Home » Online Living

Selamat Datang Saling Silang!

26 May 2011 5,380 views 8 komentar

Satu hal yang kurang di ranah social media Indonesia adalah kemampuan melacak kejadian yang terjadi saat ini di ranah digital Indonesia. Sangat beruntung memang, ketika dulu akhirnya Twitter meluncurkan trending topic versi kota Jakarta dan Bandung. Kita bisa dapat bayangan apa sih yang ramai dibicarakan di Twitter saat itu secara bersamaan. Sayangnya yang bisa diambil datanya hanya sebatas tren saat itu. Tidak ada API Twitter yang memungkinkan pengembang untuk mengelaborasi data tren itu lebih jauh.

Ada pula situs pendukung seperti Trendistic. Situs ini melacak keyword yang kita inginkan, lalu mencarinya di Twitter Search. Datanya lalu diolah dan ditampilkan dalam bentuk grafis. Kelemahannya, sekedar memasukkan keyword tanpa konteks juga tidak memberikan arti banyak. Lagi pula data Trendistic dibatasi pada limit API Twitter Search sendiri, yang hanya melacak 1.500 tweet terakhir dengan keyword tersebut.

Alternatif lain untuk melacak percakapan di Indonesia (yang bisa dibilang lebih elaboratif) adalah salingsilang.com, yang baru saja resmi diluncurkan kemarin (ini resminya ya, kalau nggak resminya kayaknya sudah pernah diluncurkan berkali-kali sebelumnya). Di situs ini kita bisa melihat tren percakapan Twitter di Indonesia per periode. Kita bisa yang sedang tren saat ini, hari ini, pekan ini, dan bulan ini. Arsip bulan-bulan sebelumnya, sampai Juni 2010 pun bisa kita lihat. Silangsilang.com membuat algoritma perhitungannya sendiri kapan sebuah percakapan menjadi tren. Menariknya pula, salingsilang.com memiliki tim editorialnya sendiri yang langsung membahas kenapa percakapan ini sempat menjadi tren.

Salingsilang.com juga menjaring dan mengaktegorikan blog di Indonesia. Melalui direktori blog ini, kita bisa dengan cepat tahu blog mana saja yang membahas kuliner, teknologi, sastra, politik, dll. Sepertinya pengkategorian blog ini masih perlu diperbaiki, karena ternyata ada sekitar 9.000-an blog masih terdaftar di kategori umum, dan belum dimasukkan ke kategori yang lebih relevan. Hal lain yang menarik dari direktori blog ini adalah upaya salingsilang.com untuk merangkum hal-hal apa saja yang lagi ramai dibahas di blog dan menampilkannya dalam grafik tren.

Upaya lain yang sudah dilakukan salingsilang.com adalah membuat direktori Facebook Page di Indonesia. Bulan lalu blog ini sempat membuat infografis tentang brand Indonesia yang telah memanfaatkan Facebook Page.  Terima kasih juga untuk salingsilang.com yang akhirnya membuatkan direktori ini sehingga memudahkan pencarian data pengguna Facebook Page Indonesia. Bagi Anda yang punya dan merasa belum dimasukkan, silakan kirimkan saja informasinya ke sini.

Hal lain yang ditunggu-tunggu adalah fitur Indeks salingsilang.com yang saat ini belum dirilis. Katanya indeks ini akan membantu memonitor percakapan yang terjadi seputar brand atau topik. Bentuknya seperti apa? Belum tahu. Kita tunggu saja ya.

Berikut ini salindia presentasi Enda, tentang salingsilang.com, di perhelatan Mobile Monday dua minggu lalu. Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran data-data apa saja yang kini dilacak oleh situs ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

8 komentar »

  • sibair :

    iya salingsilang situh ok buat index blog atau yang lagi trend di Indonesia.. tapi ko waktu mau ngeclaim blog gak bisa ya 🙁

  • BLOG Update Banget :

    Salingsilang bisa menjadi rujukan ttg topik yg sedang atau menjadi tren di sosial media khususnya di Indonesia. Keren.. 😀

    BTW, tulisannya mas @pitsa, yg salingsilang ada yg silangsilang. Ayo temukan, yg menemukan mention @pitra cc: @kurniasepta 🙂

  • susisetya :

    sepertinya salingsilang.com ok juga,mungkin karena masih baru jadi wajar kalau masih ada kekurangan…
    susisetya baru saja menulis..obat alami HIV

  • bukik :

    ho oh keren tuh SalingSilang.com | Bisa langsung memantau trend terutama ketika bermain tagar. Asyik.

    @Sibair
    Anda belum beruntung……..Coba lagi……

  • Belajar Bisnis Online :

    Sep juga tuh SalingSilang.com +1

  • Selamat datang salingsilang.com | Catatan salingsilang.com :

    […] media cetak, online dan teman-teman blogger juga membahas ringkas tentang salingsilang.com. Seperti yang ada di media-ide.com, penulis  menjabarkan tentang fitur-fitur baru dari salingsilang.com dan beberapa manfaat yang […]

  • toko tenun ikat & batik kudus :

    keren mass… aplikasi nya,,, salingsilang.com

  • business review :

    Bagi yang belum berpengalaman dalam mengelola blog memang agak kesulitan untuk mengundang netter masuk ke blog kita termasuk saya..Dari blog2 yang selama ini saya amati yang cepat sekali perkembangannya yaitu blog2 yang menyediakan fasilitas download lagu film dan bagi Anda yang pintar membuat suatu tulisan sehingga berkesan dihati pembaca. Tetapi sayang tidak sumua orang bisa menulis dengan baik walaupun dia pintar sekali dalam urusan komputer..Tetapi bagi belum pintar menulis jangan berkecil hati jadikan blog Anda tempat anda melatih menulis untuk menjawab permasalahan yang sering di alami para netter. Temukan komunitas Anda yang cocok apabila sudah ketemu lambat laun orang akan masuk kedalam blog Anda apabila informasi2 yang mereka cari ternyata banyak yang ditemukan di blog Anda..Copy paste artikel dari blog lain juga tidak ada hukum yang melarang karena fungsi internet untuk sharing informasi dan mempercepat penyebaran informasi dari mulut kemulut tetapi berhubung komputer tidak punya mulut jadi copypaste yang bicara tetapi jangan lupa tulis sumbernya itupun hanya etika untuk memberikan apresiasi dari sumbernya yang terkadang sumbernyapun merupakan copypaste dari tempat lain..Cukup sampai disini dulu bincang2nya kita kembali kepada bagaimana cara blog kita dikenal oleh search engine yang sudah kita kenal yaitu google..Langkah2 nya sebagai berikut ..

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge