita saat ini. Sesuatu yang tetap inspiratif, tapi masih terlihat masuk akal untuk dijangkau sekarang. Nah, kisah para techpreneur lokal di buku ini seharusnya bisa menginspirasikan kita.

Para #startuplokal yang mengisi konten buku ini adalah:

  1. AdaDiskon.com
  2. eEvent.com
  3. Evoucher.co.id
  4. FUPEI.com
  5. Gantibaju.com
  6. Indonesiaclubbing.com
  7. Kartumuu.com
  8. Krazymarket.com
  9. MyRemoteLife.com
  10. Kutukutubuku.com, Nulisbuku.com, Tempalabs.com
  11. Pricearea.com
  12. Rockto.com
  13. Sedapur.com
  14. Sixreps.com
  15. Superbestdeal.com
  16. Tasterous.com
  17. Teknojurnal.com
  18. Tokopedia.com
  19. Urbanesia.com
  20. Valadoo.com

Buku ini sayangnya hanya bisa dipesan print on order di Nulisbuku.com.ร‚ย Anda bisa langsung pesan di sana. Untuk yang ingin membangun binis di bidang digital, atau sekedar tertarik dengan perkembangan techpreneur di negeri ini, buku ini sangat direkomendasikan.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

12 komentar »

  • Arham :

    Reksel gan Pitra ๐Ÿ˜€

  • AMYunus :

    Saya sudah pesen, tapiii :mrgreen:
    AMYunus baru saja menulis..Hello world!

  • sibair :

    wah udah ada bukunya toh…keren mas ๐Ÿ˜€

  • ulan :

    jempol duaaaaa
    ulan baru saja menulis..Doa

  • Forum Promosi :

    ternyata banyak juga listnya,
    tokobagus kok nggak termasuk ya?

    salam kenal,

  • ezaa :

    Pesen satu ahh.. ^_^

  • BLOG Personal @kurniasepta :

    Btw, sudah lama mendengar fupai. Itukan sejenis situs jejaring sosial. Masih dikatakan starup ya walau sudah lama eksis? ๐Ÿ˜ฎ

  • Belajar Forex :

    keren,,, ๐Ÿ™‚

  • liel :

    nice .. keep post!
    wedding invitation

  • maRio :

    masih harus banyak belajar nie pada senior2
    maRio baru saja menulis..Line Up Motor Sport Honda!

  • Rein :

    Haii.. kenapa tokobagus tidak masuk? simply, karena tokobagus tidak join / belum diapproach untuk join ke milis… jadi yg termasuk disini adalah “yang pernah jadi start up” (mis.Kaskus, Fupei) atau yang bisa memberi pengetahuan kepada startup lainnya .. thnx ya om pitra sudah menulis disini ..

  • rsigit pesanlogo :

    ok, walau dalam pengembangan, tetap bisa jadi inspirasi, terutama bagi pemula…

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge