Home » Online Communities

Banyaknya Akun Anonim Twitter

8 June 2011 5,622 views 8 komentar

Yang dimaksud dengan akun anonim di sini adalah akun-akun Twitter yang bukan atas nama pribadinya sendiri. Konten tweetnya bisa berupa kompilasi dari pengguna Twitter lain, bisa pula memang dibuat sendiri. Meski anonim, biasanya (dengan sedikit usaha) kita bisa tahu siapa admin di balik akun tersebut.

Orang Indonesia memang kreatif kalau soal ini. Sepertinya nggak pernah kehabisan ceruk bahasan topik dibahas oleh akun-akun anonim yang terus bermunculan. Dulu ada akun @anjinggombal yang mengkompilasi tweet-tweet gombalan, dan ada akun @fiksimini yang mengkompilasi cerita super mini bermutu dari pengguna Twitter lain.

Muncul pula variasi lain dengan menjamurnya akun-akun soal, yang dipelopori oleh @soalBOWBOW, @SoalCINTA, dan @MentionKe. Akun ini memancing pengguna Twitter lain untuk menjawab dengan cara RT. Jawaban banyak orang memang mengundang tawa, sehingga tak banyak yang (awalnya) keberatan dengan tweet-tweet semacam ini.

Ada pula karakter @Poconggg, yang konsisten dengan avatarnya. Ia sangat aktif menanggapi semua tweet yang muncul dengan gaya khasnya yang lucu. Penggemarnya justru banyak anak-anak SMP dan SMA. Kalau nggak percaya, baca saja komentar-komentar dan video di blognya. Blog ini baru muncul setelah akunnya populer di Twitter. Blog ini sekaligus melengkapi karakter tokoh @Poconggg di social media.

Ternyata orang Indonesia pun suka dengan ramalan dan pepatah. Beneran. Kalau nggak, akun @TweetRAMALAN, @TweetKlik, dan @pepatah nggak akan punya follower hingga ratusan ribu orang.

Lebih detilnya, silakan cek di daftar berikut ini, akun-akun anonim Indonesia apa saja yang paling aktif menulis tweet dan yang paling banyak follower-nya. Tangkapan gambar diambil dari tautan ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

8 komentar »

  • azizhadi :

    dan ternayata tebakanku benar, Soal Cinta yang diurutan pertama, ahh memang dunia ini penuh dengan cinta.. 8D

  • bukik :

    Semakin banyak ngetweet bukan berarti semakin banyak follower ya?
    bukik baru saja menulis..Psikologi @Poconggg atau Mengapa Orang Begitu Menyukainya

  • Rusa :

    hehehe
    dan yg punya akun itu pun meraup penghasilan yg tak sedikit =))

  • jarwadi :

    benny_israel kok ngga dimasukan mas pitra?
    jarwadi baru saja menulis..Musim Kemarau Tiba

  • Pitra Satvika (penulis) :

    @jarwadi: yang saya definisikan “anonim” di atas seperti saya sebutkan di paragraf pertama: “meski anonim, biasanya (dengan sedikit usaha) kita bisa tahu siapa admin di balik akun tersebut” dan akun-akun seperti @benny_israel nggak jelas punya siapa.

  • BLOG Update Banget :

    Saya tidak ikut2an memfollow mereka karena akun mereka sudah berseliweran di time line karena diretweet teman2 yg saya follow πŸ˜€

  • reyno :

    Nggak pernah minat untuk follow twitter seperti Soal Cinta, Soal Bobow, Mention Ke dan sejenisnya lebih baik follow akun twitter semacam pepatah, terselubung, faktanya adalah, radio galau fm dll πŸ™‚

  • fajarrp :

    juga @PNS_Ababil. ^^

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge