Home » Experiential

XL dan Perjalanan ke Semarang

28 July 2011 5,989 views 7 komentar

Jadi ceritanya pada hari Sabtu dan Minggu kemarin, beberapa blogger dari Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Surabaya, diundang oleh operator PT XL Axiata Tbk (XL) untuk datang ke Semarang. Khusus mereka yang dari Bandung dan Jakarta mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Di hari Sabtu pagi para blogger ini berkumpul di Gambir untuk berangkat bersama tim XL ke Semarang dengan menggunakan kereta api.

Rencananya XL, melalui program #XLNetRally akan melakukan pengujian sinyal untuk rute Jakarta hingga Semarang. Kegiatan rutin tahunan yang biasa mereka lakukan sebelum mudik lebaran. Pada kesempatan ini, XL melalui corporate communucations-nya mengajak media dan blogger untuk ikut merasakannya sendiri. Tentunya momen ini dipakai XL sekaligus untuk mengakrabkan diri dengan individu-individu ini.

Uji sinyal sendiri sudah dilakukan selama 22-23 Juli 2011 di sepanjang jalur mudik pelanggan di 15 wilayah di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar. Kegiatan uji kesiapan jaringan juga dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi melalui jalur darat kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Jakarta-Semarang, Jogja-Solo-Semarang dan Surabaya-Semarang) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut – ferry (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk). Khusus untuk pengujian Jakarta-Semarang dengan jalur kereta api inilah, XL mengajak media dan blogger.

Dengan menggunakan aplikasi TEMS yang terinstalasi di sebuah ponsel yang dimodifikasi, pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS, dan data.

Media sendiri sudah berangkat di hari sebelumnya. XL sepertinya sengaja membuat perjalanan yang terpisah antara media dan blogger. Bisa jadi karena XL sudah paham kalau media dan blogger punya karakteristik yang berbeda. Media ikut karena memang sudah menjadi bagian dari tugasnya. Media butuh berita mutakhir seputar XL, sementara para blogger lebih tertarik untuk ikut karena mereka mengejar pengalamannya. Kalau nggak ada cerita yang menarik, tentu nggak ada yang asyik untuk diceritakan di blog.

Tentu saja XL berhasil memberikan pengalaman cerita yang menarik. Dimulai dengan penggunaan gerbong nusantara yang khusus dipakai untuk keperluan wisata. Gerbong yang lengkap dengan televisi 42″, karaoke, sofa, ruang tamu merangkap ruang makan, tempat tidur, serta makanan dan minuman tanpa akhir. Perjalanan sekitar 6 jam pun tak terasa karena XL sudah menyiapkan beragam hiburan di dalam gerbong. Dari grup musikal yang kocak dan menghibur, beragam aktivitas permainan, hingga karaoke. Belum tentu seumur hidup bisa dua kali merasakan kenikmatan menggunakan gerbong nusantara ini.

Selama perjalanan, para blogger bisa menikmati akses wi-fi gratis. PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama dengan XL memang sudah menyiapkan beberapa gerbong dengan akses wi-fi untuk persiapan mudik nanti. Perjalanan ini juga sebagai pengetesan lancar atau tidaknya koneksi internet selama perjalanan. Kenyataannya memang tetap ada blank spot di beberapa lokasi yang dilewati. Di sini akses internet tidak bisa ditemukan sama sekali, meski diakui mayoritas selama perjalanan, koneksi internet cukup lancar (meski kadang turun ke koneksi 3G). Nantinya layanan wi-fi akan dipasang di Kereta Api Argo Bromo Anggrek New Image yang akan beroperasi dan dinikmati pelanggan mulai Agustus 2011.

Pengalaman tak berhenti di sana. Para blogger disambut di Semarang oleh dua gadis cantik yang mengalungkan selendang batik dan menawarkan beras kencur. Sesampai di hotel dan menaruh barang, ajakan makan berlanjut dengan mengemil di Toko Oen, sebuah rumah makan yang menjadi salah satu ciri khas Semarang. Di sini, para blogger Jakarta dan Bandung pun bisa bertemu dengan teman-teman blogger Semarang, serta Surabaya dan Jogja yang baru sampai pula di Semarang.

   

Malamnya XL mengajak para blogger untuk hadir di Obrolan Langsat (Obsat) . Ini untuk pertama kalinya Obsat diadakan di Jawa Tengah, dengan XL yang menjadi sponsornya. Acara dihadiri oleh para blogger tamu dari berbagai kota, hingga para komunitas daring di Semarang. Tema kali ini tentang disiplin berkendara saat mudik.

Ternyata hari sebelumnya, sudah ada teman-teman blogger otomotif yang sudah lebih dahulu sampai di Semarang. Mereka berkendara motor dengan santai dari Jakarta, sambil mencatat kejadian menarik apa yang perlu diantisipasi saat mudik nanti. Mereka juga tentunya melakukan pengecekan sinyal, dengan mengetesnya di berbagai 
device dan tipe sinyal. Masukan dari mereka pun dipresentasikan di Obsat.

Obsat kali ini menghadirkan tim National Traffic Management Center (NTMC) Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan bintang utama Briptu Eka Frestya dan Brigadir Affy. Obrolan yang menyegarkan mata memang. Di acara Obsat ini pihak XL dan POLRI melakukan sosialisasi mengenai kesiapan layanan dalam rangka mengamankan aktivitas pelanggan dan masyarakat saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Yang paling menarik adalah saat mereka memutar video layanan masyarakat tentang disiplin berkendara. Video dimulai dengan cuplikan aksi-aksi nekad para pengemudi motor di Jakarta. Kenyataan yang sebetulnya sering terjadi di depan mata kita sehari-hari. Seandainya saja video ini diunggah ke YouTube, pasti akan banyak menjadi pembicaraan. Pasti akan banyak yang tertohok karena bisa jadi mereka pernah melakukan tindakan serupa.

Keesokan paginya, pengalaman di Semarang ini dilanjutkan dengan mengunjungi Lawang Sewu yang baru saja direnovasi. Bangunan kolonial yang dahulu menakutkan ini kini sudah dipugar dan terlihat terang. Yang menarik, mungkin cuma di tempat ini pengunjung ditawarkan untuk wisata masuk besmen yang gelap dan lembab. Pengunjung harus mengenakan sepatu boot yang disiapkan pengelola, karena besmen yang penuh dengan air. Pemandu wisata menyalakan senter dan mengantar pengunjung dalam kegelapan sambil bercerita tentang Lawang Sewu dan misterinya. Termasuk juga tentang aksi-aksi mencari penampakan yang pernah dilakukan serial televisi Dunia Lain dahulu.

   

Selanjutnya, para blogger diantar mengunjungi Sam Poo Kong, klenteng yang (mungkin saja) terluas dan terbesar se-Indonesia. Lapangannya sangat luas, dengan bangunan-bangunan klenteng berukuran raksasa. Baik Lawang Sewu maupun Sam Poo Kong adalah dua tempat wisata yang memang menjadi andalan kota Semarang. Acara di Semarang pun diakhiri dengan makan siang di soto Pak Man, yang memang khas Semarang, sebelum akhirnya menuju ke bandara untuk kembali ke Jakarta.

Mengenai cerita yang lebih lengkap dan mendetil boleh simak juga ulasan Priyadi, Iman Brotoseno, dan Amril TG (ada 4 tulisan). Mereka bercerita dengan jauh lebih berunut, plus foto lengkap pula.

Hal yang menarik sebenarnya adalah upaya XL untuk akrab dengan para netizen. Sejak tahun lalu sepertinya XL selalu banyak terlibat dalam event yang bernuansa digital, seperti mensponsori perhelatan raksasa Pesta Blogger, hingga acara skala kecil seperti Obsat dan Twitalk. Demikian pula dengan event #XLNetRally ini. Para blogger diajak untuk menikmati acara khas XL. Selama perjalanan 2 hari kemarin, tagar #XLNetRally pun bertebaran di linimasa Twitter. Cerita para blogger yang menikmati perjalanan ini pun meramaikan linimasa. Tweet tanpa paksaan, namun memang diceritakan karena menariknya aktivitas yang dilakukan.

Pengalaman yang diberikan XL kepada netizen ini bisa menjadi contoh menarik bagi brand lain. XL memberikan rangkaian cerita yang dirasakan langsung oleh para blogger. XL juga memberikan sesuatu yang memang mengejutkan, yang bisa membuat orang untuk bercerita tanpa diminta (dan tanpa dibayar). Brand juga harus melebur dan bergaul dengan komunitas daring. Kalau katanya di social media, brand ingin menjadi teman bagi fans dan followers-nya, maka di perhelatan offline pun, perwakilan brand harus bisa bergaul langsung dengan individu-individu netizen ini. Hubungan yang lebih personal ini dalam jangka panjang akan membangun ikatan emosional antara brand dan netizen. Yakin deh, pada saat nanti brand mengalami krisis di ranah daring, para netizen yang punya ikatan emosional ini yang akan membela brand terlebih dahulu.

Sekarang, apa cerita brand Anda dan apa yang membuat netizen akan tertarik mendengar dan merasakannya?

Foto-foto lain tentang #XLNetRally di Instagram bisa dicek di tautan ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • sibair :

    wahhh keren ya gerbong keretanya. Kalo buat personal kira-kira kudu bayar berapa ya? hihi

  • snydez :

    ngebayangin gerbong eksekutif itu digerudug sama pemudik yang ge peduli kalo karcisnya ekonomi 😉

  • Kurnia Septa :

    Ihi… senangnya 😀

  • bukik :

    Kata kunci: Pengalaman menarik untuk diceritakan oleh blogger
    Program keren………..ikut pasti gatel kalau gak nulis

  • Belajar Forex :

    wah keren tw kayanya,,, gerbong keretanya bagus banget tw

  • Rumah Dijual :

    wah keern tw,,, 🙂

  • Media Ide » Blog Archive » Kala Blogger Mendapat Undangan Acara :

    […] lainnya adalah dengan membuat kompetisi blog. Sudah banyak yang melakukan ini. Beberapa bulan lalu XL mengundang beberapa blogger jalan-jalan ke Semarang. Semua transportasi dan akomodasi ditanggung. […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge