Home » Online Branding

Mengamati Aktivitas Sebuah Akun Brand

1 August 2011 5,372 views 7 komentar

Sekitar awal Juli ada sebuah akun brand di Twitter yang mengalami kelonjakan follower secara fantastis. Akun itu adalah @jtp_sirion, yang divisualkan sebagai monster hijau dengan logo Daihatsu di dadanya. Nama karakter monster ini Jo The Plant. Meski akun ini dibuat 17 Juni, namun baru bisa dibilang aktif sekitar tanggal 4 Juli. Ternyata 3 hari berikutnya, akun ini sudah memilki lebih dari 4.000 follower. Hmm, bagaimana caranya?

Cara yang dilakukan nggak bisa dibilang murah juga. Akun @jtp_sirion ini mengkombinasikan aktivitas offline dan online untuk promosinya. Akun ini juga menggandeng media tradisional untuk membangun awareness-nya. Aksi yang dilakukan akun ini antara lain:

  • Menghidupkan karakter Jo The Plant menjadi maskot dan melakukan kejutan di tengah koa Jakarta saat car free day. Kejutannya dengan melakukan “flashmob” (dalam kutip, soalnya direncanakan) berjoget bersama. Yang unik, ada liputan Metro TV yang (pura-puranya) melakukan reportase jalan raya, lalu muncul karakter Jo The Plant di belakangnya. Di liputan ini dipromosikan akun @jtp_sirion yang memang tertulis di pot yang menempel di maskot Jo The Plant. Kesannya tidak sengaja, meski tentunya semua itu direncanakan.
  • Aksi offline ini diikuti dengan promosi gerilya di ranah online. Rekaman Metro TV ini diunggah ke YouTube. Silakan juga coba cari “jo the plant” di YouTube, dan Anda akan menemukan beberapa cuplikan dokumentasi video amatir aksinya.
  • Melakukan advertorial di Detik.com. Isinya berupa liputan aksi Jo The Plant di car free day. Semua liputan ini pun merujuk pada promosi akun @jtp_sirion.
  • Mempromosikannya di Kaskus. Entah bagaimana caranya tulisan tentang Jo The Plant di Kaskus ini bisa menjadi Hot Thread, karena berdasarkan perkataan petinggi Kaskus, spot Hot Thread tidak bisa dipesan. Isinya sebenarnya tak jauh berbeda dengan advertorial Detik.com, namun dibuat dari sudut pandang salah satu audiens yang melihatnya langsung.
  • Kalau lihat pesan yang disampaikan di billboard, informasi tentang Jo The Plant dan brand yang diwakilinya bisa dicari dengan mengetik keyword “JO” di Google.

Ternyata markot Jo The Plant ini merepresentasikan produk keluaran terbaru dari Daihatsu, yakni All New Daihatsu Sirion. Hal ini semakin diperjelas dengan munculnya maskot ini di arena Daihatsu di Indonesia International Motor Show (IIMS) minggu lalu.

Nah itu langkah-langkah yang dilakukan Daihatsu untuk mempromosikan produk terbarunya secara gerilya di offline dan online. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi kampanye digital lainnya di masa datang.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • bukik :

    Simulacra, dengan kata kunci, media
    *ambil kalkulator *menghitunganggaran

  • sibair :

    oh bikin advertorial di detik murah ya… 😐

  • Kurnia Septa :

    Untuk hasil maksimal dan keberhasialn, online dan offline juga harus serentak gitu ya. Tak hanya salah satu, saling mendukung

  • ObatAntiRokok :

    ilmu bermanfaat! dahsyat…
    tapi.. bagaimana strategi untuk UKM yang berdana rendah? mohon ilmunya.. terima kasih

  • Sriyono Suke :

    duit besar juga harus diimbangi skill yang ok punya…
    mantab, go Sirion no suke.. 😀

  • iklan property :

    wah, hebat juga, 3 hari dapet 4000 follower, tapi apa penjualannya juga meningkat ?

  • belanja busana online mulai Rp10.000,00 :

    keberhasilan branding itu bs juga kah kalo hanya fokus di ‘gerilya’online, ada contohnya di artikel? makasi kang Rusa 🙂

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge