Home » Experiential

Kontes Pengembangan Aplikasi Android

11 June 2011 4,702 views 3 komentar

Tahu nggak waktu hari ini membuka Android Market, salah satu aplikasi gratis yang dijadikan featured new app hari ini adalah MyQuran Indonesia. Sudah cukup banyak memang aplikasi lokal yang bermunculan di Android Market. Ada yang sangat menonjol seperti MyQuran Indonesia ini yang dikembangkan oleh Wali Studio, dan Makan di Mana yang dikembangkan oleh Agranet. Ada juga yang masih sekedar coba-coba tes ke pasar.

Intinya, belum banyak aplikasi Android berkualitas buatan lokal yang punya konten dan/atau fungsi yang menarik, sementara pasar terhadap ponsel ber-OS semakin besar. Lihat saja, betapa gencarnya Samsung mempromosikan Galaxy Tab-nya dulu. Belum lagi kini mulai semakin banyaknya device Android berukuran 10 inch yang diusung brand terkenal seperti Acer Iconia dan Asus Transformer. Ada pula vendor lokal dengan ponsel pabrikan Cina-nya yang kini juga banyak yang bermain di OS Android. OS Android yang dulu berkesan geek, semakin dekat dengan penggunanya.

Sebagai bagian dari aktivitas keseuruhan IDBYTE, bersama dengan Qualcomm dan HTC diselenggarakan kontes pengembangan aplikasi mobile berbasis Android. Tema yang diangkat berhubungan dengan turisme Indonesia.

Kontes pengembangan aplikasi ini tidak harus yang sudah terpublikasi umum di market, tapi bisa saja baru tahap prototype, namun tentunya akan lebih keren kalau sudah dilengkapi dengan konsep business model-nya. Tujuannya? Supaya pengembang pun ikut memikirkan sisi pemasaran dari produknya, nggak sekedar membuat saja. Lebih detilnya tentang kontes ini bisa dicek di situs Bubu Awards.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

3 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge