Home » Online Communities

Kekuatan Sebuah Soal Tweet

20 May 2011 6,407 views 18 komentar

Untuk menjadi trending topic dunia, Indonesia sudah sering melakukannya. Setiap kali ada kejadian yang membangkitkan nasionalisme, nggak jarang percakapan tweet Indonesia menjadi trending topic dunia. Saat dulu Thomas Cup, lalu AFF Suzuki Cup, hingga peringatan proklamasi, Indonesia menjadi penguasa percakapannya. Kejadian eksternal di luar ranah daring menjadi pemicu ramainya percakapan di Twitter.

Namun suatu hal yang luar biasa kalau trending topic muncul karena inisiasi dari sebuah akun Twitter. Individu yang pertama kali berhasil melakukannya adalah promotor musik Adrie Subono melalui kuisnya. Saat ada musisi luar yang dipromotorinya masuk ke Indonesia, Adrie membuat kuis berhadiah tiket nonton gratis. Saking banyaknya pengguna Twitter yang ikut membalas dalam waktu bersamaan, jawaban kuis itu sering menjadi trending topic dunia.

Individu kedua yang berhasil menginisiasi trending topic adalah Irfan Bachdim. Saat itu Irfan menjadi brand ambassador Pocari Sweat. Ia mengirimkan sebuah tweet bernada iklan. Herannya, tweet ini di-retweet oleh ratusan follower-nya, dan seketika itu pula langsung menjadi trending topic. Ini pertama kalinya pula sebuah kampanye brand lokal berhasil menancapkan namanya di trending topic dunia.

Belakangan ini semakin banyak pula akun Twitter yang berbau soal. Si akun menginisiasi pertanyaan, lalu follower berkreasi dalam menjawabnya. Varian akun soal sangat banyak, masing-masing mencoba spesifik dengan topiknya. Namun yang belakangan bikin heboh adalah akun @cumanNANYA.  Soal yang disajikan akun ini sangat spesifik. Ia hanya menulis tweet pilihan jawaban (biasanya 2 pilihan), dan para follower tinggal menjawab antara 2 pilihan itu.

Saking sederhananya jawaban, setiap orang akhirnya mengirimkan jawaban tweet yang sama. Nggak aneh kalau kata-kata yang menjadi jawaban seketika menjadi trending topic. Bukan hanya satu atau dua kali menjadi trending topic, tapi sangat sering. Apalagi saat soal yang disajikan itu terdengar menyeleneh dan akrab di telinga para ABG yang saat ini menjadi penguasa Twitter.

Tweet yang disajikan akun @cumanNanya punya kekuatan yang tidak main-main. Bayangkan kalau akun ini sampai bertanya tentang pilih figur A atau B sebagai seorang pemimpin negara. Bayangkan pula kalau akun ini sampai bertanya tentang opini yang berhubungan dengan kenegaraan, seperti keikutsertaan dalam Pemilu, misalnya. Setiap jawaban dominan yang muncul akan bisa membantu memberikan gambaran apa yang ada di benak para ABG di Twitter. Setiap jawaban dominan bahkan bisa membuat orang lain untuk terpengaruh dan (mungkin) menyetujuinya.

Di satu sisi akun seperti @cumanNanya ini bisa menjadi sumber riset yang baik pula. Bayangkan seandainya akun ini membandingkan antara 2 brand yang saling berkompetisi satu sama lain. Kekuatan jawaban para follower ini akan menjadi penentu brand mana yang menjadi top of mind para generasi muda di Twitter. Nggak usah riset mahal-mahal, cukup titip sebar pertanyaan, dan dalam hitungan jam, brand bisa mendapat gambaran apa yang saat ini menjadi kesukaan target pasarnya.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

18 komentar »

  • didut :

    tapi hebat juga ide yg bikin tweet ini. simpel walau gak mudah tp hebat =))

  • Rusa :

    yup sudah sering banget @cumannanya jadi #TrendingTopic, mas @Pitra nulisnya tetep cerdas, walaw gak lagi pake @anakcerdas 😀

  • Billy Koesoemadinata :

    jadi penasaran, ini yang bikin @cumannanya itu siapa ya?

  • bukik :

    Padahal cuma nanya
    bisa sampai jadi trending topics ya
    Kekuatan pertanyaan
    bukik baru saja menulis..Tweetmu Harimaumu

  • kurniasepta :

    Ini karena kecenderung secara psikologis manusia ingin menjawab apa yang ia bisa jawab, menunjukkan. Dan ketika ada pertanyaan2 secara otomatis dia akan menjawab. Dan tak asing jika pertanyaan2 itu difollow dan dijawab sehingga jika bersamaan dan jawabannya sama bisa jadi TT di twitter.
    kurniasepta baru saja menulis..Berkomentar di Sosial Media

  • sibair :

    Sebuah acc yang pintar dan mengharuskan menjawab menggunakan RT 😀

  • snydez :

    Akhirnya trending topic twitter bisa dikendalikan.
    tapi jadi bukan trend namanya, karena dikendalikan 🙂

    Dan keliatan pengguna Twitter do Indonesia itu kurang kerjaan dan mudah ‘dipermainkan’.

  • phiropurwa :

    Wow.. Hebat juga ya, dengan bertanya hal2 simpel saja bisa sering jadi trending topic. Luar biasa.

  • restoran jepang :

    Lumayana tuh buat promosi & nyari backlink 🙂

  • aulia rahman :

    Permisi. Salam kenal dari Jogja.
    Bersama majukan dunia civil engineering Indonesia.

    uiifan@yahoo.com
    http://fcep.uii.ac.id/
    aulia rahman baru saja menulis..PT INTISWISS CONSULINDO 11 Mei 2011 Hal – Lowongan Pekerjaan Sebagai Structure Engineer

  • Arham Haryadi :

    yang jadi menarik ituh, bisa ngak yah setiap orang nitip untuk ditanyakan via cumannanya ?…apa sebaiknya buat sendiri, meskipun memang susah sih – butuh proses tepatnya

  • jasa penerjemah :

    Fb…Ym…TWit…???

  • 7 Jurus Kembangkan Radio Twitter Kita « bukik ideas :

    […] Follower seringkali bosan membaca beragam tweet informatif. Bukan hanya dari kita tetapi juga dari followingnya yang lain. Buatlah radio twittermu lebih interaktif dengan rajin menyapa dan melontarkan pertanyaan simpel. Contoh, halo apa kabar? Makan siang apa ya enaknya? . Semakin menggelitik pertanyaan kita maka semakin terpancing follower buat menjawab. Pertanyaan juga bisa bikin trending topics lho, baca saja Kekuatan Sebuah Soal Tweet […]

  • adhyy_ :

    Cara simple tapi mempunyai kekuatan dan brand yang kuat. Paling penasaran siapa dibalik akun @cumannanya

  • kristik :

    social media marketing skrg emang harus , sayang untuk mendapatkan twitter follower tidak mudah ya 🙁

  • dzikrirobbi :

    Karena memang Twitter adalah media penyebar informasi sehingga feedback yg diperoleh jg berupa informasi,ini bisa menjadi media survey terbaru abad ini 🙂

  • raniyulianty :

    masih belajar nih di dunia twitter, betul…betul, perusahaan bisa menitipkan pertanyaan di twitter untuk riset
    raniyulianty baru saja menulis..Perempuan dan Hi-Tech

  • Obat Anti Rokok :

    Sangat bermanfaat penjelasannya.. terima kasih 🙂
    Obat Anti Rokok baru saja menulis..Kebakaran Gunung Sumbing Diduga karena Puntung Rokok

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge